Potensi Online Industri Pariwisata
Dengan pesatnya perkembangan teknologi digital akhir-akhir ini, perilaku wisatawan juga bergeser. Saat ini, mayoritas wisatawan mencari informasi, membandingkan harga, dan memesan layanan perjalanan secara online.
Data berikut menunjukkan dampak besar kehadiran online bagi kesuksesan bisnis pariwisata:
82% Booking Online
Sekitar 82% pemesanan perjalanan global dilakukan secara online pada tahun 2021. Ini menunjukkan bahwa wisatawan semakin mengandalkan platform digital untuk merencanakan dan memesan perjalanan mereka.
72% Baca Review
Menurut penelitian dari TripAdvisor dan Ipsos MORI, 72% wisatawan selalu atau sering membaca ulasan sebelum memutuskan tempat menginap atau aktivitas yang akan dilakukan. Ulasan online memainkan peran penting dalam membangun kepercayaan dan mempengaruhi keputusan pembelian.
70% Lewat Mobile
Lebih dari 70% pencarian wisata dilakukan melalui perangkat mobile. Bisnis tour & travel yang tidak mengoptimalkan website mereka untuk pengguna mobile berisiko kehilangan pelanggan potensial.
52% Dipengaruhi Media Sosial
Media sosial menjadi sumber inspirasi utama bagi wisatawan. Sebanyak 52% pengguna media sosial mengatakan bahwa foto perjalanan teman mereka di media sosial telah menginspirasi mereka untuk merencanakan perjalanan ke tempat yang sama.
Dengan potensi sebesar itu, sangat disayangkan apabila pemilik bisnis tour & travel seperti kamu tidak memanfaatkan digital marketing dengan baik.
Checklist Strategi Digital Marketing untuk
Bisnis Tour & Travel
Untuk membantu meningkatkan brand awareness dan pemesanan online, kami telah menyediakan Checklist Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Tour & Travel sebagai panduanmu dalam memanfaatkan potensi online yang besar ini.
Simak dan terapkan Checklist Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Tour & Travel berikut ini:
- Buat website yang menarik, informatif, & mudah dinavigasi
- Pastikan website mobile-friendly & responsif
- Tampilkan paket secara jelas & menarik
- Berikan informasi lengkap dengan foto & video pendukung
- Mudahkan proses pemesanan online
- Tampilkan testimoni positif
- Riset keyword paling relevan
- Buat konten berkualitas & bermanfaat
- Bangun backlink untuk meningkatkan otoritas website
- Perbaiki kecepatan loading website
- Buat akun media sosial dan sesuaikan platform dengan target audiens
- Buat konten menarik dengan foto & video berkualitas tinggi
- Gunakan hashtag relevan
- Adakan giveaway & kontes
- Berinteraksi dengan followers
- Targetkan campaign pada calon wisatawan yang sedang mencari informasi wisata
- Gunakan kata kunci yang relevan
- Buat landing page yang menarik dan informatif
- Klaim & verifikasi porfil bisnismu di Google Maps
- Tambahkan foto & video bisnismu
- Dorong pelanggan untuk memberikan review positif
- Responsif terhadap pertanyaan & ulasan pelanggan
- Daftarkan bisnismu di OTA seperti Traveloka, Tiket.com, Booking.com, dll.
- Pastikan profilmu di OTA lengkap & informatif.
- Tawarkan harga yang kompetitif
- Berikan promo menarik
- Gunakan tools profesional
- Ukur KPI seperti trafik, konversi, ROI, dll
- Sesuaikan strategi berdasarkan data
Raih Sukses untuk Bisnis Tour & Travel
Lewat Digital Marketing
Terapkan strategi digital marketing untuk bisnis tour & travel di atas dan jangan sampai ada yang terlewat. Bisnismu akan lebih dekat pada calon wisatawan dan pastinya pemesanan online akan semakin meningkat.
Ridwan Saleh Fadillah
SEO specialistPerlu Bantuan untuk Eksekusi Checklist di Atas?
Kamu bisa fokus pada aspek bisnis yang lain dan serahkan strategi digital marketing pada ahlinya. Expertise Whello sebagai agensi digital marketing di bidang tour & travel akan memastikan bisnismu bisa tumbuh dan meraih keuntungan secara terukur.
Nikmati kesuksesan bisnis tour & travel tanpa repot bersama Whello sekarang. Tertarik?