Break Even Point: Definisi, Contoh & Cara Menghitungnya

Komponen BEP

1. Biaya Tetap (Fixed Cost)
Ini adalah biaya yang jumlahnya tetap. Mau jualan banyak atau sedikit, biaya ini tetap harus kamu bayar.

Contoh: Sewa gedung, gaji karyawan tetap, biaya asuransi, depresiasi peralatan.

2. Biaya Variabel (Variable Cost)
Biaya ini jumlahnya berubah-ubah sesuai dengan volume produksi atau penjualan.

Contoh: Biaya bahan baku produk, upah lembur karyawan, biaya pengiriman per unit, komisi penjualan.

3. Harga Jual per Unit (Selling Price per Unit)
Ini adalah harga jual satu unit produk atau layanan yang kamu tawarkan ke pelanggan.

Rumus Menghitung BEP

1. Menghitung BEP dalam Unit

Rumus:

BEP (Unit) = Biaya Tetap / (Harga Jual per Unit – Biaya Variabel per Unit)

Contoh:

Perusahaan A Coffee menjual iced coffee

Biaya tetap (gaji barista, sewa tempat) = 8.000.000 Per Bulan

Harga jual 1 iced coffee = 25.000

Biaya variabel per 1 iced coffee (bahan baku, packaging) = 15.000

Maka,
BEP (Unit) = 8.000.000 / (25.000- 15.000)
= 8.000.000 / 10.000
= 800

Artinya, A Coffee harus menjual 800 iced coffee untuk mencapai titik impas (tidak untung, tidak rugi). Setelah iced coffee ke-801, barulah A Coffee mulai untung!

2. Menghitung BEP dalam Rupiah

Rumus:

BEP (Rupiah) = Biaya Tetap / (1 – (Biaya Variabel Total / Penjualan Total))

Atau:

BEP (Rupiah) = Biaya Tetap / ((Harga Jual per Unit – Biaya Variabel per Unit) / Harga Jual per Unit)

Contoh:

Perusahaan A Coffee menjual iced coffee

Biaya tetap (gaji barista, sewa tempat) = 8.000.000 Per Bulan

Harga jual 1 iced coffee = 25.000

Biaya variabel per 1 iced coffee (bahan baku, packaging) = 15.000

Maka,
BEP (Rupiah) = Biaya Tetap / ((Harga Jual per Unit – Biaya Variabel per Unit) / Harga Jual per Unit)
BEP (Rupiah) = 8.000.000 / ((25.000 – 15.000) / 25.000)
= 8.000.000/ (10.000 / 25.000)
= 8.000.000/ 0,4
= 20.000.000

Jadi, A Coffee harus mencapai total penjualan senilai Rp20.000.000 untuk impas.

Kesimpulan

Break Even Point (BEP) adalah titik dimana pendapatan = pengeluaran, alias kamu belum untung tapi juga nggak rugi.

Dengan memahami komponen utama seperti biaya tetap, biaya variabel, dan harga jual per unit, kamu bisa menghitung BEP secara akurat.

Ada dua cara utama: berdasarkan unit (berapa produk harus dijual), dan berdasarkan rupiah (berapa total penjualan yang harus dicapai).

Apapun tujuan brand kamu, Whello siap membantu!

Layanan Jasa Digital Marketing Whello

Try our services to dominate your niche

Jasa

Google Ads

Percepat pertumbuhan bisnismu dengan iklan berbayar yang efektif.
ic-seo

Jasa

SEO

Jangkau potensial customer dengan berada di peringkat 1 Google melalui teknik SEO Whello.

Jasa

Website

Buat website profesional yang SEO-friendly dan Responsive.

Jasa

Social Media Ads

Jangkau audiens yang lebih luas melalui iklan di platform media sosial.
damar lingkaran besar damar atas

Damar Anggoro

Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?

Kapan kamu bisa dihubungi?(Required)

Ready to Grow?