Orphan Page: Definisi, Penyebab, dan Dampak SEOnya | Whello Indonesia

Penyebab Orphan Page

1. Redesign atau Migrasi Website
Saat kamu mendesain ulang website atau memindahkannya ke platform baru, kadang ada halaman lama yang lupa dimasukkan kembali ke struktur link baru.

2. Perubahan Struktur Website atau Navigation Bar
Menghapus kategori, mengubah menu navigasi, atau merombak arsitektur website bisa menyebabkan beberapa halaman kehilangan internal link.

3. Konten Lama atau yang Sudah Dihapus
Artikel blog lama, halaman produk yang sudah tidak dijual, atau halaman promosi yang sudah berakhir, kadang tidak dihapus total tapi link-nya dicabut dari menu atau sitemap, sehingga jadi orphan.

4. Halaman Testing atau Pengembangan
Halaman yang dibuat untuk tujuan testing atau pengembangan dan lupa dihapus atau di-noindex setelah selesai.

5. Human Error
Kesalahan manual saat membuat atau mengedit halaman, lupa menambahkan link internal ke halaman baru, atau salah mengelola tautan.

Dampak Orphan Page Terhadap SEO

1. Sulit Ditemukan (Discoverability) & Diindeks (Indexability)
Google crawler sulit menemukannya tanpa internal link, bisa jadi tidak terindeks dan tidak muncul di hasil pencarian.

2. Ranking Jadi Rendah atau Tidak Ada
Halaman tidak menerima link juice dari halaman lain. Hal ini ini bisa menghambat ranking meski ada backlink eksternal.

3. Pengalaman Pengguna (UX) yang Buruk
Pengunjung frustasi karena tidak bisa menemukan halaman via navigasi normal, bisa meningkatkan bounce rate.

4. Pemborosan Crawl Budget
Meskipun sulit ditemukan, orphan page yang di-crawl secara tidak sengaja oleh Google bisa menghabiskan crawl budget-mu. Padahal, crawl budget seharusnya fokus untuk crawl halaman-halaman penting di website-mu.

Kesimpulan

Orphan Page adalah halaman website yang “sendirian” karena tidak memiliki internal link dari halaman lain di website yang sama. Halaman ini terputus dari struktur navigasi utama, membuatnya sulit ditemukan baik oleh pengunjung maupun crawler Google.

Penyebabnya beragam, mulai dari kesalahan saat redesign atau migrasi website, perubahan struktur atau navigasi, konten lama yang sudah tidak terhubung, halaman testing yang terlupakan, hingga kesalahan manual (human error).

Dampaknya terhadap SEO pun serius, seperti halaman jadi sulit ditemukan dan diindeks oleh Google, ranking-nya bisa rendah atau bahkan tidak muncul karena tidak mendapat link juice, pengalaman pengguna (UX) memburuk, dan crawl budget Google bisa terbuang sia-sia.

Kalau masih bingung dan butuh bantuan untuk optimasi performa website, kamu bisa menggunakan jasa SEO, lho!

Apapun tujuan brand kamu, Whello siap membantu!

Ingin Kesuksesan Lebih Besar?

Try our add-ons to dominate your niche.

Jasa

Google Ads

Percepat pertumbuhan bisnismu dengan iklan berbayar yang efektif.

Jasa

Pembuatan Website

Dapatkan website profesional yang SEO-friendly untuk membantu menaikkan peringkat di Google.

Jasa

Social Media Ads

Jangkau audiens yang lebih luas melalui iklan di platform media sosial.
damar lingkaran besar damar atas

Damar Anggoro

Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?

Kapan kamu bisa dihubungi?(Required)

Ready to Grow?