Post Click Optimization: Definisi, Fungsi & Contoh | Whello Indonesia

Gampangnya,

Bayangkan kamu melihat iklan jasa SEO Specialist di Instagram. Iklannya menarik, membuat kamu tertarik untuk tahu lebih jauh.

Tapi begitu kamu klik, halaman yang terbuka justru lambat dimuat, tampilannya membingungkan, informasinya tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan di iklan, dan tidak ada tombol yang jelas untuk menghubungi atau melakukan pemesanan.

Sebagai pengguna, wajar kalau kamu langsung menutup halaman itu dan tidak jadi melakukan apa pun.

Nah, dengan menerapkan Post-Click Optimization (PCO), situasi seperti ini bisa dicegah, lewat optimasi kecepatan landing page, responsivitas, kesesuaian isi konten, dan CTA yang jelas.

 

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Post Click Optimization (PCO)

1. Kecepatan & mobile-friendly
2. Tampilan menarik & mudah dipahami
3. Tombol CTA yang jelas
4. Landing page sesuai dengan iklan

Kenapa Post Click Optimization (PCO) Penting?

1. Peningkatan konversi dari traffic yang ada

PCO memastikan setiap klik benar-benar mengarah pada tindakan (mendaftar, membeli).

Selanjutnya, membangun landing page yang sesuai dengan isi/ janji iklan dan tanpa hambatan dapat secara signifikan meningkatkan konversi.

2. Meningkatkan user experience

PCO fokus pada pengalaman pengunjung, mulai dari desain yang sederhana, responsif, hingga navigasi yang intuitif. UX yang baik, dengan halaman yang cepat dimuat, mobile-friendly, dan visual yang menarik akan menurunkan frustasi dan meningkatkan kenyamanan pengguna.

3. Meningkatkan ROI

Dengan PCO, perusahaan bisa memaksimalkan value dari klik yang sudah dibayar tanpa harus menambah anggaran. Hal ini dapat menekan biaya akuisisi dan meningkatkan hasil kampanye.

4. Menurunkan Bounce Rate

Loading di bawah 3 detik dan kesesuaian konten dengan iklan adalah salah satu kunci menurunkan bounce rate. Loading page yang terlalu lambat akan membuat user frustasi dan langsung keluar halaman tanpa melakukan tindakan apapun. Hal ini menyebabkan bounce rate meningkat tajam.

Kesimpulan

Post-Click Optimization (PCO) adalah proses mengubah pengunjung tertarik dari iklan menjadi pelanggan sungguhan, dengan memastikan pengalaman mereka setelah mengklik iklan berjalan mulus dan sesuai harapan. Ini mencegah situasi di mana traffic terbuang sia-sia karena halaman yang lambat atau membingungkan.

Strategi PCO berfokus pada beberapa hal penting: kecepatan website yang mobile-friendly, tampilan yang menarik dan mudah dipahami, tombol CTA yang jelas, serta kesesuaian antara landing page dan iklan.

Dengan menerapkan PCO, kamu bisa melihat peningkatan konversi dari traffic yang sudah ada, pengalaman pengguna (UX) yang lebih baik karena halaman responsif dan relevan, ROI (Return on Investment) yang meningkat karena setiap klik dimanfaatkan secara maksimal, dan penurunan bounce rate yang signifikan.

Kalau masih bingung dan butuh bantuan untuk optimasi performa website, kamu bisa menggunakan jasa SEO, lho!

Apapun tujuan brand kamu, Whello siap membantu!

Ingin Kesuksesan Lebih Besar?

Try our add-ons to dominate your niche.

Jasa

Google Ads

Percepat pertumbuhan bisnismu dengan iklan berbayar yang efektif.

Jasa

Pembuatan Website

Dapatkan website profesional yang SEO-friendly untuk membantu menaikkan peringkat di Google.

Jasa

Social Media Ads

Jangkau audiens yang lebih luas melalui iklan di platform media sosial.
damar lingkaran besar damar atas

Damar Anggoro

Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?

Kapan kamu bisa dihubungi?(Required)

Ready to Grow?