Apa Itu UGC? Definisi, Contoh, dan Manfaarnya! | Whello Indonesia

Contohnya, saat seseorang memposting foto sedang minum kopi dari sebuah kafe favorit dan me-mention akun kafenya, itu termasuk sebuah UGC.

Konten semacam ini bisa jauh lebih efektif daripada iklan biasa karena dinilai lebih otentik dan relatable.

 

UGC yang Sering Ditemui

Berikut beberapa bentuk UGC yang umum digunakan dalam strategi pemasaran digital:

  • Foto atau video testimoni dari pelanggan
  • Unboxing video dari produk tertentu
  • Review di media sosial atau YouTube
  • Komentar atau mention brand dalam story
  • Thread di Twitter tentang pengalaman menggunakan produk
  • Konten challenge atau campaign berhadiah dari brand

Bahkan komentar yang menunjukkan pengalaman positif pelanggan di e-commerce juga bisa digolongkan sebagai UGC.

Manfaat UGC bagi Brand

Mengapa brand kini sangat memperhatikan UGC? Berikut beberapa manfaatnya:

  • Meningkatkan kepercayaan (trust)
  • Menghemat biaya produksi konten
  • Meningkatkan engagement
  • Membangun komunitas
  • Meningkatkan conversion rate

UGC Creator vs UGC Campaign: Apa Bedanya?

Istilah UGC sering dikaitkan dengan dua pendekatan: UGC creator dan UGC campaign. Meski keduanya sama-sama melibatkan konten dari pengguna, tujuannya berbeda:

  • UGC Creator:  Individu atau kreator yang dibayar untuk membuat konten seolah-olah dari pengguna biasa, biasanya tanpa embel-embel “influencer.” Mereka bukan endorse resmi tapi kontennya terasa organik.
  • UGC Campaign: Strategi dari brand untuk mendorong audiens umum membuat konten dengan tema tertentu, biasanya disertai hadiah atau fitur ulang di akun resmi brand.

Contoh: Sebuah campaign yang mendorong pengguna untuk membagikan hasil jepretan mereka menggunakan produk tertentu, lalu brand tersebut mengkurasi dan menampilkannya secara global. Ini adalah bentuk UGC campaign yang sangat efektif.

Kesimpulan

UGC adalah kekuatan konten dari audiens yang tak bisa diremehkan. 

Di era digital seperti sekarang, kepercayaan dan keaslian menjadi mata uang penting. Dan UGC menjadi salah satu cara terbaik untuk membangun keduanya secara organik. 

Ingin meningkatkan performa digital marketing brand-mu dengan UGC dan strategi lainnya? Yuk, konsultasikan strategi digital marketing terbaik bersama Whello!

Apapun tujuan brand kamu, Whello siap membantu!

Ingin Kesuksesan Lebih Besar?

Try our add-ons to dominate your niche.

Jasa

Google Ads

Percepat pertumbuhan bisnismu dengan iklan berbayar yang efektif.

Jasa

Pembuatan Website

Dapatkan website profesional yang SEO-friendly untuk membantu menaikkan peringkat di Google.

Jasa

Social Media Ads

Jangkau audiens yang lebih luas melalui iklan di platform media sosial.
damar lingkaran besar damar atas

Damar Anggoro

Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?

Kapan kamu bisa dihubungi?(Required)

Ready to Grow?