SERP Adalah: Definisi, Contoh & Kaitan SEOnya | Whello Indonesia

SERP bisa terdiri dari dua jenis konten utama:

1 Hasil organik
Ini adalah hasil pencarian yang muncul secara natural berdasarkan penilaian algoritma Google terhadap relevansi, kualitas, dan otoritas website kamu terkait kata kunci yang dicari pengguna.

2. Hasil berbayar (Ads)
Menampilkan iklan-iklan berbayar yang diposisikan secara strategis. Iklan ini muncul karena pengiklan membayar dan menawar untuk bisa tampil di sana, serta seringkali ada label jelas seperti “Ad”, atau “Sponsored”.

 

Hubungan SERP dengan SEO

SERP sangat berkaitan erat dengan SEO (Search Engine Optimization). Tujuan utama SEO adalah agar website kamu bisa muncul di posisi teratas hasil organik di SERP. Semakin tinggi peringkat website di SERP, semakin besar peluang orang mengklik dan mengunjungi situsmu.

Mengoptimalkan konten agar sesuai dengan algoritma mesin pencari (SEO on-page dan off-page) sangat penting untuk memenangkan posisi strategis di SERP.

Fitur-Fitur SERP

SERP zaman sekarang nggak cuma menampilkan daftar link biasa. Banyak fitur interaktif yang ditambahkan Google untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Berikut beberapa fitur umum dalam SERP:

1. Featured Snippet

Potongan ringkas informasi dari sebuah situs yang muncul di posisi paling atas. Biasanya menjawab pertanyaan langsung.

featured-snippet

2. AI Overview

Fitur baru dari Google yang menggunakan teknologi AI untuk merangkum jawaban langsung dari berbagai sumber terpercaya di web. Ini adalah evolusi pencarian yang dikenal juga sebagai Search Generative Experience (SGE).

ai-overview

3. People Also Ask (PAA)

Kumpulan pertanyaan tambahan yang sering ditanyakan pengguna terkait dengan topik pencarian.

people-also-ask

4. Knowledge Panel

Panel di sebelah kanan SERP (desktop) yang menampilkan informasi ringkas tentang tokoh, tempat, atau topik tertentu.

knowledge-panel

5. Sitelinks

Tautan tambahan yang muncul di bawah hasil utama untuk mempermudah navigasi ke bagian tertentu dari situs.

contoh-sitelinks-serp

6. Top Stories

Berita terkini dari media terpercaya terkait topik pencarian.

contoh-top-stories-serp

7. Image Pack

Kumpulan gambar yang relevan dengan kata kunci, biasanya muncul di bagian atas atau tengah halaman.

contoh-serp-image-pack

8. Video Results

Video yang muncul dalam hasil pencarian, sering kali dari YouTube.

contoh-serp-video-result

9. Local Pack (Map Pack)

Peta dan tiga hasil bisnis lokal terdekat yang muncul ketika kamu mencari tempat atau jasa tertentu.

contoh-serp-locak-pack

10. Shopping Results (Product Listing Ads)

Tampilan produk dari toko online yang relevan dengan pencarian, lengkap dengan harga dan ulasan.

contoh-serp-shopping-result

11. Related Searches

Saran kata kunci lain yang masih berkaitan dengan pencarian awal pengguna.

contoh-serp-related-searches

Kesimpulan

SERP adalah elemen vital dalam strategi digital marketing. Memahami cara kerja SERP dan fitur-fiturnya membantu kamu dalam mengoptimalkan konten agar muncul di hasil teratas dan lebih menarik perhatian pengguna. Makin strategis posisi kamu di SERP, makin besar peluang konversi.

Apapun tujuan brand kamu, Whello siap membantu!

Ingin Kesuksesan Lebih Besar?

Try our add-ons to dominate your niche.

Jasa

Google Ads

Percepat pertumbuhan bisnismu dengan iklan berbayar yang efektif.

Jasa

Pembuatan Website

Dapatkan website profesional yang SEO-friendly untuk membantu menaikkan peringkat di Google.

Jasa

Social Media Ads

Jangkau audiens yang lebih luas melalui iklan di platform media sosial.
damar lingkaran besar damar atas

Damar Anggoro

Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?

Kapan kamu bisa dihubungi?(Required)

Ready to Grow?