Teknologi kecerdasan buatan (AI) menjadi hal penting untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas campaign iklan dalam dunia pemasaran digital yang terus berkembang seperti saat ini.
Semenjak adanya teknologi AI ini membuat banyak orang terbantu terutama di bidang digital. AI juga sangat menghemat waktu serta terbukti efektif jika dimanfaatkan dengan tepat.
Google Ads juga telah mengintegrasikan sejumlah fitur AI yang canggih untuk membantu pemilik iklan mengoptimalkan hasil kampanye mereka. Dalam artikel ini, kita akan mengetahui berbagai fitur AI di Google Ads yang dapat membantu meningkatkan kinerja iklan dan menghadirkan hasil yang lebih baik.
Daftar isi
Fitur AI di Google Ads
Berikut beberapa fitur AI di Google Ads untuk meningkatkan pengalamanmu dalam membuat iklan.
1. Campaign pencarian
Dengan memanfaatkan teknologi pembelajaran, campaign pencarian yang diperkuat oleh AI kini menjadi lebih pintar daripada sebelumnya. Hal ini melibatkan penyempurnaan strategi penawaran, perluasan jenis pencocokan, dan peningkatan relevansi iklan dengan tingkat akurasi yang luar biasa saat diperlukan.
Perkembangan ini tidak hanya membuat penargetan kamu efektif, tetapi juga strategis, sehingga dapat mengoptimalkan hasil dari investasi yang kamu lakukan.
2. Fitur AI Performance Max
Pada saat ini, sebagian besar profesional pemasaran digital pasti sudah mengenal Performance Max, alat yang sangat penting dalam suite periklanan Google.
Performance Max membedakan diri dengan kemampuannya untuk mengoptimalkan berbagai saluran dan sumber daya periklanan Google yang sangat luas, melewati batasan penelusuran konvensional untuk mengidentifikasi peluang mendapatkan hasil investasi yang optimal.
Fitur ini tidak hanya didesain untuk memperluas cakupan, melainkan juga untuk segmen audiens dan peluang konversi yang sebelumnya belum pernah dijelajahi.
3. Aset yang Dibuat secara Otomatis
Fitur ini menjadi kamulan dalam meningkatkan relevansi iklan pencarian. Dengan otomatis membuat judul utama dan deskripsi berdasarkan konteks iklan, seperti halaman tujuan dan iklan yang sudah ada, alat ini efektif meningkatkan performa iklan.
Dukungan untuk berbagai bahasa dan integrasi cepat dengan AI membuat alat ini menyediakan konten yang dibutuhkan dengan gampang.
4. Pengalaman Percakapan di Google Ads
Kamu juga bisa melibatkan percakapan dengan Google Ads untuk menciptakan kata kunci dan aset yang efektif. Cukup sertakan URL website kamu, dan AI akan memberikan saran mengenai elemen campaign yang dapat disesuaikan.
5. Google Analytics 4
Dengan mengintegrasikan AI, Google Analytics 4 hadir sebagai alat pengukuran yang kuat yang dapat secara otomatis mengungkap wawasan dan meramalkan tren konsumen kedepannya.
Kemampuan prediktif ini penting bagi pemilik bisnis yang ingin mengoptimalkan campaign mereka untuk mencapai kinerja optimal dan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang audiens konsumen mereka.
6. Penargetan yang Optimal
Penerapan penargetan yang dioptimalkan dengan AI merupakan langkah signifikan dalam mengatasi tantangan audiens. Ini tidak hanya beroperasi pada audiens utama yang sudah kamu identifikasi sebelumnya, tetapi juga menggunakan sinyal dari seluruh jaringan Google untuk membimbingmu menuju pelanggan baru yang relevan.
Pemahaman yang kamu miliki mengenai pelanggan dan nilai yang mereka miliki penting untuk melakukan pencocokan yang lebih relevan. Ketika kamu menggabungkan pemahaman ini dengan keahlian AI dari Google, upaya ini tidak hanya memperluas jangkauan, tetapi juga menyempurnakannya untuk menjadi lebih relevan, yang dapat secara signifikan meningkatkan Return on Investment (ROI) kamu.
7. Alat Kreatif Diperkuat AI di YouTube
Alat kreatif yang didukung AI di platform seperti YouTube telah mengubah cara iklan video dibuat dan disempurnakan. Hal ini menjadi sangat penting mengingat keragaman cara penonton mengonsumsi konten, mulai dari menjelajahi film pendek, menonton karya terbaru dari kreator favorit di layar TV, hingga menyaksikan pertandingan atau live streaming. YouTube menjadi platform utama dimana dunia dapat menikmati berbagai tayangan.
Kamu juga dapat memulai campaign video yang dioptimalkan untuk mencapai target khusus. Dengan memanfaatkan alat dan jenis kampanye yang didukung AI, tidak hanya menjangkau pemirsa di YouTube, tetapi juga berinteraksi dengan mereka secara efektif dan relevan, terlepas dari cara mereka berinteraksi dengan berbagai konten di platform yang beragam.
8. Campaign Aplikasi
Campaign aplikasi menggunakan AI untuk menyusun promosi aplikasi melalui berbagai saluran utama Google dalam satu campaign. Campaign ini memiliki keahlian dalam mengidentifikasi dan mempertahankan pengguna aplikasi yang memiliki nilai tinggi, serta menarik kembali mereka yang sudah memiliki pengalaman menggunakan aplikasi kamu sebelumnya.
Dengan menetapkan tujuan yang jelas, kampanye ini menggunakan keunggulan penuh kecerdasan buatan Google untuk mengiklankan aplikasi kamu secara efektif di berbagai saluran, semua melalui satu upaya kampanye yang terkoordinasi.
AI Google Ads Dapat Mengoptimalkan Iklan Kamu!
Dengan memanfaatkan fitur-fitur AI yang terintegrasi dalam Google Ads, pemilik iklan dapat mengoptimalkan kampanye iklan mereka dengan lebih efisien. Penting untuk terus memantau dan menyesuaikan strategi berdasarkan hasil analisis yang diberikan oleh fitur-fitur AI ini. Dengan begitu, iklan kamu dapat menemukan audiens yang tepat, meningkatkan tingkat konversi, dan memberikan nilai maksimal bagi bisnis kamu.
Tak hanya fitur, dalam mengelola Google Ads juga dibutuhkan strategi target bidding yang akan mendorong performa iklan kamu. Untuk hasil yang lebih optimal, kamu dapat mencoba menggunakan jasa iklan google. Dengan menggunakan jasa iklan google, campaign iklan kamu dapat mencapai target yang diinginkan dan tentunya memiliki hasil yang memuaskan.
Jangan asal menggunakan jasa iklan, gunakanlah jasa iklan yang terpercaya seperti Whello Indonesia yang sudah berpengalaman selama 7 tahun dalam hal ini.
Tingkatkan trafik website dan konversi bisnis melalui Google Ads bersama SEA (Search Engine Ads) specialist yang berpengalaman dari Whello. Dengan menggunakan materi iklan yang menarik dan strategi targeting yang spesifik, brand kamu dapat mencapai kesuksesan dengan lebih cepat dan mengalahkan kompetitor.
Kamu juga bisa menghubungi kontak Whello untuk berdiskusi dengan salah satu tim profesional Whello dan dapatkan informasi penting lainnya.
Apa peran AI dalam kampanye Google Ads?
AI digunakan dalam Google Ads untuk meningkatkan efektivitas kampanye, mulai dari penargetan yang lebih tepat hingga pembuatan iklan yang lebih relevan.
Bagaimana AI membantu penargetan iklan?
AI membantu mengoptimalkan penargetan dengan menganalisis data pengguna, perilaku, dan preferensi untuk menyesuaikan iklan dengan audiens yang paling mungkin berkonversi.
Apakah Google Ads menggunakan AI untuk membuat iklan?
Ya, beberapa fitur seperti Aset yang Dibuat secara Otomatis dan Alat Kreatif di YouTube menggunakan kecerdasan buatan untuk membuat dan menyempurnakan iklan.
Boost omset penjualan di website kamu dengan SEA!
Maksimalkan omset bisnismu dan dapatkan keuntungan dengan strategi SEA yang tepat. Mulai konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!