Email marketing menjadi salah satu media yang efektif untuk berbagai jenis industri, hal ini dikarenakan email dapat dikirim ke calon klien yang lebih tertarget dan biaya yang dikeluarkan juga murah.
Selain itu, penggunaan email marketing juga yang terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini dibuktikan dari penelitian yang dilakukan oleh The Radicati Group.
Berikut hasil penelitiannya:
Sumber: The Radicati Group
Pada hasil penelitian di atas dapat dilihat, penggunaan email di dunia pada tahun 2015 berjumlah 2.586 orang, pada tahun 2016 berjumlah 2.672 orang, dan terus meningkat hingga tahun 2019.
Oleh karena itu, sebuah bisnis online membutuhkan email marketing sebagai media promosi produk atau jasa yang ditawarkan.
Daftar isi
4 Alasan Bisnis Online Kamu Butuh Email Marketing
Dalam era digital yang terus berkembang, email marketing tetap menjadi salah satu strategi pemasaran paling efektif dan relevan. Mengapa? Karena email masih merupakan salah satu saluran komunikasi yang kuat dan dapat diandalkan untuk berinteraksi dengan pelanggan kamu. Berikut 4 alasan bisnis online kamu butuh email marketing:
1. Bersifat Lebih Personal
Dengan email marketing, memungkinkan kamu untuk berkomunikasi lebih personal dengan calon klien kamu, karena email akan dikirim kepada masing-masing calon klien. Tentunya hal ini juga akan membuat hubungan lebih dekat (engaging).
Salah satu cara berkomunikasi yang lebih personal misalnya dengan menyapa calon klien menggunakan “nama” mereka. Email yang menggunakan sapaan nama memiliki tingkat open rate lebih tinggi 18% dibanding yang tidak menggunakan nama klien.
Hal ini dibuktikan dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Retention Science. Berikut hasil penelitiannya:
Sumber: Retention Science
2. Meningkatkan Trafik dan Penjualan
Trafik website tidak hanya datang melalui organic search, iklan, atau media sosial. Email juga bisa mendatangkan trafik untuk website kamu.
Dengan email marketing, kamu bisa membuat CTA (Click to Action) yang mengarah pada website kamu. Sehingga ketika calon klien mengklik CTA tersebut, trafik website kamu akan terus meningkat.
Semakin tinggi tingkat trafik website, tentunya penjualan bisnis online kamu juga akan semakin meningkat.
3. Mendorong Calon Klien untuk Berbelanja
Dengan email marketing, kamu juga akan mendorong calon klien untuk berbelanja (menggunakan produk atau jasa yang kamu tawarkan). Kamu dapat memberikan berbagai penawaran menarik kepada masing-masing calon klien melalui email yang kamu kirim.
Misalnya dengan memperkenalkan produk atau jasa yang bisa menarik perhatian calon klien. Atau kamu juga bisa memberikan kode kupon maupun promosi spesial.
Dibawah ini salah satu contoh email marketing yang memberikan promosi harga kepada calon kliennya:
4. Tidak Membutuhkan Biaya yang Besar
Untuk melakukan email marketing, kamu tidak akan membutuhkan biaya yang besar. Bahkan sudah banyak tools yang menyediakan layanan secara gratis untuk membuat email marketing. Jadi kamu bisa memulai email marketing secara gampang dan mudah.
Misalnya seperti menggunakan Mailchimp, BenchMark, atau VerticalResponse. Untuk lebih mengenal ketiga tools tersebut, kamu bisa baca pada artikel apa itu email marketing.
Apakah email marketing efektif untuk bisnis kecil?
Ya, email marketing efektif untuk bisnis kecil karena biayanya yang relatif rendah dan kemampuannya untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan.
Bagaimana cara memulai dengan email marketing?
Kamu dapat memulai dengan memilih platform email marketing yang sesuai, membangun daftar langganan, dan merencanakan konten yang akan dikirimkan.
Berapa sering sebaiknya saya mengirim email kepada pelanggan?
Frekuensi tergantung pada seberapa besar bisnis kamu dan preferensi pelanggan. Cobalah untuk konsisten namun tidak mengganggu.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!