Bagi kamu seorang pebisnis online atau online marketer, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah Content Marketing, yaitu strategi pemasaran online yang dilakukan melalui sebuah konten. Baik itu konten pada website, media sosial, maupun blog bisnis.
Konten menjadi bagian penting dalam online marketing, karena melalui konten kita bisa menyampaikan berbagai informasi atau pesan mengenai bisnis kita kepada banyak orang.
Dan coba bayangkan, jika kamu hanya membuat akun bisnis di media sosial tanpa mengupdate konten secara teratur. Tentu tidak akan membuahkan hasil apa-apa dan membuat konsumen tidak percaya dengan bisnis kamu bukan?
Maka dari itu, tidak heran jika ada ungkapan “Content is King” yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti “Konten adalah Raja”.
Daftar isi
Apa Itu Content Marketing?
Dikutip dari Content Marketing Institute, content marketing adalah strategi marketing yang melibatkan pembuatan dan distribusi konten yang relevan, penting, dan konsisten untuk menarik perhatian audiens dengan tujuan untuk mengkonversikan mereka menjadi konsumen.
Lyfe Marketing juga menyatakan, content marketing membantu meningkatkan conversion rate sebuah website sebanyak 6 kali lebih banyak dibandingkan website yang tidak menggunakan strategi content marketing.
Source: Lyfe Marketing
Bukan hanya itu, 78% customer mengetahui sebuah bisnis melalui artikel dibandingkan iklan dan 70% customer lebih percaya dengan sebuah bisnis yang menyediakan berbagai jenis konten.
Sumber: Lyfe Marketing
Mengapa Content Marketing itu Penting?
Hingga saat ini, sudah banyak perusahaan besar yang menggunakan content marketing sebagai strategi promosi untuk bisnis mereka. Seperti Hubspot, RipCurl, Buffer, Rolex, Channel, dan masih banyak yang lain.
Berikut 6 alasan kenapa content marketing penting untuk bisnis kamu.
1. Meningkatkan Brand Awareness
Brand awareness adalah kemampuan konsumen dalam mengenali atau mengingat sebuah merek (brand), misalnya melalui nama, gambar, logo atau slogan yang digunakan oleh brand tertentu.
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan brand awareness, salah satunya yaitu melalui content marketing. Karena dengan buat membuat konten yang relevan dengan bisnis kamu dan memberikan manfaat kepada banyak orang artinya kamu memberikan topik kepada mereka untuk dibicarakan.
Misalnya Whello membuat konten blog tips digital marketing. Ketika ada teman kamu yang bertanya bagaimana cara melakukan digital marketing untuk bisnisnya, kamu bisa membagikan link blog Whello tersebut.
Tentu saja untuk belajar digital marketing tidak hanya menggunakan satu artikel saja, mereka akan terus datang dan membaca artikel menarik lainnya. Semakin sering mereka berkunjung dan membaca blog Whello tersebut, maka mereka akan semakin mudah untuk mengingat atau mengenal Whello.
2. Mendapatkan Kepercayaan Konsumen
Sebagai pemilik bisnis, kamu perlu membangun kepercayaan konsumen terhadap bisnis kamu, Salah satu caranya yaitu dengan memanfaatkan content marketing.
Hal ini dikarenakan sebelum menentukan pilihan dalam membeli sebuah produk, kebanyakan orang melakukan riset terlebih dahulu. Melalui content marketing, mereka akan menemukan konten-konten berkualitas yang kamu buat ketika memasukkan nama bisnis kamu di mesin pencarian.
Bukan hanya itu, dengan membuat konten-konten yang berkualitas, konsumen akan beranggapan bahwa kamu memang ahli dalam bisnis yang kamu jalankan.
3. Meningkatkan Trafik Website
Membuat konten yang menarik dan memberikan manfaat bagi banyak orang akan membuat mereka sering berkunjung ke website kamu. Karena di website tersebut, mereka bisa memperoleh informasi lengkap mengenai produk atau jasa yang kamu tawarkan.
4. Memperbaiki Kualitas SEO
Konten juga menjadi salah satu elemen penting dalam optimalisasi SEO (Search Engine Optimization). Dengan membuat konten yang berkualitas, artinya kamu mengajak banyak orang untuk datang ke website.
Dengan begitu, Google akan menilai website kamu sebagai website yang memberikan manfaat bagi banyak orang dan dapat dipercaya. Website kamu akan berada di posisi yang bagus pada mesin pencarian Google.
5. Membantu Mengkonversikan Pelanggan
Content marketing akan membantu banyak orang agar percaya dengan bisnis kamu, melalui rasa percaya tersebut juga akan mengkonversikan mereka membeli (menggunakan) produk atau jasa yang kamu tawarkan.
Elemen Penting dalam Content Marketing
Saat melakukan content marketing, ada 5 elemen penting yang perlu ada di dalamnya.
A. Relevan, Penting, dan Konsisten
Relevan, penting, dan konsisten merupakan 3 syarat utama yang harus ada pada konten yang kamu buat.
Relevan disini maksudnya konten yang kamu buat sesuai dengan bisnis yang kamu jalankan, misalnya bisnis kamu bergerak di bidang fashion, maka kamu perlu membuat konten yang berkaitan dengan fashion. Hal ini juga membantu meningkatkan kredibilitas audiens terhadap bisnis kamu.
Relevan saja tidak cukup, kamu juga perlu mempertimbangkan apakah konten tersebut penting (memberikan manfaat) bagi audiens. Dengan begitu, audiens akan sering berkunjung ke website bisnis kamu.
Syarat yang terakhir adalah konsisten, ketika melakukan content marketing, kamu tidak bisa mengandalkan satu konten saja untuk menarik perhatian audiens. Sehingga kamu harus konsisten dalam mengupdate konten.
B. Visual yang Menarik
Gambar, video, dan elemen visual lainnya dapat meningkatkan daya tarik kontenmu. Pastikan visual yang kamu gunakan sesuai dengan konten dan audiensmu. Visual yang berkualitas tinggi juga dapat membantu kontenmu lebih mudah dibagikan di media sosial.
C. Struktur yang Teratur
Kontenmu harus mudah dibaca dan dipahami. Gunakan paragraf yang pendek, judul, dan subjudul untuk memecah konten menjadi bagian yang lebih kecil. Sertakan poin-poin utama dan gunakan pemformatan yang tepat, seperti daftar atau tabel, jika diperlukan.
D. Mampu Mengkonversikan Audiens
Saat membuat konten, hal lain yang perlu kamu ingat bahwa konten yang kamu buat bukan hanya untuk menghibur audiens. Ada tujuan yang harus kamu capai, yaitu mengkonversikan audiens (pembaca) menjadi pelanggan.
Jadi setelah membaca konten, konten tersebut seharusnya juga mampu membuat audiens tertarik untuk membeli produk atau layanan yang kamu jual.
E. Analisis dan Optimasi
Lakukan analisis terhadap kinerja kontenmu secara berkala. Gunakan alat analisis untuk melihat metrik seperti jumlah pengunjung, tingkat konversi, dan berapa kali konten dibagikan. Dengan data ini, kamu dapat mengidentifikasi apa yang berhasil dan mengoptimasi strategimu.
Bentuk-Bentuk Content Marketing
Bentuk content marketing cukup beragam, berikut beberapa bentuk content marketing yang biasa digunakan.
1. Blog
Blog adalah platform yang berisi beberapa artikel. Melalui blog, kamu bisa menuangkan ide dan informasi secara lengkap. Kamu bisa membuat blog pada website bisnis atau melalui platform blogger.
Baca juga: Cara Membuat Blog dengan Blogger
Berikut salah satu contoh blog pada sebuah website bisnis:
2. Video
Video menjadi salah satu konten yang menarik untuk mempromosikan bisnis kamu. Video akan membuat audiens menghabiskan waktu yang lebih lama di website, serta menjadi solusi bagi audiens yang malas untuk membaca konten.
Berikut salah satu contoh video yang mempromosikan sebuah bisnis.
Source: Vista Hamidah
3. Email
Email termasuk salah satu bentuk content marketing, karena diperlukan beberapa konten ketika melakukan email marketing. Baik pada email promosi, email pengingat, shopping cart, dan newsletter.
Berikut salah satu contoh konten untuk email marketing.
4. Media Sosial
Setiap jenis media sosial tentu membutuhkan konten, baik konten untuk Instagram, Facebook, Twitter, dan jenis media sosial lainnya. Itulah kenapa media sosial dikatakan salah satu bentuk content marketing.
Berikut salah satu konten bisnis yang diunggah pada media sosial Instagram.
5. Ebook
Dan yang terakhir ada ebook, yaitu bentuk content marketing yang menjadi solusi ketika kamu membutuhkan medium yang lebih panjang dari artikel blog.
Ketika membuat ebook, kamu bisa membuat syarat pengunduhan, dimana audiens perlu memasukkan email terlebih dahulu.
Hal ini juga membantu kamu mendapatkan leads melalui ebook yang kemudian bisa kamu konversikan menjadi konsumen di masa yang akan datang.
Kamu bisa melihat contohnya pada gambar dibawah:
Demikian penjelasan mengenai content marketing, content marketing menjadi strategi marketing masa kini yang perlu diterapkan oleh berbagai sektor bisnis. Strategi ini tidak hanya memiliki efektivitas yang tinggi untuk menarik konsumen, tetapi juga dapat bertahan untuk jangka waktu yang panjang.
Jika kamu ragu untuk melakukannya sendiri, Jasa Copywriting Whello siap membantu kamu melakukan content marketing yang dibutuhkan oleh bisnis kamu. Whello akan membantu membuat konten yang bisa mengkonversi audiens menjadi konsumen serta bernilai tinggi di mata Google. Tunggu apa lagi? Hubungi kontak Whello sekarang!
Semoga bermanfaat.
Dapatkan keuntungan maksimal dengan Copywriting yang tepat!
Promosikan produk dan jasamu dengan teknik copywriting yang tepat untuk menarik lebih banyak pelanggan potensial. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!