Apa itu Google Partner?

3 menit

Google Partner adalah sertifikat yang diberikan oleh Google kepada sebuah perusahaan (bisnis) yang telah memenuhi kriteria tertentu untuk menjadi mitra Google. Perusahaan yang mendapatkan sertifikat ini dinyatakan sebagai perusahaan yang dipercaya Google dalam menangani klien mereka. 

Dalam Google Partner, ada 2 tipe sertifikat yang akan diberikan, yaitu Badge Partner Google dan Badge Partner Google Premier. 

Lihat perbedaannya:

KriteriaBadge Partner GoogleBadge Partner Google Premier
Profile PerusahaanMembuat dan melengkapi profil perusahaan, perusahaan kamu harus memiliki website dan akun admin AdWordsMembuat dan melengkapi profil perusahaan, perusahaan kamu harus memiliki website dan akun admin AdWords
Performa PerusahaanPerusahaan kamu telah memenuhi kriteria performa yang telah ditentukan oleh Google, berikut kriterianya:

  • Pertumbuhan pendapatan klien. 
  • Retensi klien.
  • Pertumbuhan pendapatan secara keseluruhan.
  • Pertumbuhan jumlah iklan. 
Perusahaan kamu telah memenuhi kriteria performa yang telah ditentukan oleh Google, berikut kriterianya:

  • Pertumbuhan pendapatan klien. 
  • Retensi klien.
  • Pertumbuhan pendapatan secara keseluruhan.
  • Pertumbuhan jumlah iklan. 
SertifikasiPastikan ada 1 orang memiliki sertifikasi Adword dan membagikan informasi akun Academy for Ads. Pastikan ada 2 orang memiliki sertifikasi Adword dan membagikan informasi akun Academy for Ads. 
PembelajaranMemenuhi persyaratan pembelanjaan sebesar US$10.000 di seluruh akun terkelola untuk menunjukkan bahwa perusahaan kamu cukup aktif. Memenuhi persyaratan pembelanjaan lebih dari US$10.000 di seluruh akun terkelola untuk menunjukkan bahwa perusahaan kamu cukup aktif. 

Berikut contoh Badge Partner Google:

Dan contoh badge partner Google premier:

Manfaat Google Partner:

Bergabung dengan mitra Google, tentunya memberikan berbagai manfaat bagi bisnis kamu, berikut penjelasannya:

1. Meningkatkan Kepercayaan (Kredibilitas)

Untuk bergabung dengan mitra Google bukan hal yang mudah, kamu harus mampu memenuhi beberapa kriteria yang telah ditentukan oleh Google. Mengikuti beberapa ujian sertifikasi, memiliki pembelanjaan iklan dengan jumlah yang telah ditetapkan oleh Google (US$10.000/90 hari terakhir). Serta memiliki performa perusahaan yang bagus. 

Nah jika kamu berhasil melakukannya, artinya kamu bisa membuktikan pengalaman, keahlian, dan kinerja perusahaan kepada banyak orang dan membuat klien percaya dengan bisnis kamu.

2. Mendapatkan Informasi Terbaru Mengenai PPC

Google selalu melakukan perubahan algoritmanya untuk PPC (Pay Per Click), hal ini  tentunya akan menuntut kamu mengikuti perubahan-perubahan tersebut untuk mendapatkan hasil iklan secara maksimal.

Setelah bergabung dengan mitra Google, kamu akan mendapatkan berbagai informasi terbaru mengenai PPC. Google akan mengadakan berbagai pelatihan dan ujian sertifikasi yang dapat kamu ikuti.

3. Membantu Kamu Menyelesaikan Berbagai Masalah Iklan

Saat membuat (menjalankan) iklan, mungkin ada berbagai masalah yang akan muncul. Bisa saja iklan kamu dapat diserang malware yang dapat menghabiskan banyak waktu dan budget kamu. 

Tetapi melalui mitra Google, kamu akan dibantu menyelesaikan berbagai permasalahan tersebut dengan cepat dan biaya yang lebih kecil. Tentunya ini akan menghemat waktu dan pengeluaran kamu kan?

4. Terhubung Dengan Google

Ada banyak perusahaan yang mencoba menghubungi (menjalin koneksi) dengan Google, misalnya untuk menangani berbagai masalah atau meminta bantuan. Namun jarang sekali yang berhasil. 

Ketika kamu bergabung dengan mitra Google , kamu memiliki akses langsung dengan Google. Google akan menyediakan tim yang bisa membantu kamu. Kamu juga dapat mengakses penawaran promosi Google Ads untuk klien kamu dengan mudah. 

misalnya apakah klien kamu melakukan penambahan budget? Apakah klien kamu tetap berlangganan dalam waktu 1 tahun? Bagaimana pendapatan perusahaan kamu? dan apakah jumlah klien kamu terus bertambah?

Cara dan Syarat Menjadi Google Partner

Setiap orang berhak bergabung dengan mitra Google, tetapi untuk mendapatkan badge partner Google atau badge partner Google premier, ada beberapa syarat (kriteria) Google yang harus kamu penuhi.

1. Daftar di Google Partner

Sebelum mendaftar di Google Partner, kamu harus memiliki akun Google Manager terlebih dahulu. Kemudian daftarkan perusahaan dan nomor akun kamu pada halaman pendaftaran Google Partner.

2. Ujian Sertifikasi

Setelah mendaftar di Google Partner, langkah selanjutnya yaitu mengikuti ujian sertifikasi. Ada 2 ujian dari 6 ujian yang harus kamu ikuti yaitu Google Ads Fundamental, Google Ads Search, Google Ads Display Network, Google Ads Mobile, Google Ads Video, Google Ads Shopping. Ujian ini perlu dilakukan minimal 1 tahun sekali, bisa kamu ikuti pada Academy for Ads.

3. Pembelanjaan Iklan 

Google menerapkan besarnya anggaran pembelanjaan iklan minimal US$10.000 dalam waktu 90 hari untuk memastikan bahwa perusahaan kamu cukup aktif.

4 .Performa Perusahaan

Syarat terakhir untuk mendapatkan Google partner yaitu menunjukkan performa perusahaan kepada Google. Biasanya Google akan menilai berdasarkan 4 kriteria berikut:

  • Apakah klien kamu melakukan penambahan budget?
  • Apakah klien tetap berlangganan dalam 12 bulan terakhir?
  • Bagaimana pendapatan perusahaan kamu secara keseluruhan?
  • Apakah jumlah klien kamu semakin meningkat?

Nah itulah sedikit  penjelasan mengenai Google Partner. Apakah Google Partner penting untuk bisnis kamu? Jawabannya sangat penting. Daftarkan bisnis kamu sekarang, jika ada pertanyaan, tulis di kolom komentar ya. 

Happy learning!

0

Bisnis

Baca artikel lainnya agar bisnis kamu bisa meraih kesuksesan di dunia digital marketing!

Baca selengkapnya

Ingin Sukses di Dunia Digital?

Sudah saatnya bisnis kamu dikenal oleh banyak orang.Segera hubungi Whello untuk mendapatkan penawaran menarik!

Hubungi kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *