Saat ini, ada beberapa platform media sosial yang bisa dijadikan media untuk mempromosikan berbagai produk atau jasa yang kamu tawarkan, salah satunya Twitter. 56% penduduk Indonesia aktif menggunakan Twitter hingga saat ini (2020).
Kamu bisa lihat faktanya pada gambar berikut:
Sumber: we are social
Data diatas menunjukkan Twitter menjadi salah satu media sosial yang cukup efektif untuk digunakan dan menjadi peluang untuk mendapatkan calon konsumen yang lebih banyak. Hal ini disebabkan lebih dari setengah penduduk Indonesia menggunakan Twitter.
Daftar isi
Apa Itu Twitter Marketing?
Pemasaran produk yang berbasis microblogging dengan konten yang cukup terbatas (hanya 140 karakter).
Dalam sebuah bisnis, peranan Twitter lebih cocok digunakan untuk memberikan informasi seperti informasi terbaru mengenai bisnis, Question and Answer dengan konsumen, atau beberapa opini yang bermanfaat.
Untuk mengakses sebuah akun Twitter, kamu tidak perlu memiliki akun Twitter. Itu artinya, siapapun bisa mengakses akun Twitter bisnis kamu.
Berikut salah satu perusahaan terkenal yang juga menggunakan Twitter untuk mempromosikan produk mereka:
Istilah Penting Dalam Twitter
Sebelum melakukan Twitter marketing, ada beberapa istilah penting yang akan kamu temukan saat melakukannya:
- Tweet: Status atau pesan teks (maksimal 140 karakter).
- Retweet (RT): Memposting kembali tweet orang lain.
- Feed: Kumpulan tweet terbaru dari pengguna yang kamu follow.
- Mention (@): Cara untuk memanggil pengguna lain sesuai dengan username yang digunakannya, misalnya @whello.
- Direct Message (DM): Berkomunikasi secara privat antara dua pengguna (chatting).
- Hashtag (#): Cara untuk mengangkat suatu topik agar menjadi wadah diskusi yang luas, misalnya #bisnislokal atau #belajarbisnis.
Potensi Marketing di Twitter
Dibandingkan jenis media sosial lainnya, Twitter memiliki cara yang unik untuk mendapatkan lebih banyak calon konsumen. Dengan fitur yang mudah dan simple untuk digunakan, Twitter lebih fokus dalam menjalin hubungan yang lebih engagement (lebih dekat) dengan calon konsumen.
Dalam laporan Twitter Customer Insight mengatakan, setelah menemukan sebuah bisnis di Twitter, orang-orang akan melakukan interaksi sebelum melakukan pembelian. Setidaknya 33% calon konsumen akan melakukan Retweeted.
Kamu juga bisa melihat faktanya pada gambar dibawah:
Sumber: Twitter
Bukan hanya itu, dalam salah satu Blog Twitter juga dikatakan, 31% orang mengaku lebih mudah mengingat apa yang ada di Twitter dibandingkan melalui mesin pencarian. Tentu ini akan memberikan efek yang baik terhadap brand awareness bisnis kamu kan?
Bisnis yang Cocok Melakukan Twitter Marketing
Twitter cocok digunakan untuk semua model bisnis B2C (Business to Customer) dan memiliki target usia yang relatif lebih muda. Hanya saja kamu juga perlu memperhatikan konten yang akan kamu gunakan.
Jika kamu menggunakan platform Twitter, konten yang cocok untuk kamu gunakan yaitu konten berjenis teks.
Nah itulah sedikit penjelasan mengenai Twitter Marketing, jika kamu ingin meningkatkan hubungan yang lebih engaging (lebih dekat) dengan konsumen kamu, platform ini cocok untuk kamu gunakan.
Jangan lupa tinggalkan komentar di kolom komentar dibawah ya. Terimakasih.
Boost omset bisnis online kamu dengan Social Media Marketing!
Maksimalkan omset bisnismu dan dapatkan keuntungan dengan strategi social media marketing yang tepat. Mulai konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Customer Retention: Definisi, Manfaat, dan Strategi
Pelajari cara mempertahankan dan meningkatkan hubungan jangka panjang dengan memahami definisi, manfaat, dan strategi Customer Retention!
Pentingnya Programmatic Ads Untuk UMKM dan Cara Kerjanya
Optimalkan eksposur bisnis UMKM dengan Programmatic Ads. Pelajari cara kerjanya untuk mengoptimalkan pengeluaran iklan secara efisien.
Cara Menggunakan Meta Ads Automation Untuk Para Pengiklan
Optimalkan strategi iklan kamu dengan menggunakan Meta Ads Automation. Pelajari caranya untuk hasil yang lebih efektif dalam artikel ini.
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!