Cara Menambahkan Menu Location Baru di WordPress

1 menit

Cara menambahkan Menu Location Baru di WordPress. Menu location di WordPress pada dasarnya hanya menyediakan satu lokasi yaitu Primary Menu. Bagi kamu yang ingin menambahkan location menu baru untuk menampilkan menu di beberapa lokasi seperti Header atau Footer tanpa harus banyak membuat banyak function satu persatu ataupun menggunakan plugin.

Berikut ini akan saya jelaskan bagaimana cara menambahkan Menu Location baru di WordPress, namun sebelumnya hal yang perlu kamu lakukan adalah membuat cadangan file yang akan kamu tambahkan seperti jika ingin menambahkan kode ini di dalam file function.php. Mengapa itu perlu dilakukan? jika suatu saat terjadi kesalahan kamu dapat mengembalikannya dengan cepat dan memperbaikinya tanpa membutuhkan waktu lama.

Kamu dapat melakukannya dengan cara melalui FTP atau langsung pada editor tema WordPress. Tambahkan kode di bawah ini pada file kustom function yang kamu buat sendiri atau dapat juga ditambahkan pada file function.php.

function register_my_menu () {
register_nav_menu ('new-header-menu', __ ('New Header Menu')); // Nama location menu sesuaikan dengan keinginan
}
add_action ('init', 'register_my_menu');

Jika kamu ingin melihat apakah kode diatas sukses berjalan atau tidak, dapat melihatnya pada menu Dashboard » Appearance » Menus » Menu Settings. Lihat seperti gambar dibawah ini

Cara diatas belum selesai. Yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah menambahkan kode untuk memanggil atau menampilkan menu yang kamu buat pada dashboad menu tema. Tambahkan kode dibawah ini dimana kamu ingi menampilkannya.

<?php
wp_nav_menu( array(
'theme_location' => 'new-header-menu'));
?>

Sebagai contoh hasil dari kode diatas saya membuat menu header dengan beberapa menu yang berbeda seperti dibawah ini:

0


Web Developer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *