Cara Meningkatkan Kredibilitas Klien Melalui Website

1 menit

Kredibilitas atau kepercayaan merupakan salah satu kunci suksesnya sebuah bisnis online. Tanpa ada kepercayaan dari klien, maka bisnis tersebut akan sulit untuk berkembang.

Salah satu platform yang banyak digunakan untuk membangun kepercayaan klien yaitu melalui website. Ada 5 cara untuk membangun kredibilitas melalui website:

1. Buat Nama Domain yang Unik dan Menarik

Nama domain merupakan nama yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website pada mesin pencari. Nama domain menjadi hal pertama yang ditemukan oleh klien pada hasil pencarian sebelum membuka website kamu.

Oleh karena itu, kamu harus bisa memberikan kesan pertama yang baik melalui nama domain. Nama domain yang unik dan menarik dapat meningkatkan kepercayaan konsumen untuk membuka website kamu.

Ada 3 cara untuk membuat nama domain untuk website kamu:

  • Buat nama domain yang brandable, sesuai dengan niche website, dan mengandung kata kunci (keyword).
  • Hindari penggunaan angka dan hyphends.
  • Gunakan extension domain yang tepat.

3 cara diatas dapat membantu kamu menghasilkan nama domain untuk meningkatkan kepercayaan klien terhadap bisnis kamu. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai 3 cara di atas, kamu bisa baca pada artikel cara membuat nama domain yang unik dan menarik.

Baca Juga: Pengertian dan Jenis – Jenis Domain Wajib Kamu Ketahui .

2. Buat Website yang Responsive

Website yang responsive merupakan website yang memiliki tampilan yang baik jika diakses pada berbagai device, seperti desktop, tablet atau handphone.

Jika klien menemukan tampilan website kamu berantakan, klien akan meragukan bisnis kamu dan langsung menutup halaman website. Oleh karena itu, dengan website yang responsive dapat membantu meningkatkan rasa kepercayaan klien pada bisnis kamu.

Dalam membuat website yang responsive, ada 3 langkah dasar yang harus kamu lakukan:

  • Definisikan meta tag untuk desain responsive.
  • Tentukan struktur HTML.
  • Membuat media query di CSS untuk memerintahkan browser.

Untuk lebih memahami 3 langkah di atas, kamu bisa membaca pada artikel 3 langkah dasar membuat web responsive.

3. Tampilkan Testimonial

Testimonial merupakan sebuah penilaian klien terhadap sebuah produk atau jasa yang ditawarkan. Testimonial dianggap efektif untuk menumbuhkan rasa kepercayaan terhadap produk atau jasa yang kamu tawarkan, karena klien dapat melihat penilaian klien lain yang sudah menggunakan produk atau jasa tersebut.

Untuk membuat testimonial di website, kamu bisa memanfaatkan beberapa tools seperti Google Bisnisku atau Feedback Company. Dan untuk website yang berbasis WordPress, kamu juga bisa menggunakan plugin seperti Strong Testimonial, Testimonial, Testimonial Rotator, atau Easy Testimonials.

Berikut salah satu website yang menampilkan testimonial menggunakan Google Bisnisku:

4. Buat Konten Secara Konsisten

Dengan membuat konten secara konsisten, secara tidak langsung kamu sedang membangun kepercayaan klien. Konten-konten tersebut menunjukkan bahwa kamu ahli dalam suatu bidang yang sedang kamu jalani (sesuai dengan niche bisnis kamu).

Namun, konten yang kamu buat seharusnya merupakan konten yang berkualitas, serta bermanfaat bagi orang lain. Untuk membuat konten yang berkualitas, ada 3 tips yang harus kamu ketahui:

  • Tentukan target audience kamu.
  • Kumpulkan konten-konten terbaik.
  • Tingkatkan materi konten-konten tersebut.

Apakah kamu sudah pernah melakukan 3 hal di atas sebelumnya? Jika belum, kamu bisa membaca penjelasannya pada artikel sebelumnya mengenai 3 tips konten yang kamu buat lebih berkualitas.

Baca juga: 5 Tips Menulis Konten Berkualitas Untuk Optimalisasi SEO

5. Berikan Layanan Customer Service Terbaik

Memberikan layanan customer service terbaik kepada klien, dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan klien terhadap sebuah bisnis. Untuk itu, kamu harus memperlakukan klien dengan baik hingga mereka percaya dengan produk atau jasa kamu.

Misalnya saat seorang klien bertanya mengenai manfaat produk yang kamu tawarkan, kamu harus mampu menjelaskan manfaat produk tersebut dengan cepat dan tepat. Jangan membuat mereka menunggu jawaban kamu terlalu lama .

Untuk memberikan layanan customer service yang terbaik, ada tips yang perlu kamu ketahui:

  • Gunakan berbagai media chatting seperti Whatsapp, Line, Telegram, atau WeChat.
  • Berbicara dengan ramah dan sopan ketika berkomunikasi dengan klien.
  • Jangan abaikan pertanyaan klien dan jawab pertanyaan mereka dengan cepat.
  • Ketika klien bertanya, berikan penjelasan yang lengkap hingga klien mengerti dengan produk atau jasa kamu.

Membangun kepercayaan melalui website bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, oleh karena itu kamu membutuhkan sebuah cara agar website kamu bisa meyakinkan klien agar mereka percaya dengan bisnis kamu. Semoga dengan 5 cara diatas dapat membantu kamu membangun kepercayaan klien melalui website bisnis online kamu.

0


Web Developer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *