5 Tips Menulis Konten Berkualitas Untuk Optimalisasi SEO

1 menit

Menduduki peringkat pertama pada mesin pencarian merupakan keinginan para pemilik website. Optimalisasi SEO (Search Engine Optimization) merupakan salah satu cara yang dapat membantu kamu mewujudkan itu. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk optimalisasi SEO, salah satunya yaitu dengan membuat konten yang berkualitas.

Konten merupakan sebuah informasi, edukasi atau hiburan yang dapat di terapkan pada media atau produk elektronik, konten dapat berupa artikel, infografik, video, animasi explainer, e-book dan e-magazine. Konten yang berkualitas mampu menarik banyak pembaca untuk membaca konten kamu, tentunya hal ini akan semakin mempermudah kamu untuk melakukan optimalisasi SEO dan menaikkan rating website kamu pada mesin pencarian.

Perhatikan beberapa tips dibawah ini agar konten yang kamu buat optimal dan berkualitas:

1. Tentukan Topik Konten

Sebelum membuat konten, kamu harus menentukan topik konten yang akan kamu tulis. Topik bertujuan agar konten kamu lebih terstruktur dan terarah. Jika kamu sudah memiliki topik untuk menulis, tentu akan mudah untuk membuat konten yang berkualitas.

Sesuaikan topik konten yang akan kamu buat dengan niche website yang kamu punya. Jika kamu bingung menemukan topik apa yang akan dibahas, kamu bisa mencari apa yang sedang trending di Google melalui Google Trends.

Berikut contoh tampilan Google Trends:

2. Gunakan Kata Kunci yang Tepat

Setelah mendapatkan topik yang kamu inginkan, selanjutnya tentukan kata kunci yang tepat dengan topik yang akan kamu buat. Percuma apabila kamu sudah menemukan topik yang lagi trend tapi salah dalam menggunakan kata kunci.

Kamu bisa menggunakan tools online seperti Google Keyword Tools atau KWFinder untuk mencari kata kunci yang tepat untuk konten kamu. Kata kunci akan memudahkan pembaca untuk menemukan konten kamu di Google.

Berikut contoh tampilan KWFinder:

3. Buat Judul yang Menarik

Tahukah kamu, bahwa judul merupakan elemen penting dalam sebuah konten? Judul bertujuan untuk memberikan “sedikit” gambaran apa sebenarnya yang akan kamu sampaikan melalui konten yang kamu buat. Oleh karena itu buatlah judul yang jelas, padat, menarik dan jujur.

Apabila konten kamu berisi tutorial atau tips yang ada jumlahnya, kamu bisa menambahkan jumlah angkanya sebagai judul.
Contoh : “5 Tips Sukses Promosi Melalui Media Sosial”

Selain itu, kamu juga harus menyertakan kata kunci di judul, agar konten kamu mudah ditemukan pembaca.

4. Ciptakan Engaging Content

Engaging Content merupakan sebuah konten yang menawarkan suatu perspektif baru, suatu pengetahuan, sesuatu yang bermanfaat dan menginspirasi. Konten yang engaging akan memberikan sesuatu yang belum pernah dilihat pembaca sebelumnya. Dengan konten yang seperti ini akan mengundang banyak pengunjung website tidak hanya membaca namun juga berkomentar.

Dengan konten yang engaging, Google akan menilai apakah konten kamu sudah bisa menciptakan “hubungan” dengan pengunjung website, dan jika ini sudah berhasil, tentu ini sangat baik untuk membantu meningkatkan posisi website kamu di Google. Oleh karena itu, cobalah untuk membuat konten yang bisa menimbulkan reaksi positif dari pembaca.

5. Masukkan Link Terkait

Tentu kamu tidak ingin pembaca “cuma numpang lewat” saja di website kamu. Kamu harus membuat pembaca “betah” untuk terus membaca konten yang ada di website kamu. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghubungkan satu artikel dengan artikel lain yang saling berhubungan.

Hal ini dilakukan untuk memancing pengunjung website meng-klik konten lainnya setelah selesai membaca satu konten. Satu hal yang wajib kamu perhatikan adalah link yang kamu masukkan harus sesuai dan valid, jangan sampai salah link, karena sekali saja pembaca meng-klik dan ternyata itu salah, mereka tidak akan mau kembali lagi ke website kamu.

Setelah membaca kelima tips diatas, seharusnya kamu sudah mendapat gambaran bagaimana cara membuat konten yang berkualitas. Optimalisasi SEO itu merupakan pekerjaan yang membutuhkan waktu, seperti maraton dalam lari, tidak bisa di dapat dalam waktu yang cepat, harus konsisten dan fokus.

Jika kamu mengalami kesulitan atau masih selalu gagal melakukannya, jangan membuang waktu lebih banyak lagi. Whello sebagai layanan agensi digital marketing dapat membantu kamu melakukan optimalisasi SEO sesuai dengan keyword yang kamu targetkan untuk website kamu.

Dengan jasa SEO copywriting yang dimiliki Whello, juga dapat membantu kamu menghasilkan konten yang berkualitas. Segera hubungi contact center Whello Indonesia untuk mendapatkan penawaran menarik tersebut.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *