Cross-media reach adalah konsep yang sangat penting dalam pemasaran digital, terutama ketika kamu menjalankan campaign video di Google Ads.
Dengan adanya berbagai platform dan perangkat yang digunakan oleh audiens, penting bagi pemasar untuk memahami jangkauan cross-media dan bagaimana mengukur efektivitas campaign mereka.
Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu cross-media reach, kegunaannya, manfaatnya, fitur-fiturnya, serta metrik dan pelaporan terkait. Mari kita mulai dengan memahami dasar-dasar cross-media reach.
Daftar isi
Apa itu Cross-Media Reach?
Cross-media reach adalah ukuran seberapa banyak audiens yang terjangkau oleh campaign iklan kamu di berbagai media atau platform. Dalam konteks Google Ads, ini berarti mengukur jangkauan iklan video kamu di berbagai platform seperti YouTube, aplikasi mobile, dan lain-lain.
Dengan kata lain, cross-media reach membantu kamu melihat seberapa luas iklan kamu tersebar dan siapa saja yang melihatnya, tidak hanya di satu platform tetapi di beberapa platform secara keseluruhan.
Kegunaan Cross-Media Reach
Cross-media reach memiliki berbagai kegunaan yang sangat penting dalam dunia pemasaran digital, terutama saat menjalankan campaign video di Google Ads. Berikut adalah beberapa kegunaan utama dari cross-media reach:
Cross-Media Reach sangat berguna untuk kampanye video yang bertujuan membangun kesadaran merek dan pertimbangan. Ini sangat direkomendasikan untuk:
- Kampanye Jangkauan Video (Video Reach Campaigns – VRC)
Kampanye yang dirancang untuk menjangkau audiens yang luas atau orang yang sama beberapa kali. - Basis Target CPM
Kampanye yang dibayar berdasarkan Target CPM (Cost Per Thousand Impressions) yang membantu memastikan efisiensi biaya dalam menjangkau audiens.
Dengan menggunakan Cross-Media Reach, kamu bisa mendapatkan wawasan yang mendalam tentang seberapa efektif kampanye video kamu dalam mencapai audiens. Sehingga dapat membantu kamu membuat keputusan yang lebih baik untuk kampanye berikutnya.
Manfaat Cross-Media Reach
- Beberapa manfaat cross media reach yang akan kamu dapat seperti:
- Melacak perkembangan kampanye kamu untuk melihat apakah tujuan kampanye tercapai selama kampanye berlangsung.
- Evaluasi keberhasilan kampanye setelah kampanye selesai.
- Menghilangkan duplikasi jangkauan dengan menggabungkan jangkauan dari berbagai kampanye untuk mendapatkan total jangkauan yang tidak terduplikasi.
- Evaluasi jangkauan untuk segmen usia dan jenis kelamin yang relevan, termasuk penayangan bersama di TV yang terhubung.
- Membandingkan hasil pemasaran dengan pemasaran TV Tradisional
Cara Kerja Cross-Media Reach di Google Ads
Cross-Media Reach membantu pengiklan untuk melihat efisiensi jangkauan dari kampanye Video Reach dan Video View di YouTube dibandingkan dengan TV. Serta memberikan gambaran lengkap tentang kampanye merek mereka.
Berbagai faktor seperti jenis kampanye, penargetan, kreativitas, format, pengaturan CPM/CPV, dan lain-lain, dapat menyebabkan banyak kampanye berjalan pada waktu yang sama.
Cross-Media Reach menggabungkan dan menghilangkan duplikasi jangkauan dan frekuensi di berbagai kampanye tersebut untuk menunjukkan total jangkauan sesuai target untuk demografi tertentu. Ini memberikan wawasan yang diperlukan pengiklan untuk merencanakan kampanye video dan mengoptimalkan investasi iklan mereka.
Jangkauan unik inilah yang akan membantu mengukur jumlah total orang yang melihat iklan. Metrik ini membantu kamu memahami berapa banyak orang yang melihat iklan kamu di berbagai perangkat, format, situs, aplikasi, dan jaringan.
Hasilnya adalah jumlah pengguna unik yang melihat iklan. Dengan mengukur jangkauan tambahan dan efisiensi kampanye YouTube, pengiklan dapat memahami kinerja kampanye mereka dengan melihat berbagai data pengiklanan.
Kamu juga dapat menggunakan Cross-Media Reach untuk menghasilkan laporan berikut untuk kampanye Video Reach dan Video View mereka di YouTube, meliputi:
- Hanya Video Digital – tersedia di semua negara
Mengukur metrik jangkauan & frekuensi untuk kampanye video yang terdapat di Google Ads. - Video Digital + TV Tradisional – hanya tersedia di negara tertentu
Mengukur metrik jangkauan & frekuensi untuk kampanye video yang terdapat di Google Ads, ditambah dengan metrik TV yang sesuai dari sumber data pihak ketiga berlisensi.
Cara Menggunakannya
Cross-Media Reach dapat digunakan sepanjang proses kampanye dengan berbagai cara berikut:
1. Pemantauan Tengah Kampanye
Di tengah kampanye, kamu bisa memantau seberapa baik iklan kamu mencapai audiens yang diinginkan dan berapa kali mereka melihat iklan tersebut. Ini membantu kamu memastikan bahwa kampanye berjalan sesuai rencana dan memungkinkan penyesuaian jika diperlukan.
Jika target kamu adalah menjangkau 1 juta orang dengan frekuensi 3 kali, pemantauan tengah kampanye membantu kamu melihat apakah jangkauan dan frekuensi tersebut tercapai atau perlu ditingkatkan.
2. Pelaporan Setelah Kampanye
Setelah kampanye selesai, kamu bisa menganalisis data untuk melihat seberapa efektif kampanye dalam menjangkau audiens target di berbagai platform. Ini juga memungkinkan kamu membandingkan hasil kampanye digital dengan iklan TV tradisional.
Jika kampanye digital kamu menjangkau audiens yang sama lebih banyak dibandingkan dengan TV tradisional, kamu bisa menilai apakah strategi digital lebih efektif untuk mencapai target audiens.
3. Perencanaan Sebelum Kampanye
Dengan menganalisis hasil kampanye yang lalu, kamu bisa membuat keputusan yang lebih baik tentang alokasi anggaran dan strategi untuk kampanye mendatang.
Jika data menunjukkan bahwa kampanye video yang dijalankan di YouTube memiliki jangkauan yang lebih baik dibandingkan di aplikasi mobile, kamu bisa merencanakan untuk lebih fokus pada YouTube dalam kampanye berikutnya.
Untuk menggunakan Cross-Media Reach di Google Ads, ikuti langkah-langkah berikut:
- Buka menu Pengukuran di bawah bagian Tujuan.
- Pilih negara tempat kampanye kamu dijalankan.
- Pilih kampanye video yang sudah selesai atau yang sedang berjalan.
- Filter jenis tawaran ke “Target CPM.”
- Jalankan laporan dan sesuaikan untuk berbagai kelompok usia dan jenis kelamin sesuai jangkauan target.
Reporting dan Metrik Cross-Media Reach
Metrik yang dilaporkan dalam Cross-Media Reach meliputi:
- Jumlah orang unik yang dijangkau
- Jangkauan sesuai target untuk demografi yang dipilih
- Jangkauan efektif (orang yang dijangkau setidaknya berapa kali)
- Jangkauan tambahan dan tumpang tindih dibandingkan dengan TV tradisional
- Total jangkauan di Video Digital + TV Tradisional
- Frekuensi dan rata-rata frekuensi
- Tayangan (impressions) dan Target Rating Points (TRP)
- Pengeluaran dan efisiensi (total pengeluaran, biaya per jangkauan sesuai target, biaya per TRP)
Masih Bingung Mengenai Cross Media Reach?
Jika kamu ingin memastikan bahwa iklan Google Ads kamu mencapai performa maksimal dan anggaran kamu tidak terbuang sia-sia, pertimbangkan untuk menggunakan jasa Google Ads dari Whello.
Dengan pengalaman yang luas dan keahlian mendalam dalam mengelola kampanye iklan, tim Whello dapat memanfaatkan teknologi Cross-Media Reach untuk mengoptimalkan jangkauan dan efisiensi iklan kamu di berbagai platform.
Kami akan membantu kamu memahami ad quality score Google Ads yang baik serta jenis iklan PPC yang tepat dalam beriklan. Dengan Whello, kamu bisa yakin bahwa setiap rupiah yang kamu investasikan akan efektif untuk mempromosikan merek kamu secara efektif!
Apa bedanya cross-media reach dengan reach biasa?
Reach biasa hanya mengukur jangkauan iklan kamu di satu platform tertentu, sedangkan cross-media reach mengukur jangkauan di berbagai platform, memberikan gambaran yang lebih menyeluruh tentang audiens kamu.
Apa yang dimaksud dengan unique reach?
Unique reach adalah jumlah individu unik yang melihat iklan kamu. Ini berarti jika seseorang melihat iklan kamu di beberapa platform atau perangkat, mereka hanya dihitung sekali.
Mengapa penting untuk melacak cross-device behavior?
Melacak perilaku cross-device penting karena banyak orang menggunakan lebih dari satu perangkat untuk mengakses internet. Memahami bagaimana audiens berinteraksi dengan iklan kamu di berbagai perangkat membantu kamu menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif.
Boost omset penjualan di website kamu dengan SEA!
Maksimalkan omset bisnismu dan dapatkan keuntungan dengan strategi SEA yang tepat. Mulai konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!