Sebagai salah satu platform media sosial dengan jumlah pengguna yang banyak, tidak heran jika banyak orang yang juga menaruh iklan di Facebook. Namun tahukah kamu jika Facebook juga memiliki fitur yang bernama Facebook Ads Library?
Salah satu keunggulan dari fitur ini sendiri adalah bisa melihat campaign iklan yang dibuat oleh kompetitor. Lalu seperti apa pengertian dari Facebook Ads Library dan bagaimana cara penggunaannya? Simak penjelasannya dibawah ini.
Daftar isi
Mengenal Facebook Ads Library
Selain sebagai platform media sosial, kini penggunaan Facebook juga banyak digunakan untuk kebutuhan bisnis. Sehingga tidak heran jika ada banyak fitur yang memungkinkan untuk melakukan promosi, salah satunya adalah Facebook Ads Library.
Ini merupakan fitur gratisan yang diberikan Facebook. Salah satu fungsinya adalah memungkinkan pengguna untuk melihat semua iklan yang tayang pada Facebook atau Meta, termasuk di dalamnya Instagram, Messenger, ataupun Audience Network.
Dengan menggunakan fitur ini, maka kamu bisa mencari tahu informasi detail dari iklan tersebut. Mulai dari siapa yang membuat iklan, kapan iklan tersebut pertama kali tayang, di platform mana iklan tersebut tayang, bahkan kamu juga bisa mengetahui tentang isi teks, gambar, dan juga video dalam iklan yang bersangkutan.
Pengaplikasian dari Ads Library ini sendiri merupakan salah satu bentuk transparan dari Facebook. Hal ini juga merupakan salah satu bentuk perbaikan yang mereka lakukan setelah adanya skandal yang menimpa Facebook pada 2016.
Bagaimana Cara Menggunakan Facebook Ads Library
Setelah memahami tentang pengertian dari Facebook Ads Library, maka hal selanjutnya yang juga perlu kamu ketahui adalah bagaimana cara menggunakan fitur ini. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk menggunakannya.
1. Akses Facebook Ads Library
Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengakses halaman Facebook Ads Library. Sebenarnya, halaman ini sendiri bisa kamu akses tanpa membutuhkan log in atau bahkan tanpa akun. Namun, jika kamu menggunakan pilihan tersebut, maka banyak fitur lainnya yang tidak bisa kamu lakukan.
Selain itu, dalam beberapa kasus kamu juga akan mengalami kesulitan akses ketika masuk ke Facebook Ads Library tanpa menggunakan akun Facebook.
2. Masuk Ke Kolom Pencarian
Setelah masuk ke halaman Ads Library, langkah selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah melakukan pencarian iklan. Untuk memudahkan, kamu juga bisa menggunakan fitur kolom pencarian.
Pada kolom ini, kamu juga bisa menggunakan beberapa fitur yang ada, antara lain mencari berdasarkan negara, berdasarkan jenis iklan, atau melakukan pencarian langsung.
Misalnya, kamu bisa memilih iklan apa saja yang akan kamu lihat jika memilih berdasarkan jenisnya. Ada banyak pilihan kategori yang bisa kamu pilih, jika kamu ingin melihat semua iklan, maka kamu tinggal pilih All Ads.
Sementara itu, pada kolom pencarian kamu juga bisa mencari iklan berdasarkan kata kunci yang lebih spesifik. Misalnya jika kamu ingin mencari iklan tentang sepatu olahraga, maka kamu tinggal mengetikkan kata kunci tersebut dan semua iklan yang berkaitan dengan sepatu olahraga akan muncul.
Fitur inilah yang akan sangat membantu ketika kamu ingin mengetahui iklan yang dibuat oleh kompetitor. Tinggal mencari menggunakan kata kunci yang sesuai dengan bisnis yang kamu buat, maka nantinya semua iklan kompetitor akan muncul.
3. Filter Negara dan Bahasa
Salah satu jenis filter lainnya yang juga bisa kamu gunakan adalah bahasa dan negara. Sesuai namanya, ketika menggunakan filter ini, kamu bisa mencari berdasarkan iklan dari negara tertentu atau yang menggunakan bahasa tertentu.
Filter ini biasanya digunakan untuk mempersempit pencarian. Selain itu, cara ini juga bisa kamu gunakan ketika ingin melihat iklan seperti apa yang sedang tren di negara lain.
4. Filter Berdasarkan Platform
Selain berdasarkan negara dan bahasa, kamu juga bisa mencari iklan di Facebook Ads Library berdasarkan media platform penayangan iklan tersebut. Seperti yang kamu tahu, ada beberapa platform yang berada di bawah naungan Meta, mulai dari Facebook, Instagram, Messenger, dan juga Audience Network.
Tiap platform ini tentu saja memiliki trend yang berbeda. Hal ini bisa kamu lakukan sebagai salah satu cara pembanding untuk mengetahui iklan apa yang sedang tren di setiap platform tersebut.
5. Filter Berdasarkan Tanggal
Filter ini akan menggunakan tanggal pertama kali iklan tersebut tayang sebagai bahan rujukan. Hal ini memungkinkan kamu untuk melihat iklan yang sudah tidak aktif lagi. Meski demikian, ada beberapa kategori iklan yang tidak bisa kamu lihat jika iklan tersebut sudah tidak aktif.
6. Bandingkan Iklan dengan Kompetitor
Setelah melakukan filter semuanya sesuai dengan kebutuhan, maka kamu akan mendapatkan iklan yang sesuai dengan yang kamu cari. Dengan cara ini maka kamu bisa melihat bagaimana iklan yang dibuat oleh kompetitor.
Selain itu, kamu juga bisa melihat bagaimana iklan lainnya yang sedang tren. Ini bisa menjadi salah satu cara yang kamu gunakan untuk bisa membuat iklan dengan kualitas yang lebih baik. Serta, melihat jika kompetitor sedang melakukan testing pada campaign yang mereka lakukan. Testing tersebut juga bisa menjadi salah satu cara kamu untuk melihat strategi apa yang sekiranya digunakan oleh kompetitor.
Sudah Paham dengan Ads Library Sekarang?
Selain memahami tutorial membuat Facebook Ads, menggunakan Facebook Ads Library juga bisa menjadi salah satu cara untuk membuat ide iklan yang berkualitas dan disukai konsumen.
Jika kamu membutuhkan jasa iklan Facebook, maka salah satu pilihan terbaik adalah menggunakan jasa Whello.
Whello sendiri merupakan specialist digital marketing yang sudah terbukti kualitasnya dan tentu saja bisa memanfaatkan fitur Facebook Ads Library dengan sebaik-baiknya untuk membuat iklan yang tepat sasaran.
Apa yang dimaksud dengan Facebook Ads Library?
Fitur gratis yang ditawarkan Facebook atau Meta untuk menampilkan semua iklan yang tayang baik pada Facebook, Instagram, Messenger, dan juga Audience Network.
Apa yang bisa Kamu lihat pada Facebook Ads Library?
Dalam fitur ini, kamu juga bisa melihat apakah kompetitor sedang melakukan testing atau tidak. Caranya adalah dengan mencari brand kompetitor tersebut lalu perhatikan apakah ada iklan yang memiliki konten visual yang sama namun copywritingnya berbeda, atau bisa juga copywitingnya sama namun visual atau formatnya berbeda.
Bagaimana cara kerja Facebook Ads?
Cara kerja dari Facebook Ads sendiri adalah menampilkan semua iklan dengan format single post ads, carousel post ads, video, ataupun format koleksi yang bisa menampilkan item group atau katalog dalam mode full screen pada tampilan HP. Nantinya, iklan tersebut akan muncul saat ada user yang sedang scroll ke bagian bawah atau ke sidebar.
Apakah Facebook Ads berbayar?
Facebook Ads merupakan sebuah layanan iklan berbayar yang disediakan oleh platform Facebook. Keuntungan dari menggunakan layanan ini adalah kamu bisa memasang pada platform media sosial yang paling populer dan tentu saja memiliki banyak pengguna.
Boost omset bisnis online kamu dengan Social Media Marketing!
Maksimalkan omset bisnismu dan dapatkan keuntungan dengan strategi social media marketing yang tepat. Mulai konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Tips Optimasi Location Landing Page untuk SEO
Pelajari cara mengoptimasi location landing page untuk SEO. Temukan tips dan trik yang dapat membantu meningkatkan peringkat di sini!
Apakah NAP Citations Menjadi Ranking Factor? Ini Jawabannya!
Apakah NAP citations menjadi faktor penentu peringkat? Baca penjelasan lengkapnya dan ketahui bagaimana cara kerjanya di sini!
Content Pruning, Pemangkasan Konten untuk Tingkatkan SEO
Pelajari cara pemangkasan konten dapat meningkatkan SEO situs kamu. Dapatkan panduan lengkap untuk mengelolanya di sini!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!