Seperti yang kita ketahui, orang-orang terus mencari cara baru untuk menjangkau target pasar mereka dengan lebih efektif. Salah satu teknik yang semakin populer adalah penggunaan geofencing ads.
Geofencing ads adalah strategi pemasaran digital yang memanfaatkan teknologi geolokasi untuk mengirimkan pesan iklan atau promosi kepada pengguna yang berada di wilayah geografis tertentu.
Artikel ini akan menjelaskan apa itu geofencing ads, cara kerjanya dalam Google Ads, manfaatnya, cara menganalisis kampanye, dan tips untuk mengoptimalkan penggunaannya. Yuk simak lebih lanjut!
Daftar isi
Apa Itu Geofencing Ads?
Geofencing ads adalah teknik pemasaran digital yang menggunakan teknologi GPS atau RFID (Radio-Frequency Identification) untuk membuat “geofences” atau batas virtual di sekitar lokasi geografis tertentu.
Simpelnya, ketika pengguna memasuki atau meninggalkan wilayah yang ditentukan, mereka akan menerima pesan iklan atau promosi yang relevan.
Cara Kerja Geofencing Ads di Google Ads
Menggunakan geofencing untuk pemasaran bergantung pada kombinasi teknologi, termasuk Global Positioning System (GPS), jaringan seluler, dan Wi-Fi.
Sebagai contoh, prosesnya bisa terlihat seperti ini:
Ketika kamu membuat iklan untuk cafe kamu yang ingin ditujukan ke calon pelanggan, kamu bisa mengaturnya agar diarahkan ke yang tinggal di sekitar kedai maupun yang berasal dari tempat lain.
Nah, kamu bisa menentukan area geografis spesifik yang ingin kamu targetkan saat menyiapkan penargetan iklan. Kamu bisa menetapkan mulai dari radius satu mil di sekitar toko kamu.
Saat pengguna memasuki area tersebut, Google akan mengenali bahwa mereka berada di lokasi yang kamu tentukan. Sistem geofencing ads ini akan menayangkan iklan cafe kamu saat mereka berada di area yang ditentukan.
Artinya, mereka akan menjumpai iklan kamu saat menjelajahi website yang merupakan bagian dari Google Ads. Dan karena mereka berada di dekatnya, mereka lebih mungkin untuk mengunjungi bisnis kamu. Inilah mengapa geofencing ads sangat direkomendasikan untuk pemilik bisnis.
Manfaat Geofencing Ads di Google Ads
Geofencing Ads ini memiliki banyak keuntungan untuk para pebisnis. Berikut beberapa manfaat unik yang bisa kamu dapatkan dari menerapkan geofencing ads:
A. Ketepatan Penargetan yang Lebih Baik
Geofencing memungkinkan kamu untuk menyempurnakan penargetan iklan secara signifikan. Fitur ini memastikan bahwa pesan kamu secara efektif menjangkau audiens yang berada di dekat lokasi bisnis kamu.
B. Fitur Pengaturan Pesan
Geofencing memungkinkan penyesuaian pesan, promosi, dan saran berdasarkan lokasi dan aktivitas pengguna. Ini akan meningkatkan user experience dan dapat menjadikan mereka sebagai pelanggan.
C. Menumbuhkan Loyalitas Pelanggan
Dengan memanfaatkan pemasaran geofencing, kamu dapat mendistribusikan penawaran yang disesuaikan untuk pengguna. Ini akan mendorong mereka untuk tetap setia pada brand kamu.
Cara Setup Geofencing Ads
Di Google Ads, geofencing dan geotargeting disebut Penargetan Lokasi. Menyiapkan geofencing di Google Ads cukup mudah. Berikut cara set up Geofencing ads:
- Masuk ke akun Google Ads kamu dan buka kampanye yang ingin kamu tetapkan geofencing.
- Klik tab “Settings” untuk kampanye yang dipilih di Google Ads.
- Di bawah “Locations,” klik tombol “Edit” untuk menambahkan lokasi baru untuk kampanye Google Ads kamu.
- Setelah kamu memilih Lokasi, kamu dapat memperluas opsi geofencing di kampanye Google Ads.
Untuk sebagian besar kampanye iklan geofencing lokal, kamu bisa memilih opsi untuk memasukkan lokasi. Kemudian, kamu dapat menggunakan fitur pencarian untuk mulai mengetik lokasi yang akan ditargetkan. Alat ini akan memberi kamu opsi yang sesuai dengan lokasi yang kamu cari.
Selanjutnya kamu harus mengisi informasi dashboard pengguna dengan cara berikut:
- Pada kotak dialog “Add location“, pilih opsi “Advanced search“.
- Ketik nama lokasi spesifik yang ingin kamu targetkan dan pilih dari saran yang tersedia.
- Sesuaikan opsi penargetan lokasi dengan memilih apakah kamu ingin menargetkan orang yang secara fisik berada di area tersebut, orang yang mencari atau melihat halaman tentang area tersebut, atau keduanya.
- Klik “Add” untuk menyimpan pengaturan penargetan lokasi.
- Jika kamu ingin menambahkan lebih banyak lokasi, ulangi prosesnya dengan mengklik tombol “+ Lokasi” dan ikuti langkah 4 hingga 8.
- Setelah menambahkan semua lokasi yang diinginkan, klik “Save” untuk menerapkan perubahan ke kampanye kamu.
- Selain itu kamu juga memilih opsi penargetan Radius di Google Ads dapat berupa jumlah mil atau kilometer di sekitar lokasi.
Untuk memilih penargetan radius, pilih opsi Radius di penargetan geografis kamu. Aturlah sesuai target audiens yang dituju.
Tips Melakukan Geofencing Ads di Google Ads
Geofencing Ads di Google Ads dapat menjadi strategi yang sangat efektif untuk menargetkan pengguna di lokasi tertentu. Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan Geofencing Ads di Google Ads:
1. Riset
Langkah pertama dan paling penting dalam menjalankan kampanye Geofencing adalah melakukan riset pasar. Sangat penting untuk meneliti target pasar kamu, di lokasi mana mereka tinggal dan bekerja, dan area mana yang dapat dilayani oleh bisnis kamu. Dari sini kamu dapat mulai menargetkan area audiens yang dituju.
2. Anggaran untuk Lokasi kamu
Setelah menentukan area yang ingin ditargetkan, langkah terpenting berikutnya adalah mencocokkan ini dengan anggaran yang tepat. Jika kamu menargetkan area yang luas, kamu biasanya akan membutuhkan anggaran yang lebih besar karena persaingan yang lebih tinggi.
Demikian pula, ketika menargetkan lokasi yang lebih spesifik, kamu biasanya dapat menghabiskan lebih sedikit budget untuk mendapatkan traffic dan konversi.
Selain itu, penting juga untuk melihat seberapa kompetitif kata kunci di lokasi tertentu, karena CPC (Cost Per Click) rata-rata dan volume pencarian merupakan indikator yang baik untuk mengetahui seberapa besar kemungkinan kamu akan mengeluarkan biaya.
3. Mengatur Ad Copy
Saat mengatur ad copy, kamu pastinya ingin membuat iklan yang menarik dan relevan yang akan melibatkan audiens kamu dan membuat mereka berkonversi, apakah itu penjualan, panggilan telepon, unduhan e-book, atau tindakan konversi lainnya.
Saat menggunakan geofencing ads, kamu dapat menggunakan kata kunci spesifik lokasi dalam daftar kata kunci dan teks iklan untuk membantu meningkatkan relevansi iklan kamu.
Misalnya, jika kamu menjalankan toko roti di Surabaya, kamu bisa menjalankan kampanye iklan Google untuk roti rumahan dan menargetkan di area Surabaya. Dengan membuat teks iklan seperti ‘Roti Rumahan Surabaya, kamu menyampaikan kepada audiens bahwa toko kamu beroperasi di Surabaya.
4. Memanfaatkan Waktu dan Tanggal untuk Penargetan Ulang
Penargetan ini menggunakan data lokasi untuk mengetahui pengguna mana yang mengunjungi area geofencing selama rentang waktu dan tanggal tertentu. Dengan kemampuan ini, kamu dapat menjangkau pelanggan potensial yang menghadiri acara tertentu ataupun calon pelanggan yang spesifik.
5. Menguji & Bereksperimen
Aspek penting lainnya dari kampanye iklan geofencing kamu adalah pengujian dan eksperimen. Setelah kamu menyiapkan lokasi geofencing dan menjalankan kampanye kamu, kesalahan terbesar yang dilakukan pengiklan adalah berhenti di situ.
Ingatlah untuk terus menguji area, demografi, dan teks iklan baru, untuk melihat kampanye mana yang menghasilkan konversi terbaik. Sebagai bagian dari hal ini, penting untuk secara teratur menganalisis dan mengevaluasi kinerja, dan membuat keputusan strategis berdasarkan metrik.
Sudah Paham Tentang Geofencing Ads?
Dengan manfaatnya yang banyak, geofencing ads menjadi strategi yang tak bisa diabaikan bagi bisnis yang ingin tetap bersaing dalam pasar yang kompetitif. Jika kamu tertarik untuk memanfaatkan potensi geofencing ads dan ingin mendapatkan bantuan dari ahli dalam mengelola kampanye Google Ads, Whello siap memberikan solusi terbaik untuk kebutuhan iklan Google kamu.
Dengan pengalaman yang terpercaya, Whello menawarkan Jasa Iklan Google yang lengkap dan terpercaya. Jangan ragu untuk mengisi formulir konsultasi di bawah ini atau WhatsApp kami untuk mendiskusikan langkah-langkah selanjutnya. Konsultasi ini gratis loh!
Apa itu geofencing ads?
Geofencing ads adalah strategi pemasaran digital yang menggunakan teknologi geolokasi untuk mengirimkan pesan iklan atau promosi kepada pengguna yang berada di wilayah geografis tertentu.
Bagaimana cara kerja geofencing ads?
Geofencing ads bekerja dengan membuat "geofences" atau batas virtual di sekitar lokasi geografis tertentu. Ketika pengguna memasuki atau meninggalkan wilayah yang ditentukan, mereka menerima pesan iklan atau promosi yang relevan.
Apa perbedaan antara geofencing ads dan targeting berbasis lokasi tradisional?
Geofencing ads lebih spesifik dan memungkinkan pengiklan untuk menargetkan pengguna yang berada dalam radius geografis yang sangat tepat, sementara targeting berbasis lokasi tradisional mungkin lebih umum dan kurang presisi.
Apa manfaat menggunakan geofencing ads?
Manfaat menggunakan geofencing ads antara lain: target pasar lokal yang lebih spesifik, pesan iklan yang lebih relevan dengan konteks geografis, pengoptimalan biaya iklan, dan kemampuan untuk melacak kinerja kampanye secara detail.
Bagaimana cara menerapkan geofencing ads di Google Ads?
Di Google Ads, geofencing ads dapat diimplementasikan melalui fitur "Location Targeting" yang memungkinkan pengiklan untuk menentukan wilayah geografis di mana iklan mereka akan ditampilkan kepada pengguna yang berada dalam radius tersebut.
Boost omset penjualan di website kamu dengan SEA!
Maksimalkan omset bisnismu dan dapatkan keuntungan dengan strategi SEA yang tepat. Mulai konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!