Pernahkah kamu melihat sebuah iklan penawaran jasa setelah kamu mengetikkan suatu kata kunci di Google Search? Jika iya, mungkin kamu perlu mengetahui bagaimana hal itu dapat terjadi. Iklan tersebut bisa muncul berkat fitur dari Google Performance Max.
Lantas, bagaimana Google mampu memunculkan iklan jasa yang mungkin akan menarik perhatian kamu? Bagi kamu yang masih bingung dengan cara kerja Google yang menarik ini, kamu bisa memahami definisi, fungsi, dan bagaimana cara menggunakannya berikut ini.
Daftar isi
Mengenal Google Performance Max
Google Performance Max adalah salah satu fitur terbaru yang ditawarkan oleh Google Ads.
Fitur ini merupakan solusi periklanan canggih yang memungkinkan pengiklan untuk mencapai hasil yang lebih optimal dalam kampanye mereka.
Performance Max menggunakan Artificial Intelligence (AI) untuk mengoptimalkan iklan kamu di berbagai platform Google, seperti Search, Display, YouTube, dan lainnya, secara otomatis.
Dengan mengenal Google Performance Max, pemilik bisnis dapat mengambil keuntungan dari kemampuan mesin AI Google untuk mencapai target audiens yang lebih tepat sasaran, meningkatkan jumlah klik, dan mencapai ROI yang lebih baik dalam iklan mereka.
Baca juga: 5 Jenis Google Ads Untuk Iklan Bisnis Kamu
Alasan Menggunakan Google Performance Max
Terdapat lima alasan utama mengapa perusahaan memilih kampanye Google Performance Max untuk mengiklankan website mereka. Ketahui penjelasan rincinya berikut ini:
1. Meningkatkan Visibilitas
Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, fitur kampanye dari Google Ads ini berguna untuk meningkatkan visibilitas. Iklan kamu akan muncul pada seluruh platform Google, sehingga kamu tidak perlu repot memasang kampanye khusus untuk tiap platform.
Adapun platform Google yang termasuk dalam kampanye Google Performance Max adalah:
- Google Display.
- Google Discover.
- YouTube.
- Google Maps.
- Google Search.
- Gmail.
Judul dan konten iklan yang kamu pasang akan menampilkan copywriting yang sama untuk dipasang di tiap platform Google. Akan tetapi, tiap platform akan memberikan kesan berbeda bagi calon pelanggan kamu. Sehingga iklan mampu mendapatkan lebih banyak pelanggan.
2. Meningkatkan Conversion Rate Website
Setelah visibilitas iklan meningkat, tingkat konversi website kamu pun akan bertambah. Iklan tersebut muncul pada sejumlah beranda platform Google pelanggan karena adanya sistem machine learning yang Google miliki.
Kamu hanya perlu fokus dalam menyertakan kata kunci dan copywriting yang tepat untuk iklan kamu, dan biarkan Google mengatur langkah selanjutnya.
3. Menargetkan Audiens dengan Maksimal
Google Performance Max juga mampu membantu kamu untuk menargetkan audiens yang tepat. Sebab, Google memiliki data berbasis AI yang mengelompokkan orang berdasarkan minat, niat, serta informasi demografis tertentu. Sehingga, kamu hanya perlu menambahkan segmen yang kamu inginkan.
Contohnya, website kamu menawarkan berbagai pilihan alat musik. Tentu kamu ingin mendapatkan orang-orang yang memiliki minat di bidang musik, bukan? Nah, kamu dapat melakukannya dengan memilih segmen penggemar musik pada penargetan audiens dalam Google Ads.
Nantinya, Google akan menampilkan iklan website kamu pada orang-orang yang kemungkinan besar ada pada segmen tersebut. Dengan demikian, kamu tidak perlu mencari audiens yang sekiranya berminat membeli produk kamu. Sebab, Google akan secara otomatis menargetkannya.
4. Meningkatkan Efisiensi
Seperti yang telah kamu ketahui, Google mengandalkan AI dalam segala strateginya untuk memudahkan pengguna. Sama halnya dengan pemasangan iklan dan strategi bidding pada semua jenis platform Google.
Otomatisasi pemasangan iklan dapat kamu rasakan manfaatnya karena peran AI pada Google. Google mampu mencari tahu di platform mana iklan kamu akan menjangkau calon pelanggan yang tepat. Sehingga, angka persentase keberhasilan iklan kamu pun akan meningkat.
Selain itu, strategi bidding yang Google sediakan juga mampu merefleksikan biaya yang harus kamu keluarkan. Dengan demikian, kamu hanya perlu memikirkan copywriting iklan untuk menarik perhatian calon pelanggan kamu.
5. Optimasi Kreatif
Google Performance Max telah menyiapkan teknologi machine learning yang mampu menilai setiap komponen pada iklan kamu. Contohnya headline, deskripsi, gambar, atau video.
Empat komponen tersebut akan dinilai secara menyeluruh oleh Google, dan sejumlah saran akan muncul untuk kamu pertimbangkan.
Dengan mengimplementasi saran yang ada, harapannya iklan kamu akan menghasilkan umpan balik terbaik.
6. Meningkatkan Performa Pencarian
Manfaat terakhir yang tak kalah penting dari kampanye Google Performance Max adalah peningkatan performa pencarian website.
Dengan menciptakan satu kampanye saja, kamu bisa langsung mengetahui keefektifan dari iklan yang telah kamu buat.
Apabila kampanye kamu kurang memikat pelanggan potensial, jangan buru-buru menghapus iklan yang telah kamu buat.
Kamu hanya perlu membuat satu kampanye baru untuk dipadupadankan dengan kampanye lama kamu. Perpaduan kampanye tersebut juga akan secara otomatis dilakukan oleh Google.
Cara Membuat Kampanye Google Performance Max
Setelah memahami manfaat dari Google Performance Max, apakah sekarang kamu siap membuat kampanye Google? Terdapat lima langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk merasakan manfaat penuh dari jasa ini. Berikut ini penjelasannya:
A. Buat Kampanye Baru dan Tentukan Sasaran
Pertama, kamu perlu masuk ke dalam akun Google Ads kamu. Klik tanda “+” yang ada di bawah opsi “Campaigns” pada menu sebelah kiri halaman. Kemudian, pilih “New Campaign”.
Berikutnya akan ada jendela baru, dan kamu dapat memilih target kampanye kamu. Apabila target yang tersedia tidak sesuai dengan apa yang kamu inginkan, kamu dapat memilih “Create a campaign without targeting”. Kemudian, kamu dapat memilih “Maximum Performance” sebagai tipe kampanye.
B. Tentukan Budget dan Bidding Kamu
Untuk menentukan budget dan bidding kamu, klik bagian “Budgets and bids”. Ketikkan jumlah budget yang mampu kamu keluarkan untuk kepentingan kampanye, dan pilih opsi yang sesuai dari dua pilihan bidding ini:
- Conversions: Apabila kamu memilih “Set a target cost per action”, maka kampanye kamu akan mencoba meraih CPA (Average Cost per Action) yang telah kamu ketikkan angkanya.
- Conversion rate: Apabila kamu memilih “Set a target ROI”, maka kampanye kamu akan mencoba meraih ROAS (Return On Ad Spend) yang telah kamu masukkan.
C. Sesuaikan Lokasi dan Bahasa di Pengaturan
Untuk memaksimalkan iklan, kamu perlu mengatur lokasi dan bahasa yang terdapat di pengaturan.
Caranya adalah dengan memilih target lokasi kamu pada pilihan “Locations” pada halaman “Campaign settings”. Pada menu tersebut, kamu dapat memilih lokasi target iklan kamu, dan juga mengecualikan beberapa lokasi.
Sementara itu, pada bagian “Languages”, kamu dapat memilih bahasa yang kamu inginkan pada tampilan iklan kamu. Kamu dapat memilih sejumlah bahasa dan menyesuaikannya dengan negara tempat pelanggan potensial kamu berada.
D. Buat Pengelompokan pada Google Performance Max Campaign
Selanjutnya, kamu juga dapat membuat grup pengelompokan kampanye. Grup ini berisi gambar, logo, judul, deskripsi, video, dan juga indikator audiens yang bisa kamu tambahkan saat membuat kampanye Peak Performance.
Contohnya, kamu perlu menambahkan 20 sumber gambar, 5 logo, 5 video, 5 judul, deskripsi, CTA atau Call To Action, dan juga link URL. Setelah kamu menambahkan elemen-elemen ini, Google akan secara otomatis membuat kampanye dari sumber yang telah kamu tambahkan di grup pengelompokan kampanye ini.
E. Tambahkan Ekstensi Ads
Kemudian, Google akan merekomendasikan penggunaan ekstensi ads, untuk memudahkan pelanggan potensial. Contohnya, site link extension dapat menampilkan beberapa halaman penting dalam website kamu, sehingga pelanggan dapat langsung menemukan apa yang mereka cari.
F. Terbitkan Kampanye Google Performance Max
Setelah kamu menetapkan semua pengaturan pada Google Performance Max, kamu dapat menerbitkan kampanye kamu. Perhatikan pratinjau pengaturan yang akan ditampilkan sebelum kamu menerbitkan kampanye, kemudian pilih “Publish campaign”.
Siap Beriklan dengan Google Performance Max?
Mulai tertarik menggunakan Google Performance Max untuk mengoptimasi iklan kamu? Kamu dapat dengan mudah mengaplikasikan fitur yang Google tawarkan dengan mengetahui lebih lanjut bersama Whello Indonesia yang merupakan penyedia jasa iklan Google serta jasa internet marketing terpercaya di Indonesia.
Tidak perlu ragu lagi, Whello berorientasi penuh pada hasil, dan kamu juga dapat menikmati gratis konsultasi seputar pemasangan iklan. Optimasi iklan dengan mengandalkan kata kunci dan pengujian variasi teks iklan sudah menjadi keahlian dari Whello.
Kamu bisa melihat portofolio Whello terlebih dahulu atau langsung menghubungi kontak Whello untuk berdiskusi dengan salah satu tim Whello
Apa itu Google Performance Max?
Jenis Google Ads berbasis kampanye yang menggunakan peran Artificial Intelligence (AI) untuk menampilkan iklannya. Dengan kata lain, fitur kampanye ini berguna untuk mengiklankan jasa atau produk via website.
Apa cara untuk mengukur keberhasilan Google Ads?
Kamu bisa melakukan perhitungannya dengan membagi jumlah klik yang iklan terima dengan frekuensi tampilan iklan atau impresi. Pembagian antara jumlah klik dan impresi ini disebut sebagai CTR. Contohnya, bila terdapat 5 klik dari 100 impresi, maka CTR adalah 5%.
Google Ads itu buat apa?
Layanan iklan online dari Google yang berguna untuk membuat iklan online agar dapat menjangkau audiens yang tepat pada saat mereka menunjukkan minat terhadap produk atau layanan yang kamu sediakan.
Apa itu Quality Score Google Ads?
Skor Kualitas adalah instrumen evaluatif yang memberikan insight mengenai mutu iklan kamu dalam perbandingan dengan iklan dari pemasang iklan lainnya.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Apa Itu Back End Developer? Skill dan Tugas Utamanya
Pelajari tentang Back End Developer, skill yang harus dimiliki, dan tanggung jawab utama mereka dalam dunia teknologi informasi disini!
Ketahui Perbedaan Front End dan Back End Developer
Ketahui perbedaan Front End dan Back End Developer. Pahami peran penting masing-masingnya dalam artikel berikut!
Social Listening: Pahami Audiens Lewat Media Sosial
Manfaatkan social listening untuk memahami audiens Anda. Temukan tren dan opini di media sosial yang dapat mendukung di sini!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!