Growth marketing vs SEO menjadi dua hal yang seringkali diperdebatkan. Padahal, penerapan keduanya dalam dunia bisnis saling berkaitan. Hal ini karena penerapan SEO memberi pengaruh besar terhadap growth marketing.
Namun, apakah penerapan SEO bisa dilakukan bersamaan dengan growth marketing? Lalu, apa saja perbedaan antara SEO dan growth marketing? Bagi Anda yang penasaran dengan growth marketing vs SEO, simak artikel ini sampai akhir, ya!
Daftar isi
Apa Itu Growth Marketing?
Sebelum masuk ke pembahasan tentang growth marketing vs SEO, tentu Anda harus tahu terlebih dahulu apa itu growth marketing. Meski sebenarnya istilah ini sudah tidak asing di dunia bisnis, namun masih banyak orang awam yang belum memahaminya.
Secara umum, growth marketing merupakan suatu strategi pemasaran yang lebih menekankan pada tujuan akhir, riset, analisis data, uji coba, dan eksperimen. Strategi yang satu ini fokus pada data yang ada di pasar secara real untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen.
Nantinya, data dan aspirasi konsumen tersebut akan dikumpulkan sebanyak-banyaknya sebelum menerapkan strategi ini.
Sering kali istilah growth marketing juga kerap dikaitkan dengan berbagai teknik dalam digital marketing. Namun, tujuan utama dari strategi pemasaran ini adalah untuk mengukur pertumbuhan perusahaan secara keseluruhan.
Jadi, bisa dibilang bahwa growth marketing lebih mengarah pada strategi pemasaran bisnis daripada taktik pemasaran semata. Pendekatan strategis ini memang didesain khusus untuk mengembangkan perusahaan secara spesifik, terukur, dan dalam jangka waktu tertentu.
Growth Marketing vs SEO, Apa Perannya dalam Bisnis?
Search Engine Optimization atau SEO merupakan pendekatan awal yang harus Anda lakukan pada setiap bisnis untuk bisa mendapatkan trafik organik. Bukan cuma itu saja, SEO juga berperan penting dalam growth marketing untuk meningkatkan traffic organik melalui taktik yang terbilang sederhana.
Adapun beberapa taktik SEO yang dapat berpengaruh terhadap growth marketing adalah sebagai berikut:
- Riset keyword dan planning untuk produksi konten.
- Optimalisasi SEO On-Page dari konten legacy.
- Pengoptimalan Conversion Rate Optimization (CRO).
- Analisis dan penargetan kompetitif.
- Perencanaan konten yang solid tentu saja bisa memudahkan Anda untuk mendapatkan trafik organik dengan lebih cepat. Hal inilah yang kemudian dapat menjadi tolok ukur pertumbuhan bisnis secara keseluruhan.
Bagaimana SEO Membantu Growth Marketing Suatu Bisnis?
Pada dasarnya, hasil dari penerapan SEO bisa menyesuaikan dengan effort dan biaya yang Anda keluarkan. Jika Anda ingin mendapatkan hasil akhir yang maksimal, maka bisa mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk konten SEO.
Sebab, perencanaan dan implementasi SEO yang matang akan membuat growth marketing bisnis yang Anda jalani menjadi lebih maksimal.
Namun, bicara tentang investasi pada SEO tentu tidak hanya terbatas dari segi biaya saja. Hal ini karena ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan SEO agar growth marketing meningkat.
Misalnya, membuat konten website secara konsisten dengan penerapan SEO On-Page yang maksimal.
Intinya, Anda harus membangun fondasi pemasaran konten secara tepat atau mengembangkan rencana yang sudah ada sebelumnya.
Jika konten Anda berhasil menduduki hasil pencarian teratas di Google, maka artinya Anda telah berhasil menginvestasikan konten-konten SEO tersebut. Selanjutnya, Anda bisa mempertahankan sekaligus mengoptimalkan konten yang sudah berada di hasil pencarian teratas melalui penerapan ROI.
Adapun salah satu cara pengoptimalan SEO yang berdampak pada growth marketing adalah dengan memberikan kata kunci tambahan yang berkaitan dengan isi konten tersebut.
Nantinya, ketika jumlah traffic website meningkat, tentu bisnis Anda akan mendapatkan income tambahan dari iklan ataupun saluran berbayar.
Cara Membangun Dasar SEO dalam Growth Marketing
Jika Anda berhasil membangun dasar yang kuat, kamu akan melihat bahwa konten kamu bisa terus berjalan dengan baik seiring berjalannya waktu.
Sebuah strategi SEO yang kokoh adalah praktik terbaik ketika kamu memulai bisnis. Ketika kamu membuat website atau bersiap untuk membuat konten untuk pertama kalinya, dibutuhkan waktu agar peringkat pertama Anda muncul. Setelah terbangun otoritas pada website kamu, ranking akan lebih mudah dan cepat naik seiring berjalannya waktu jika dikelola dengan baik.
1. Mengatasi Hambatan Teknis
SEO dimulai dengan memiliki website yang bersih dan mengatasi semua masalah teknis utama yang ditemukan. Melakukan audit SEO awal selalu merupakan hal yang baik, tetapi jika Anda ingin tetap kompetitif dan proaktif daripada reaktif, sangat disarankan untuk memiliki seseorang yang secara berkala memeriksa semua sinyal organik, termasuk:
- Tools audit SEO
- Google Search Console
- Google Analytics
- PageSpeed Insight
- Dan aspek lainnya.
2. Tagging dan Tracking Analitik yang Tepat
Selain memiliki website yang bersih dari segi teknis, penting untuk memastikan semua tagging dan alat analitik yang diperlukan berfungsi dengan baik. Ini penting untuk tracking perbaikan, penurunan, dan perubahan dalam sinyal organik. Membangun strategi SEO tanpa tracking yang tepat akan menghambat tim Anda dalam memahami hasil uji coba yang mereka lakukan atau bisa melakukan, dan cara pengguna atau mesin pencari berinteraksi dengan situs Anda.
3. Strategi Konten Pillar Page
Strategi eksekusi editorial bisa berbeda-beda antara satu perusahaan dan perusahaan lainnya, tapi idealnya, semua aset content marketing seharusnya memiliki template, struktur folder, proses review, dan sebagainya yang sesuai. Pastikan Anda menjaga semua hal ini tetap teratur karena ini sering kali menjadi hal pertama yang diabaikan.
4. Pembuatan Brief SEO
Membuat brief ke penulis untuk memberi tahu mengenai sinyal-sinyal SEO adalah kunci untuk menciptakan konten yang SEO-friendly. Dengan proses pembuatan brief yang baik, penulis konten jadi lebih tahu bagaimana menulis konten yang baik dan benar secara SEO.
SEO spesialis juga bisa me-review ulang konten yang dibuat oleh penulis agar tulisan tersebut bisa ditinjau sebelum akhirnya di-publish di website.
5. Ulangi Strategi yang Berhasil
Jika riset awal dan perencanaan konten sudah baik, Anda akan mulai melihat manfaat dalam bentuk peningkatan traffic dari upaya SEO Anda. Namun, ingatlah bahwa meningkatkan ranking memerlukan waktu dan kecepatan peningkatannya bisa bervariasi tergantung pada tingkat persaingan di bidang tersebut.
Ini juga bisa berbeda bukan hanya berdasarkan topik tetapi juga berdasarkan kata kunci yang digunakan dalam topik yang sama. Jadi, SEO harus dilakukan secara perlahan-lahan dan terus dipantau, dan jangan ragu untuk mengulangi proses ini ketika diperlukan.
Cara Menjalankan SEO dalam Growth Marketing
Bicara tentang growth marketing vs SEO tentu tidak terlepas dari bagaimana Anda menerapkan keduanya. Nah, untuk itu, sangat penting bagi Anda mengetahui bagaimana cara menjalankan SEO dalam growth marketing dengan tepat.
Eksekusi konten SEO perlu Anda lakukan, agar bisa mendapatkan peringkat yang lebih tinggi. Dengan begitu, maka website bisnis Anda bisa mendapatkan backlink yang mampu menguatkan kualitas website.
Secara umum, backlink adalah sinyal ke Google yang menunjukkan bahwa ada website lain yang mereferensikan website bisnis Anda pada konten-konten mereka.
Ketika backlink di website Anda bertambah, maka keseluruhan posisi domain situs akan mulai meningkat. Hal ini tentu berdampak besar pada traffic organik secara keseluruhan serta membantu menentukan peringkat pada kata kunci yang lebih sulit. Dengan begitu, maka peringkat website Anda di Google dapat meningkat.
Artinya, Anda telah berhasil mencapai growth marketing dalam bisnis. Sebab, hasil tersebut dapat memungkinkan Anda untuk mendapatkan lebih banyak calon pelanggan potensial.
Tak hanya itu, sebagai pebisnis, Anda pun bisa mendapatkan pelanggan loyal yang berulang kali membeli produk dan/atau layanan yang Anda miliki.
Pada akhirnya, penerapan SEO pun akan terus berjalan dan berkembang seiring dengan meningkatnya growth marketing bisnis.
Bahkan, ketika Anda menerapkan SEO dan growth marketing sekaligus, maka dua hal tersebut akan sangat bagus untuk optimasi bisnis. Sebab, SEO memiliki peranan yang penting dalam growth marketing itu sendiri.
Manfaat Mengoptimasi SEO dalam Growth Marketing
Dalam pembahasan growth marketing vs SEO, tentu tidak lengkap rasanya jika Anda belum mengetahui manfaat mengoptimasi SEO bagi strategi pemasaran yang satu ini. Nah, berikut ini adalah berbagai manfaat mengoptimasi SEO sebagai salah satu strategi pemasaran yang dapat Anda ketahui.
1. Meningkatkan Brand Awareness
Kini banyak konsumen yang lebih percaya dengan review online. Hal ini bisa Anda manfaatkan dengan membuat konten SEO di website yang berisi review dari pelanggan yang telah menggunakan produk dan/atau layanan bisnis Anda.
2. Meningkatkan Traffic Organik
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa penerapan SEO dalam growth marketing bisa meningkatkan traffic organik. Hal ini terjadi karena kualitas konten dan informasi yang Anda berikan di website bersifat valid.
Apalagi jika Anda menambahkan kata kunci yang banyak dicari di internet. Tentunya akan lebih mudah bagi website untuk berada di halaman pertama mesin pencarian.
3. Website Jadi Lebih Mudah Diakses
Salah satu manfaat penerapan SEO dalam growth marketing yang bisa Anda rasakan adalah website menjadi lebih mudah diakses. Jika Anda memperbaiki kualitas SEO website, maka nantinya website akan memiliki visibilitas yang lebih besar di mesin pencari.
Hal paling mudah untuk mengimplementasikannya adalah dengan menyisipkan kata kunci utama dan turunan yang sesuai dengan bisnis pada website Anda.
Sudah Paham Pentingnya Growth Marketing vs SEO dalam Bisnis?
Nah, itu dia penjelasan seputar growth marketing vs SEO. Dari informasi di atas, tentu bisa menjawab pertanyaan Anda tentang kenapa perlu SEO untuk bisnis-mu?
Jika Anda masih bingung dalam menerapkan SEO pada website bisnis, maka bisa menggunakan jasa SEO Whello yang sudah terpercaya dan berkualitas. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera implementasikan SEO dalam growth marketing bisnis Anda!
Apa itu growth marketing?
Growth marketing adalah proses yang secara sistematis menggabungkan strategi brand marketing dengan performance marketing untuk mendapat pelanggan sesuai kriteria perusahaan.
Apa tugas growth marketing?
Tugas growth marketing adalah untuk merancang dan melakukan eksperimen guna mengoptimalkan hasil target.
Apakah SEO termasuk digital marketing?
SEO adalah taktik digital marketing terbaik yang memiliki hasil paling lama.
Apa saja jenis growth strategy?
Jenis growth strategy antara lain market penetration, market development, product development, dan diversification.
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!