Mungkin banyak dari kita yang belum terlalu familiar dengan istilah “Keyword Cannibalization“, istilah ini merupakan salah satu masalah SEO yang seringkali terjadi dan sangat penting untuk dipahami oleh para pemilik website. Jika kamu seorang pemilik website dan berusaha meningkatkan peringkatnya di mesin pencari, maka kamu harus memperhatikan masalah ini. Jika tidak ditangani dengan baik, keyword cannibalization dapat merugikan website kamu.
Oleh karena itu, pada artikel ini kita akan membahas tentang apa itu keyword cannibalization, contoh, cara mengetahui, dan tips menghindari keyword cannibalization yang tepat.
Daftar isi
Apa itu Keyword Cannibalization?
Keyword cannibalization atau kanibalisasi kata kunci adalah kondisi ketika terdapat beberapa halaman pada sebuah website yang menargetkan kata kunci yang sama dan berpotensi merusak kinerja lalu lintas organik website. Kanibalisasi kata kunci ini dapat terjadi pada beberapa halaman yang baru atau telah lama berada di website kamu.
Kondisi ini seringkali terjadi apabila topik konten yang dibuat pada halaman website memiliki kemiripan dengan target kata kuncinya. Konten yang memiliki kata kunci yang sama justru akan bersaing untuk mendapatkan peringkat terbaik. Google justru tidak dapat menentukan konten mana yang paling relevan dan mendapatkan peringkat tertinggi.
Contoh Keyword Cannibalization
Untuk dapat memperdalam pemahaman kamu mengenai jenis kata kunci ini, berikut adalah beberapa contoh masalah kanibalisasi keyword yang sering terjadi:
1. Peringkat URL yang Selalu Berubah
Apabila kamu mendapati bahwa peringkat suatu kata kunci terus berubah dalam waktu tertentu. Maka, hal tersebut biasanya menunjukkan adanya kanibalisasi kata kunci. Karena Google tidak bisa mengetahui halaman mana yang harus diberi peringkat. Sehingga peringkat URL untuk postingan kamu selalu berubah-ubah.
2. Fluktuasi Peringkat Website
Peringkat URL yang terus berubah karena keyword cannibalization biasanya menyebabkan adanya fluktuasi peringkat pada beberapa kata kunci yang kamu gunakan.
Sebagai contoh, ada satu halaman di website yang mendapatkan lebih banyak tautan daripada halaman lainnya. Namun, ada sinyal yang bertentangan, kondisi tersebut
menunjukkan adanya lalu lintas organik yang bermasalah. Karena hanya salah satu URL yang menempati posisi paling menonjol.
3. Peringkat Kata Kunci
Apabila otoritas tautan kamu terbagi menjadi beberapa halaman atau URL yang berbeda tentu akan menyebabkan kebingungan dalam pemeringkatan. Kondisi ini dapat menyebabkan tidak adanya halaman yang mendapatkan peringkat tinggi.
Apabila peringkat kata kunci tidak mengalami peningkatan dalam waktu yang lebih lama. Maka, kamu bisa melakukan pemeriksaan dengan memanfaatkan tools pelacakan untuk mengidentifikasi kanibalisasi kata kunci.
4. Peringkat URL yang salah
Keyword cannibalization dapat terjadi ketika URL yang salah justru dianggap lebih relevan daripada URL yang kamu harapkan mendapat peringkat tinggi. Hal tersebut akan merusak tingkat konversi. Karena pengguna membuka halaman yang salah tersebut, URL yang salah ini biasanya merupakan halaman yang berbeda atau yang telah diterbitkan pada tahun-tahun sebelumnya.
Cara Mencari Keyword Cannibalization
Kamu bisa melakukan pencarian kanibalisasi kata kunci dengan menggunakan tools pelacakan online sebagai berikut:
A. SEMRush
SEMRush tracking tools bisa menjadi alat pelacakan yang sesuai untuk memantau halaman yang berpotensi mengalami masalah keyword cannibalization. Ada tab cannibalization pada halaman SEMRush yang memudahkan kamu untuk menemukan permasalahan yang terjadi di website.
Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan kata kunci. Kamu bisa menganalisis kata kunci tertentu untuk melihat posisi peringkat beberapa URL. Lakukan analisis dengan mempertimbangkan volume pencarian, taksiran lalu lintas, dan posisi peringkat terkini.
Cara ini cukup efektif untuk menganalisis adanya fluktuasi URL yang mengarah pada permasalahan kanibalisasi. Kamu bahkan bisa melihat riwayat kata kunci untuk tampilan yang lebih luas.
B. Google Search Console
Google Search Console juga merupakan tools untuk mencari kanibalisasi keyword. Kamu bisa membuka laporan kinerja pada halaman Google Search Console untuk melihat daftar URL apa saja yang diberi peringkat.
Tools ini menggabungkan data dan menampilkan rata-rata, sehingga kamu perlu memperhatikan filter lokasi dan perangkat saat menggunakannya. Apabila kamu mendapatkan lebih dari satu URL yang ditampilkan, maka kemungkinan URL tersebut bermasalah dengan kanibalisasi kata kunci.
Tips Menghindari Keyword Cannibalization
Kanibalisasi sering terjadi secara tidak sengaja pada halaman yang baru saja diterbitkan tanpa mengidentifikasi kata kunci yang sama pada halaman sebelumnya. Karena itu, kamu perlu memahami halaman mana yang harus dioptimalkan untuk kata kunci yang sama agar tidak ada kanibalisasi. Berikut tips menghindarinya:
1. Melakukan Keyword Research yang Benar
Sebelum mengunggah konten dalam sebuah halaman website, kamu perlu merencanakan dengan matang konten seperti apa yang ingin kamu buat. Cari tahu juga apakah kata kunci tersebut pernah ada di halaman kamu sebelumnya atau belum untuk menghindari deteksi kanibalisasi kata kunci.
Ada beberapa cara riset keyword yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan keyword yang sesuai dengan target kamu. Misalnya adalah dengan memanfaatkan Google Suggest atau tools lain untuk mendapatkan rekomendasi kata kunci yang tepat.
2. Optimalkan Ulang Halaman Website
Apabila menemukan adanya potensi kanibalisasi kata kunci pada tingkat metadata, maka kamu bisa mengoptimalkan ulang setiap halaman dengan menggunakan variasi kata kunci. Setiap halaman yang bervariasi dan telah kamu optimalkan bisa membantu kamu menghindari permasalahan keyword cannibalization.
3. Membuat Konten Baru Sesuai Intent
Cara mudah untuk menghindari potensi kanibalisasi kata kunci adalah dengan membuat konten baru sesuai dengan intent pengguna. Kamu bisa membuat halaman baru dengan variasi kata kunci untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik.
Sudah Paham Cara Mengatasi Keyword Cannibalization?
Itulah ulasan lengkap seputar keyword cannibalization yang dapat kamu pelajari. Cobalah menerapkan secara perlahan untuk meningkatkan peringkat website kamu di mesin pencari. Apabila masih kebingungan, kamu bisa memanfaatkan jasa SEO untuk membantu menyelesaikan permasalahan seputar peringkat pada website kamu. Kamu juga bisa meninggalkan pesan pada kolom komentar dibawah.
Semoga bermanfaat.
Apa itu keyword cannibalization?
Keyword cannibalization adalah kondisi di mana di dalam satu website terdapat satu kata kunci yang sama pada dua postingan yang berbeda.
Bagaimana cara riset keyword yang benar?
Buatlah daftar topik penting dan relevan dengan bisnis yang kamu jalankan, isi daftar topik dengan keyword yang relevan, serta gunakan tools riset keyword online untuk mendapatkan rekomendasi kata kunci.
Apakah kata kunci harus terdiri dari 1 kata saja?
Tidak selalu. Kata kunci biasanya memuat satu atau dua kata yang mampu memperjelas keseluruhan isi konten di suatu website.
Apa itu keyword stuffing?
Keyword stuffing adalah kondisi di mana kamu memasukkan kata kunci secara berlebihan dan tidak sesuai dengan kebutuhan konten atau artikel di sebuah website.
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!