Memiliki website merupakan suatu awal yang baik bagi sebuah bisnis, termasuk bisnis hotel. Sebagai salah satu media promosi, website memberikan berbagai dampak yang positif .
Dengan website, kamu dapat menampilkan berbagai informasi lengkap mengenai hotel, menjangkau banyak calon pelanggan hingga ke seluruh dunia, serta meningkatkan kredibilitas (kepercayaan) calon pelanggan.
Tetapi saat membuat website, ada beberapa kriteria website yang baik untuk bisnis hotel. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini:
Daftar isi
1. Desain yang Menarik
Hal mendasar yang perlu kamu perhatikan dari website hotel yaitu desain yang digunakan. Sebuah website hotel yang baik memiliki desain yang menarik dan mudah dipahami (user friendly).
Untuk menghasilkan desain yang menarik, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan:
- Sesuaikan dengan konsep hotel (tradisional atau modern).
- Logo hotel.
- Penggunaan warna yang konsisten.
- Jenis tulisan atau font yang akan digunakan (maksimal menggunakan 2 jenis tulisan).
- Foto atau video dengan kualitas yang bagus, tidak pecah (buram), dan kualitas warna yang natural.
Berikut salah satu contoh desain website hotel yang cukup menarik:
Pada gambar diatas, kamu dapat melihat sebuah hotel yang bernama “Red Planet Hotel”. Hotel ini merupakan salah satu hotel dengan konsep yang moderen, sehingga mereka menggunakan gambar-gambar yang cukup memperlihatkan konsep hotel.
Sesuai dengan namanya, mereka konsisten menggunakan tema berwarna merah. Mereka juga menggunakan logo yang simpel (huruf “R” berwarna merah). Serta penggunaan gambar dengan kualitas bagus.
2. Pastikan semua informasi tersedia
Salah satu manfaat adanya website adalah sebagai media informasi yang lengkap mengenai hotel kamu. Sehingga pastikan website kamu menyediakan informasi yang lengkap mengenai hotel.
Jangan sampai, ketika membuka website calon pelanggan hanya menemukan rute menuju alamat hotel dan nomor telepon. Kamu juga harus menampilkan informasi mengenai fasilitas hotel yang kamu sediakan seperti kamar tidur, kolam renang, ruang meeting, ballroom, fasilitas perawatan tubuh, dan fasilitas kebutuhan olahraga.
Kamu juga dapat menambahkan informasi mengenai tempat-tempat umum terdekat yang mungkin akan dibutuhkan oleh pelanggan hotel, misalnya mall, bandara atau rumah sakit.
Dibawah ini salah satu contoh informasi yang ditampilkan di salah satu website hotel:
3. Tambahkan Fungsi Reservasi
Selanjutnya kamu juga bisa menambahkan fungsi reservasi pada website. Fungsi ini akan mempermudah calon pelanggan untuk mereservasi jasa hotel kamu.
Selain itu, hal ini tentu akan membuat kamu dapat mengelola reservasi sendiri tanpa bantuan dari pihak travel yang lain, seperti Traveloka, Airy, atau PegiPegi.
Berikut contoh fungsi reservasi pada website hotel:
4. Atur Responsive Website
Perlu diketahui bahwa, orang yang akan mengakses website kamu dapat menggunakan berbagai device, seperti desktop, tablet, atau smartphone. Kamu harus memastikan bahwa tampilan website tetap bagus walaupun di akses melalui device apapun.
Maka dari itu, kamu perlu mengatur responsive website. Responsive website dapat membuat tampilan website tetap bagus jika di akses di berbagai device.
Ada 3 langkah dasar yang perlu kamu lakukan saat mengatur responsive website:
- Definisikan meta tag untuk desain responsive.
- Tentukan struktur HTML.
- Membuat media query di CSS untuk memerintahkan browser.
Kamu dapat membaca artikel sebelumnya mengenai 3 langkah dasar membuat web responsive untuk penjelasan tiga langkah diatas. Atau jika kamu ragu untuk melakukannya, Whello sebagai agensi digital marketing menyediakan jasa pembuatan website yang sudah dilengkapi dengan pengaturan responsive website. Dengan senang hati, Whello siap membantu kamu.
5. Fitur Multi Language
Untuk menjangkau calon klien secara global, kamu harus menyediakan fitur multi language pada website. Fitur ini akan menerjemahkan isi website dari suatu bahasa ke bahasa lain. Misalnya dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris.
Tujuan adanya fitur ini yaitu agar pengunjung dapat memilih bahasa yang mereka pahami ketika mengakses website.
Dibawah ini, salah satu website yang menyediakan fitur multi language:
Jadi, apakah kriteria di atas sudah ada pada website hotel kamu? Sudahkah website hotel kamu termasuk dalam kategori website hotel yang baik?
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!