Banyak media sosial yang saat ini digunakan untuk keperluan bisnis. Salah satunya adalah LinkedIn. Melalui LinkedIn, kamu bisa menyebarkan berbagai informasi penting mengenai perusahaan kamu.
Selain itu, LinkedIn memiliki profil yang bisa diisi tentang karir dan keprofesionalitasan yang sudah dilalui. Sehingga banyak yang memanfaatkan media sosial ini untuk mendapatkan pekerjaan. Tidak hanya bermanfaat untuk personal, tetapi juga untuk perusahaan.
Daftar isi
Manfaat LinkedIn Untuk Bisnis
Berikut adalah manfaat LinkedIn untuk bisnis yang harus kamu ketahui terutama untuk pebisnis guna memajukan bisnis kamu.
1. Tempat Membagikan Lowongan
Seperti dijelaskan sebelumnya, aplikasi ini banyak digunakan untuk bertukar informasi. Kelebihan dibandingkan media sosial lainnya adalah LinkedIn lebih cocok untuk informasi bisnis kamu karena ada fitur profil pekerjaan atau perusahaan yang dapat diisi secara lengkap.
Dengan demikian, LinkedIn akan membuat bisnis kamu lebih profesional. Informasi yang kamu bagikan di LinkedIn yaitu lowongan pekerjaan.
Banyak para pencari kerja yang menggunakan LinkedIn untuk menemukan lowongan pekerjaan yang tepat. Oleh sebab itu, kamu sebagai pebisnis dapat memanfaatkan ini untuk mencari karyawan yang tepat untuk membuat perusahaan menjadi lebih maju.
2. Employer Branding
Manfaat selanjutnya dari LinkedIn yaitu dapat memberikan Employer Branding bagi perusahaan. Yang dimaksud Employer Branding adalah meningkatkan branding perusahaan kepada orang banyak sehingga kualitas perusahaan dinilai lebih.
Citra perusahaan menjadi lebih bagus sehingga memudahkannya untuk berkembang. Konsumen lebih banyak mempercayai perusahaan tersebut dan ini bisa dijadikan strategi untuk mengalahkan kompetitor lainnya.
Di LinkedIn, kamu bisa melakukan branding dengan memberikan gambaran tentang visi dan misi perusahaan, budaya perusahaan, sampai dengan karyawannya.
Para karyawan bisa membuat LinkedIn dengan mencantumkan profil dan pekerjaannya. Dengan begitu, semua pekerja bisa ditautkan ke LinkedIn perusahaan sehingga akan terlihat siapa saja yang bekerja di perusahaan tersebut.
LinkedIn akan memberikan gambaran nilai perusahaan kepada orang yang mencari kerja. Kamu juga bisa memanfaatkan iklan yang ada di aplikasi ini untuk memperoleh karyawan yang berkualitas.
3. Memudahkan Menyeleksi Karyawan
Setiap perusahaan pasti menginginkan tenaga kerja yang profesional untuk mendukung perusahaan. Hal ini sejalan dengan tingginya industrialisasi saat ini yang membuat perusahaan berlomba-lomba memenangi persaingan yang ketat.
Oleh sebab, tenaga kerja yang dipilih tidak boleh sembarangan. Kamu bisa lebih mudah melakukan seleksi jika menggunakan LinkedIn.
Hal ini karena sudah ada berbagai fitur pendukung yang membuat penyeleksian menjadi lebih mudah meskipun banyak orang yang melamar.
4. Media Marketing B2B
Manfaat LinkedIn untuk bisnis lainnya yaitu sebagai sarana marketing atau pemasaran. Aplikasi ini sudah diunduh berjuta-juta penggunanya. Selain itu, sebanyak 22.072.000 masyarakat Indonesia menggunakan LinkedIn di bulan Juli 2022.
Sumber: NapoleonCat
Hal ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi pebisnis untuk menggunakan aplikasi ini sebagai strategi pemasarannya. Banyak yang akhirnya membuat iklan di LinkedIn agar mendapatkan tenaga kerja yang profesional.
Untuk memudahkannya, perusahaan dapat memanfaatkan digital marketing Indonesia yang sudah teruji dan memiliki pengalaman yang profesional. Dengan melakukannya, kamu sudah menjalankan B2B (Business to Business) untuk mendapatkan kerjasama untuk pebisnis lain.
5. Media Marketing B2C
Manfaat lainnya yaitu marketing B2C (Business to Customer) yang artinya media marketing yang digunakan untuk memasarkan produknya ke pelanggan.
Penggunaan LinkedIn ini dapat bermanfaat sebagai jaringan B2C yang baik untuk berkembangnya bisnis (sumber: Social Media Today).
Sangat bermanfaat untuk memasarkan produk menggunakan aplikasi ini sehingga penjualan menjadi meningkat. Ini bahkan dilakukan dengan mengirimkan pesan personal kepada target pasarnya.
Bisnis dapat terhubung langsung dengan pengikut dari akun LinkedIn bisnis yang kamu miliki. Dengan demikian, kamu dapat memberikan konten soft selling kepada para pengikut akun agar pengguna dapat melihat apa yang kamu tawarkan dan akhirnya tertarik membeli.
Aplikasi ini banyak digunakan oleh usia produktif mula dari 24 tahun sampai 50 tahunan. Oleh sebab itu, kamu perlu merencanakan strategi marketing yang baik agar bisa mendapatkan perhatian dari pengguna.
6. Alat Untuk Meningkatkan Eksposur
Manfaat selanjutnya dari LinkedIn yaitu membantu perusahaan untuk meningkatkan Eksposur. Di akun bisnis, kamu dapat membuat halaman yang berisi tentang produk dan layanan yang ditawarkan.
Pengguna akun LinkedIn lainnya bisa dijadikan sebagai calon pelanggan yang potensial karena beberapa orang mungkin akan melihat layanan yang kamu tawarkan dan akhirnya tertarik. Jika banyak pengguna yang melihat halaman bisnis kamu, ini akan membuat traffic meningkat.
Alhasil, eksposur dari LinkedIn dapat berhasil dan membuat situs menjadi lebih mudah ditemukan di internet. Algoritma juga akan membuat website kamu menjadi di halaman page 1 google.
Tentu ini akan membuat bisnis kamu menjadi lebih mudah dikenal dan peningkatan penjualan semakin tinggi.
7. Sebagai Riset Bisnis
Manfaat terakhir dari LinkedIn untuk bisnis yaitu dapat dijadikan sebagai riset dan analisis perkembangan bisnis. Hal ini karena, dari LinkedIn, kamu bisa melihat siapa pengguna yang telah melihat profil perusahaan kamu dan berapa banyak di klik.
Melalui informasi tersebut, kamu bisa mengetahui siapa pelanggan yang bisa dijadikan sebagai target pasar, usia, jenis kelamin, sampai dengan latar belakang pendidikan jika kamu ingin mencari lowongan pekerjaan.
Setelah diketahui data tersebut, kamu bisa merencanakan strategi pemasaran yang baik dan cocok untuk target pasar yang sudah kamu temukan.
Selain itu, perlu untuk melakukan follow up kepada pelanggan dengan terus memberikan informasi produk terbaru agar menjadi pelanggan setia.
Tips Pakai LinkedIn untuk Bisnis
Setelah mengetahui apa saja manfaatnya, kamu juga perlu memperhatikan beberapa tips agar bisa membuat LinkedIn dengan baik yang ditujukan untuk bisnis, tipsnya antara lain sebagai berikut:
- Atur informasi awal untuk membangun branding. Contohnya dengan mengisi profil, kualifikasi, riwayat pendidikan, pengalaman, pencapaian, dan informasi lainnya. Nantinya, secara otomatis algoritma LinkedIn akan membantu kamu
- untuk memberikan daftar orang dengan bisnis yang serupa untuk menambah koneksi.
- Setelah membuat profil pribadi, kamu juga perlu mengatur profil perusahaan. Caranya adalah dengan membuat halaman perusahaan. Pastikan agar perusahaan terlihat meyakinkan dan memiliki kredibilitas yang baik.
- Tips selanjutnya adalah memberikan informasi kontak agar calon pelanggan bisa menghubungi kamu ketika ingin membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan.
- Ikuti kelas atau pelatihan cara membangun profil LinkedIn dengan baik agar terlihat lebih profesional. Kamu juga bisa berkonsultasi pada agensi digital marketing yang membantu perusahaan kamu semakin berkembang.
- Buatlah iklan menarik perhatian pengguna dengan konten yang memiliki ide fresh dan relate dengan apa yang banyak dibicarakan saat ini.
Sudah Menggunakan LinkedIn?
Itulah manfaat LinkedIn untuk bisnis yang perlu diketahui oleh perusahaan agar bisa memaksimalkan potensi dari aplikasi ini. Isi data lengkap dari fitur yang diberikan LinkedIn agar membuat perusahan tampak lebih profesional.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Tips Optimasi Location Landing Page untuk SEO
Pelajari cara mengoptimasi location landing page untuk SEO. Temukan tips dan trik yang dapat membantu meningkatkan peringkat di sini!
Apakah NAP Citations Menjadi Ranking Factor? Ini Jawabannya!
Apakah NAP citations menjadi faktor penentu peringkat? Baca penjelasan lengkapnya dan ketahui bagaimana cara kerjanya di sini!
Content Pruning, Pemangkasan Konten untuk Tingkatkan SEO
Pelajari cara pemangkasan konten dapat meningkatkan SEO situs kamu. Dapatkan panduan lengkap untuk mengelolanya di sini!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!