SEO atau Search Engine Optimization adalah salah satu penggunaan kata kunci atau keyword yang biasanya digunakan pada artikel maupun blog.
Beberapa orang tidak bisa menentukan sendiri untuk kata kunci yang bisa disesuaikan untuk blog, namun wajib melakukan riset untuk mengetahuinya. Lalu, apa pentingnya menggunakan local keyword research?
Daftar isi
Alasan Menggunakan SEO untuk Blog dan Artikel
Ada banyak alasan mengapa beberapa orang yang memiliki blog maupun memiliki website harus melakukan riset maupun kata kunci sebelum membuat sebuah blog.
Sebab, hal ini nantinya akan berhubungan dengan banyaknya jumlah penonton atau pengunjung yang akan berdatangan ke website maupun blog yang kamu buat nantinya.
Keyword dan SEO sendiri adalah salah satu elemen yang bahkan tidak pernah bisa dipisahkan, keyword sendiri menjadi salah satu sumber dari traffic organic pada saat beberapa pengguna di internet mencari dan menemukan kata kunci. Kemudian, kata kuncinya tersebut secara otomatis memberikan informasi terkait keyword yang akan digunakan pada search engine yang relevan.
Keyword sendiri memiliki beberapa jenis dan macamnya. Sehingga para pemilik website diharuskan untuk paham akan jenis kata kunci apa saja yang akan mereka riset.
Apabila mereka salah dalam menentukan jenis keyword yang akan digunakan, maka akan sangat berpengaruh besar terhadap traffic blog yang akan digunakan kedepannya. Sehingga strategi SEO memang wajib untuk diperhatikan dengan baik dan benar.
Ditambah lagi algoritma mesin pencari terlebih lagi untuk Google yang akan sering berubah setiap waktu. Sehingga nantinya harus dilakukan optimasi secara berkala. Bagaimanakah cara melakukan optimasinya? Caranya bisa dilakukan dengan menerapkan keyword atau kata kunci yang tepat sehingga akan tetap akan mendapatkan traffic dari pengunjung.
Bagaimana Cara Melakukan Riset untuk Local Keyword?
Ada banyak orang yang belum paham terkait bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk melakukan riset keyword maupun melakukan local keyword research, berikut cara melakukannya:
1. Mempelajari Niche yang Dimiliki
Niche adalah topik dari konten yang akan dibuat, hal ini dilakukan agar semua orang bisa mendapatkan ide diluar dari topik atau out of the box.
Mengetahui Niche website dilakukan untuk mengatur SEO atau pemasaran yang nantinya akan dilakukan kedepannya.
Untuk beberapa cara maupun tips yang bisa dilakukan untuk memahami niche dalam proses riset keyword diantaranya adalah:
- Melakukan interaksi dengan pengunjung yang sudah setia dengan halaman website maupun blog yang kamu miliki. Kamu bisa menanyakan terkait istilah apa saja yang akan digunakan pada saat mencari produk maupun perusahaan yang akan dipilih nantinya.
- Mencoba untuk memahami sisi dari perspektif penonton atau seseorang yang berkunjung pada website yang kamu miliki.
- Kamu bisa bergabung juga dengan beberapa komunitas online topik maupun niche secara online. Hal ini nantinya juga dapat dilakukan melalui forum yang tersebar luas di sejumlah sosial media.
2. Mencoba Membuat Keyword yang Relevan
Kedua, setelah nantinya kamu mulai mencoba untuk mencari topik atau niche yang akan digunakan, maka Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah membuat beberapa daftar istilah dari topik yang dibuat.
Sebagai contohnya apabila kamu berjualan pakaian dengan jenis batik, maka kamu bisa membuat beberapa keyword tambahan seperti jual batik murah, batik Wanita Solo, batik Wanita Jogja, dan lain sebagainya.
Melakukan pencarian atau riset keyword ini dilakukan memang untuk membantu dalam mempermudah pencarian beberapa orang yang akan menemukan kata kunci yang sedang atau akan dicari kedepannya.
Sangat disarankan untuk membuatnya sebanyak mungkin untuk mendapatkan jumlah pengunjung yang lebih banyak saat mendatangi website maupun blog yang kamu miliki.
3. Membuat Daftar Seed Keyword
Setelah nantinya menemukan beberapa keyword yang relevan dengan topik yang akan dibuat, maka Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah membuat seed keyword. Apa itu seed keyword?
Seed keyword sendiri adalah kata kunci unggulan dari beberapa keyword yang sudah dibuat sebelumnya.
Seed keyword ini sendiri juga cukup penting karena nantinya akan menjadi salah satu dasar riset keyword. Seed keyword sendiri juga akan membantu untuk mengetahui siapa saja kompetitor maupun pesaing yang ada di topik yang akan digunakan.
Dengan cara ini, maka kamu bisa mengetahui apa sajakah titik kelemahan dari pesaing atau competitor kamu dalam dunia internet maupun dunia blog.
4. Menggunakan Keyword Tools yang Terbaik
Kemudian, jangan lupa untuk menggunakan keyword tools yang berkualitas. Hal ini dilakukan untuk mendukung keyword research yang akan digunakan. Apalagi saat ini sudah banyak keyword tools yang bisa digunakan. Untuk beberapa keyword tools seperti Ahrefs, SEMrush, Ubersuggest, Google Keyword Planner, dan lain sebagainya.
Baca juga: 12 Tools Gratis Untuk Riset Keyword
Nantinya kamu bisa menentukan mana yang menurut kamu nyaman untuk digunakan. Kamu sangat disarankan untuk menggunakan keywords saat kamu melakukan riset dengan baik dan benar.
Apalagi dengan menggunakan keyword tools, kamu juga bisa memahami beberapa volume kesulitan untuk mengetahui halaman pertama pada tampilan Google.
5. Mencari Tahu Terkait Kompetitor
Melakukan riset keyword yang harus dilakukan juga wajib untuk paham akan kompetitornya. Hal ini dilakukan agar nantinya kamu bisa mendapatkan peringkat paling atas pada halaman utama Google.
Apabila kamu nantinya paham terkait competitor yang akan kamu pahami dalam Google sendiri, maka kamu dapat memahami strategi SEO yang kuat. Hal ini juga dapat dipahami apabila kamu sedang melakukan pencarian atau riset keyword dengan melakukan keyword tools.
Tentunya semakin sedikit keyword difficulty atau kesulitan dalam pencarian keyword, maka akan semakin besar juga pastinya peluang untuk dapat masuk pada halaman pencarian Google paling utama.
Itulah informasi yang bisa kamu lakukan apabila kamu memiliki sebuah blog maupun website. Seluruh informasi di atas adalah informasi yang nantinya akan membantu kamu untuk meningkatkan traffic atau jumlah pengunjung pada website yang akan dibuat. Semoga informasi di atas membantu dan bermanfaat, apabila nantinya kamu ingin menggunakan salah satu jasa untuk meningkatkan traffic pada website maupun blog yang kamu miliki, maka kamu bisa mempercayakannya pada jasa local SEO yang ditwarkan oleh Whello, atau tinggalkan pesan pada kolom komentar dibawah.
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!