Dalam dunia pemasaran digital, optimasi iklan menjadi hal penting untuk mencapai hasil yang maksimal. Performance Planner adalah alat yang inovatif dan efektif dalam membantu perencanaan dan pengelolaan kampanye iklan secara lebih efisien.
Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian Performance Planner, cara kerja, keuntungan, cara menggunakan, dan alasan mengapa perlu memanfaatkannya.
Daftar isi
Pengertian Performance Planner
Performance Planner adalah alat perencanaan yang memungkinkan pengiklan untuk merencanakan kampanye iklan mereka dengan lebih efisien.
Alat ini memanfaatkan data historis kampanye dan tren pasar untuk memberikan perkiraan tentang bagaimana perubahan dalam anggaran iklan dapat mempengaruhi kinerja kampanye di masa mendatang. Dengan kata lain, Performance Planner membantu mengoptimalkan strategi iklan agar mencapai tujuan yang diinginkan.
Alasan Untuk Menggunakan Performance Planner
Alasan untuk menggunakan Performance Planner dalam kampanye pemasaran kamu adalah sebagai berikut:
A. Memberikan Wawasan Berbasis Data
Sebelumnya, kamu mungkin telah mengubah kampanye kamu dan memperkirakan apa yang akan berhasil dan apa yang tidak berhasil. Namun, sebenarnya kamu dapat menghilangkan dugaan tersebut melalui performance planner.
Performance planner akan memberi kamu wawasan berbasis data tentang bagaimana variasi berdampak pada kampanye Google Ads kamu. Memiliki informasi tersebut akan membantu kamu untuk membuat keputusan yang memberikan hasil yang lebih konkrit.
B. Memprediksi Hasil Sebelum Melakukan Perubahan
Sehubungan dengan poin pertama, menjalankan kampanye Google Ads seringkali mengharuskan kamu untuk bereksperimen dengan taktik baru untuk menemukan cara memaksimalkan anggaran yang digunakan.
Meskipun ini akan membantu kamu mengidentifikasi strategi yang efektif, namun ada juga risiko yang dapat berdampak negatif pada performa iklan bisnis kamu.
Perencana Performa Iklan Google ini juga akan menghindarkan kamu dari menempatkan performa PPC dalam bahaya dengan memberikan kemungkinan hasil bahkan sebelum kamu mempublikasikan perubahan yang kamu inginkan.
Ini memberimu gambaran tentang bagaimana penyesuaian berdampak pada anggaran Google Ads dan ROI PPC kamu. Pada akhirnya, ini memungkinkan kamu mengubah pengaturan kampanye dan mengetahui berbagai hasil yang diberikannya dengan lebih mudah dari sebelumnya.
C. Membantu Memaksimalkan Iklan Musiman
Salah satu manfaat paling signifikan dari menggunakan Performance Planner adalah memiliki akses ke prakiraan musiman. Perubahan musiman sering kali menimbulkan ketidakpastian, tetapi alat Google Ads ini membantu kamu mengidentifikasi peluang pertumbuhan untuk kampanye, bahkan selama periode yang secara historis lambat atau musiman.
D. Membantu Mencapai Pengembalian Tertinggi pada Anggaran Iklan Google
Alasan selanjutnya yaitu membantu memastikan kamu menggunakan anggaran untuk penyesuaian kampanye yang memberikan ROI PPC terbaik. Hal ini dilakukan dengan menunjukkan bagaimana penyesuaian kampanye kamu akan membebani kamu dan apakah investasi tambahan dapat memberimu hasil yang lebih baik.
Performance planner juga menyarankan apakah kamu perlu meningkatkan anggaran dan menunjukkan bagaimana hal tersebut dapat mengoptimalkan kampanye PPC.
Secara keseluruhan, Performance Planner memungkinkan kamu untuk menetapkan anggaran Google Ads terbaik untuk kampanye PPC sehingga kamu dapat memaksimalkan investasi dan menangkap peluang pertumbuhan yang baru.
Bagaimana Cara Performance Planner Bekerja?
Untuk memberikan estimasi yang paling tepat, Performance Planner telah mempertimbangkan banyak permintaan pencarian yang biasanya diperbarui setiap 24 jam.
Performance Planner melakukan simulasi pelelangan iklan yang relevan selama 7-10 hari terakhir, mencakup variabel seperti musim, kegiatan pesaing, dan halaman arahan.
Setelah menjalankan simulasi dan menghimpun data, akurasi estimasi Performance Planner dinilai dengan melibatkan kampanye dalam performa akhir, dan Google AI digunakan untuk menyempurnakan estimasi kamu.
Keuntungan Menggunakan Performance Planner
Manfaat dari penggunaan Performance Planner mencakup:
- Evaluasi kinerja bulanan dan 3 bulan kampanye yang diproyeksikan kamu.
- Memperoleh rekomendasi yang dapat meningkatkan kinerja kampanye kamu tanpa tambahan biaya.
- Memahami dampak perubahan pengaturan kampanye terhadap anggaran dan tujuan kinerja kamu.
Cara Menggunakan Performance Planner Pada Google Ads
Untuk meningkatkan kinerja PPC kamu dengan menggunakan Google Ads Performance Planner, kamu perlu membuat rencana simulasi. Berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti:
1. Akses Akun Iklan Google kamu.
2. Klik ikon Alat dan pilih “Performance Planner”
3. Tekan tombol tambah untuk membuat rencana baru.
4. Pilih kampanye yang ingin kamu sertakan dalam rencana.
5. Selanjutnya, tentukan rentang tanggal dan metrik utama yang diinginkan.
Perlu diperhatikan bahwa kamu masih dapat mengubah rentang tanggal dan metrik utama setelah Performance Planner memberikan hasil awal, yang memberi kamu fleksibilitas untuk kembali dan melakukan penyesuaian nantinya.
6. Klik “Buat Rencana”
Setelah kamu melakukan ini, kamu akan diarahkan ke halaman di mana kamu akan melihat rangkuman rencana kamu.
Titik abu-abu pada grafik prakiraan menunjukkan kinerja yang diprediksi berdasarkan pengaturan kampanye yang ada, sedangkan titik biru menunjukkan kinerja yang diprediksi berdasarkan pengaturan yang kamu rencanakan.
7. Klik “Tingkatkan Rencana”
Di sini, Perencana Iklan Google membuat perkiraan berdasarkan rekomendasi tawaran dan anggaran yang optimal, sehingga kamu dapat memaksimalkan konversi tanpa meningkatkan pengeluaran.
8. Klik “Bandingkan”
Hal ini memungkinkan kamu atau manajer akun Google Ads melihat pengeluaran, konversi, dan biaya per tindakan (CPA) rata-rata yang dibandingkan di semua setelan yang ada, setelan yang direncanakan, dan kinerja kampanye kamu sebelumnya.
9. Sertakan target
Menambahkan “Target” bersifat opsional, tetapi jika kamu memiliki target volume konversi, pengeluaran, atau BPA rata-rata, pertimbangkan untuk menambahkannya. Dengan memasukkan target CPA atau ROAS (laba atas belanja iklan), Google Ads Planner dapat menyesuaikan potensi pengeluaran untuk membantu kamu mencapainya.
10. Unduh hasil
Meskipun kamu dapat menggunakan Performance planner Iklan Google Ads untuk mendapatkan prakiraan, perhatikan bahwa perubahan tidak akan ditambahkan ke akun Google Ads kamu secara otomatis. Kamu harus mengunduh file dan mengunggahnya melalui Google Ads Editor untuk menerapkannya.
Sudah Tahu Cara Menggunakan Performance Planner?
Dengan menggunakan Performance Planner, pemilik iklan dapat merencanakan dan mengelola kampanye iklan mereka dengan lebih cerdas, efisien, dan responsif terhadap perubahan pasar.
Dengan demikian, alat ini menjadi kunci untuk meningkatkan produktivitas dan mencapai hasil yang diinginkan dalam dunia pemasaran digital yang kompetitif.
Dalam menjalankan kampanye iklan Google Ads, memilih jasa iklan Google Ads yang tepat adalah langkah penting untuk memastikan kesuksesan. Misalnya layanan Google Ads dari Whello Indonesia. Whello tidak hanya menawarkan keahlian dalam mengelola kampanye, tetapi juga dapat membantu kamu memasang iklan di Google Ads dan mencapai performa maksimal.
Dengan pendekatan yang teruji dan strategi yang inovatif, Whello dapat membantu kamu memanfaatkan anggaran Google Ads dengan tepat, sehingga setiap investasi iklan tidak akan sia-sia. Jika kamu menginginkan hasil yang maksimal dan berkelanjutan dalam dunia pemasaran digital, hubungi kontak Whello sekarang dan berdiskusi dengan salah satu tim profesional Whello.
Apakah Performance Planner dapat digunakan untuk semua jenis kampanye iklan?
Ya, Performance Planner dapat digunakan untuk berbagai jenis kampanye, termasuk kampanye pencarian, tampilan, dan video.
Berapa akuratnya prediksi kinerja yang diberikan oleh Performance Planner?
Akurasi prediksi dapat bervariasi, tetapi semakin banyak data historis yang tersedia, semakin akurat prediksinya.
Apakah saya dapat mengubah anggaran kampanye kapan saja?
Ya, kamu dapat mengubah anggaran kampanye kapan saja berdasarkan hasil eksperimen dan perubahan dalam strategi pemasaran.
Apakah Performance Planner dapat digunakan oleh pemula dalam pemasaran digital?
Ya, Performance Planner dirancang untuk digunakan oleh pengiklan dari berbagai tingkat pengalaman, termasuk pemula.
Boost omset penjualan di website kamu dengan SEA!
Maksimalkan omset bisnismu dan dapatkan keuntungan dengan strategi SEA yang tepat. Mulai konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!