Content marketing merupakan salah satu strategi marketing (pemasaran) secara online yang berfokus dalam merencanakan, membuat dan mendistribusikan konten yang relevan, konsisten, dan mampu menarik perhatian audience (pembaca) sehingga membuat mereka tertarik menggunakan produk atau jasa bisnis kamu.
Apakah content marketing penting bagi bisnis online? Jawabannya adalah “sangat penting”. Lyfe Marketing mengatakan bahwa 78% customer mengetahui sebuah bisnis melalui artikel dibandingkan iklan. Selain itu, 70% customer lebih percaya dengan sebuah bisnis yang menyediakan berbagai jenis konten. Disinilah perang bagaimana kita memaksimalkan content marketing, terlebih jika kita menggunakan jasa SEO.
Sumber: Lyfe Marketing
Saat melakukan content marketing, dibutuhkan strategi yang tepat supaya mampu menarik banyak calon customer. Berikut 5 strategi content marketing penting untuk kamu ketahui:
Daftar isi
Strategi Content Marketing
Saat ini, content marketing telah menjadi salah satu strategi pemasaran digital yang paling efektif. Dengan menciptakan dan mendistribusikan konten yang tepat, kamu dapat menarik perhatian audiens kamu, membangun kredibilitas, dan meningkatkan konversi. Namun, bagaimana cara melakukan content marketing dengan benar?
Berikut strategi content marketing yang bisa kamu coba dalam untuk menarik audiens:
1. Tentukan Tujuan Marketing Kamu
Saat melakukan content marketing, kamu akan dituntut untuk membuat konten yang relevan dengan bisnis kamu, tujuannya untuk menyakinkan dan menumbuhkan brand awareness yang baik terhadap pembaca, sehingga mereka tertarik untuk menggunakan bisnis kamu.
Dengan mengetahui tujuan marketing akan mempermudah kamu untuk menciptakan konten yang relevan. Misalnya ketika kamu sudah menetapkan tujuan marketing kamu untuk menjual jasa website, berarti kamu harus mampu menciptakan konten yang berkaitan dengan website.
2. Tentukan Buyer Persona
Sebelum melakukan content marketing, kamu juga harus mengetahui target audiens atau biasa dikenal dengan buyer persona. Karena ketika melakukan content marketing, konten yang kamu buat juga harus memenuhi kebutuhan target audiens.
Dengan membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan target audiens, maka akan mempermudah kamu untuk menarik perhatian mereka, sehingga mereka tertarik menggunakan produk atau jasa yang kamu tawarkan.
Bagaimana cara mengetahui buyer persona?
Untuk mengetahui buyer persona kamu bisa memasang kode Google Analytic di website kamu. Dengan Google Analytic kamu bisa mengetahui beberapa data mengenai audiens atau visitor website kamu seperti umur, gender, halaman website yang sering dikunjungi audiens dan sebagainya.
3. Buat Konten yang Berkualitas dan Sesuai Tren
Membuat konten yang berkualitas, satu hal yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengetahui topik yang sedang trending di mesin pencari Google. Untuk mengetahuinya, kamu bisa menggunakan Google Trends.
Setelah mengetahui topik yang sedang tren, langkah selanjutnya yaitu memilih dan menyesuaikan topik yang sedang tren tersebut dengan bisnis kamu.
Misalnya bisnis kamu mengenai jasa digital marketing, sedangkan tren saat ini berbicara mengenai “Affiliate Marketing”, sehingga content marketing yang bisa kamu lakukan yaitu membuat artikel mengenai Affiliate Marketing.
Ketika membuat konten, ada beberapa tipe-tipe konten yang bisa kamu buat agar konten kamu lebih bervariasi. Tujuannya adalah supaya lebih banyak menarik perhatian audiens (pembaca) dan pembaca tidak bosan dengan konten kamu.
Berikut beberapa tipe konten yang bisa kamu :
- E-Book.
- Infografis.
- Video.
- Audio.
- Artikel Blog.
- Webinar.
- Slide presentasi.
Baca juga: Tips Menulis Konten Berkualitas untuk Optimalisasi SEO.
4. Distribusikan Konten Kamu
Setelah menghasilkan konten yang berkualitas dan sesuai dengan target audiens kamu, langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan yaitu mendistribusikan (promosi) konten kamu.
Untuk mendistribusikan konten, kamu bisa memanfaatkan berbagi platform media sosial, blog pribadi atau berbagai forum diskusi yang sesuai dengan bisnis kamu.
Alangkah baiknya jika kamu mendistribusikan konten kamu pada semua jenis platform agar lebih banyak diketahui oleh banyak orang. Semakin banyak orang yang mengetahui konten yang kamu buat, maka semakin mudah untuk kamu menemukan calon klien.
5. Evaluasi Konten
Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan yaitu mengevaluasi konten yang telah kamu distribusikan. Evaluasi konten dapat menjadi acuan untuk membuat konten selanjutnya agar kualitas konten kamu terus meningkat.
Bagaimana caranya? Kamu bisa menggunakan platform Google Analytic. Di Google Analytic, kamu bisa melihat perkembangan website setelah melakukan content marketing. Misalnya seperti data mengenai banyak audiens yang membaca halaman artikel mengenai Affiliate Marketing. Setelah melihat hasil analytic, maka kamu bisa mengoptimalkan halaman tersebut ketika membuat konten berikutnya.
Strategi Content Marketing Mana Yang Akan Kamu Coba?
Itulah 5 strategi content marketing yang dapat menjadi panduan kamu ketika melakukannya. Apakah sebelumnya kamu sudah pernah melakukan content marketing? Strategi seperti apa yang biasa kamu lakukan? Yuk diskusikan di kolom komentar dibawah ini.
Selain itu, jika kamu masih kurang paham tentang periklanan di dunia digital marketing, kamu bisa meminta bantuan dari tim profesional seperti Whello. Whello adalah full-service digital marketing agency yang sudah berpengalaman telah membantu mengembangkan bisnis di berbagai industri.
Dengan menggunakan jasa performance marketing dari Whello, kamu dapat menghemat waktu dan mendapat hasil yang memuaskan. Yuk coba konsultasi dengan Whello untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap sesuai dengan apa yang kamu butuhkan!
Apa itu content marketing?
Content marketing adalah strategi pemasaran di mana bisnis menciptakan dan mendistribusikan konten berharga untuk menarik dan mempertahankan audiens.
Bagaimana cara melacak kesuksesan content marketing?
Kamu dapat melacak kesuksesan dengan memantau metrik seperti website traffic, tingkat konversi, dan interaksi pengguna dengan konten.
Apakah content marketing efektif untuk semua jenis bisnis?
Ya, content marketing bisa efektif untuk berbagai jenis bisnis, tetapi strategi perlu disesuaikan dengan tujuan dan audiens masing-masing.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!