Tips Backlink Berkualitas untuk SEO Berkualitas

2 minutes

Jika pada tips sebelumnya membahas tentang apa dan bagaimana cara link building, maka pada tips kali ini akan lebih fokus membahas bagaimana cara mendapatkan backlink yang berkualitas. Bedanya link building dengan backlink apa sih? Nah, jika kita tarik dalam sebuah hirarki maka letak link building berada diatas backlink, dalam artian link building membangun backlink. Secara teori link building adalah praktek SEO untuk melakukan aktifitas membangun link guna meningkat popularitas sebuah  website, biasanya aktifitas yang dilakukan seperti mengomentari blog lain atau forum dan mencantumkan alamat website. Sementara backlink adalah sebuah tautan link text yang mana jika kamu klik maka akan mengarah pada sebuah halaman website.

Terus bagaimana caranya website kamu mendapatkan backlink? Nah, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan backlink yang berkualitas dan tidak menciptakan kesan spammer.

1. Tempatkan Backlink Pada Website dengan Otoritas Nilai yang Tinggi

Jika diibaratkan, kamu adalah seorang pelamar kerja dan anggaplah mesin pencari adalah HRD. Maka langkah pertama yang akan kamu persiapkan adalah CV yang menarik perhatian personalianya, namun bagaimana jika kamu memiliki banyak koneksi orang dalam yang memiliki otoritas tinggi dikantor tersebut yang merekomendasikan kamu, bukankah kamu akan lebih dipermudah masuk ke kantor tersebut? dan bagaimana jika yang merekomendasikan kamu mempunyai otoritas rendah dikantor? apakah peluang kamu besar untuk menjadi pegawai tersebut? Nah, begitu juga dengan backlinkbacklink yang  berkualitas adalah jika website yang ingin kamu targetkan memiliki nilai yang baik, dengan cara melihat pagerank website tersebut, semakin tinggi maka nilai backlinknya yang akan ditanam juga semakin berkualitas.

2. Gunakan Backlink dengan anchor text keyword yang kita targetkan

Jika kamu mentargetkan website kamu dengan kata kunci “jual baju murah” maka gunakanlah kata-kata tersebut pada anchor text diexternal link website kamu. Namun kamu juga bisa menggunakan keyword yang terkait seperti sinonimnya misalkan pakaian murah, seragam murah dan sebagainya.

3. Menanam Backlink dengan Konten yang Informatif

Hindarilah kata-kata yang diulang terus-menerus, terlalu singkat dan tidak memberikan informasi apapun.

4. Pantau Sumber Backlink Kompetitor

Lebih seringlah memantau sumber backlink  dari kompetitor kamu, melalui situs-situs penilai backlink, ada beberapa tools yang bisa kamu gunakan seperti Alexa, Aherfs, Moz,  Semrush dan Majestic SEO.

5. Cari Sumber Backlink Dari Letak Geografis yang Berbeda

Kamu bisa mendapatkan sumber backlink dari forum atau blog dari negara berbeda bukan hanya dari forum atau blog lokal saja. Hal ini berguna agar backlink yang kamu tanampun semakin dikenal.

6. Backlink Dofollow dan Nofollow

Nah, perbedaan backlink dofollow dan nofollow terletak pada nilai yang diberikan terhadap dua link tersebut, ketika mesin pencari membaca sebuah backlink, link tersebut akan dianalisa apakah link nofollow atau dofollow, jika link tersebut adalah sebuah backlink dofollow maka mesin pencari menghitungnya sebagai sebuah point untuk halaman yang dirujuknya, kemudian akan diakumulasikan dengan backlink lain yang sudah diperoleh oleh halaman rujuknya tersebut. Memperhitungkan berapa banyak backlink yang merujuk pada halaman tersebut dan datang dari situs seperti apa backlink tersebut berasal. Sedangkan jika backlink tersebut adalah backlink nofollow, maka link tersebut tidak akan dihitung sebagai sebuah point, link nofollow tidak berarti apa-apa dimata mesin pencari, tapi meskipun meskipun link nofollow tidak dapat mempengaruhi pagerank setiap halaman, link ini tetap masih memiliki pengaruh dalam membantu meningkatkan traffic sebuah halaman.

7. Jangan Pernah Menggunakan Backlink Generator atau Sejenisnya

Robot gerator dalam sehari mampu menanam backlink dengan jumlah luar biasa, namun hal ini tidak akan efektif dan bahkan membuat link kita akan diblakcklist oleh mesin pencari.

8. Pancing Perasaan Pembaca dengan Konten Ego Bait

Teknik ini memanfaatkan sifat manusia, caranya dengan membahas mengenai seseorang/ usaha/ organisasi dalam konten yang kita buat. Harapanya pembaca akan menyadari “umpan” dari kamu, dan merasa senang/bangga sehingga mempromosikan konten website kamu dalam bentuk link maupun mention di media sosial.

Nah, beberapa tips diatas bisa kamu coba dan kamu terapkan untuk mendapatkan backlink yang berkualitas. Selamat mencoba!

0


Content Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *