Jika pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai teknik SEO On Page, disini saya akan bahas mengenai SEO Off Page. Hampir sama dengan teknik SEO On Page, SEO On Page juga melakukan beberapa strategi SEO untuk menaikkan peringkat website pada mesin pencari.
Apa itu SEO Off Page? Startegi apa yang perlu dilakukan? Simak penjelasannya dibawah ini.
Daftar isi
Pengertian SEO Off Page
SEO Off Page adalah proses optimalisasi SEO yang dilakukan di luar website. Tujuan melakukan SEO Off Page yaitu menaikkan peringkat SERP (Search Engine Result Page), meningkatkan page rage halaman website, membangun kepercayaan dan otoritas website dari mesin pencari dan menaikkan reputasi website.
Untuk menerapakan teknik SEO Off Page, kamu harus menggunakan berbagai platform. Seperti media sosial, website lain, atau forum online.
Cara Optimalisasi SEO Off Page
Berikut 7 tips sukses melakukan SEO Off Page untuk website kamu.
1. Manfaatkan Postingan Media Sosial dan Forum
Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk teknik SEO Off Page adalah memanfaatkan media sosial dan forum sebagai media untuk mempromosikan website kamu agar lebih dikenal oleh banyak orang.
Saat ini hampir semua orang memiliki akun media sosial, ketika seseorang melihat postingan kamu dan tertarik, tidak menutup kemungkinan untuk mereka merekomendasikan kamu kepada rekan-rekan mereka.
Oleh karena itu, mempromosikan website di media sosial merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan trafik website kamu.
Selain mempromosikan website di media sosial, kamu juga harus lebih aktif dalam sebuah forum diskusi yang sesuai dengan niche website kamu. Misalnya di forums diskusi facebook atau di berbagai website forum.
2. Lakukan Link Building dan Guest Blogging
Salah satu tujuan SEO Off Page adalah membangun kepercayaan dan otoritas website dari mesin pencari. Cara yang bisa kamu lakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah melakukan teknik link building dan guest blogging.
Apa itu link building?
Link building yaitu cara untuk mendapatkan backlink dari website lain menuju website kamu. Semakin banyak link yang mengarah ke website kamu, berarti website kamu mempunyai nilai yang bagus dan dapat dipercaya karena ditautkan oleh banyak website lain.
Tentunya hal ini juga akan memberikan nilai positif dan meningkatkan nilai otoritas website di mesin pencari.
Untuk mendapatkan link building dari website lain, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan. Kamu bisa baca artikel selanjutnya mengenai strategi mendapatkan link building.
Apa itu guest blogging?
Guest blogging yaitu teknik optimalisasi SEO Off Page dengan membuat artikel atau postingan yang berkualitas dan relevan di website lain.
Saat melakukan guest blogging, maka kamu akan menyertakan link website kamu. Dengan begitu, akan banyak orang lain mengetahui website kamu dan reputasi website kamu akan semakin meningkat.
Guest blogging juga harus dilakukan pada website yang relevan dengan website kamu, serta mampu menghasilkan artikel yang berkualitas.
3. Tinggalkan Komentar dan Testimoni di Website Lain
Meninggalkan komentar dan testimoni di website lain juga merupakan salah satu teknik SEO Off Page untuk mmembangun reputasi atau popularitas website. Kamu harus rajin melakukan research website lain yang relevan dengan website kamu, dan tinggalkan komentar atau testimoni mengenai suatu produk.
Namun, saat meninggalkan komentar, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar komentar yang kamu buat tidak masuk ke dalam kategori spam dan merusak reputasi SEO website kamu.
- Berikan komentar yang relevan dengan isi artikel.
- Memasang gravatar pada profile yang kamu gunakan.
- Tidak menyertakan URL pada komentar.
4. Manfaatkan Social Bookmark atau Artikel Directory
Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan dalam teknik SEO Off Page yaitu memanfaatkan social bookmark atau artikel directory. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan reputasi dan trafik website di halaman pencarian.
Masukkan artikel kamu ke beberapa social bookmark atau artikel directory terkenal seperti Twitter, Pocket, atau Scoop.it. Dengan memasukkan beberapa artikel ke beberapa social bookmark tersebut, tentunya akan banyak orang yang akan membaca artikel kamu dan berkunjung ke website kamu.
5. Tingkatkan EAT
EAT (Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness) adalah salah satu indikator kualitas sebuah website sesuai dengan Search Quality Evaluator.
EAT menjadi faktor SEO Off Page yang penting, karena Google semakin gencar memerangi hoax atau kesalahan informasi di hasil pencarian. Terutama, di bidang kesehatan karena bisa berakibat fatal. Melalui EAT, Google akan tahu bagaimana harus mempercayai sebuah website. Artinya Google dapat memastikan bahwa hasil pencarian yang ditampilkan merupakan yang terbaik dan akurat.
Selain itu, “memberikan hasil yang akurat dan cepat” juga merupakan nilai jual utama Google. Jika Google tidak bisa memenuhinya, tentu orang akan meninggalkannya dan beralih ke mesin pencari lainnya. Untuk melakukan
Baca juga: Mengenal EEAT SEO, Cara Kerjanya, dan Pengaruhnya pada Ranking
Untuk meningkatkan EAT, ada beberapa startegi yang bisa kamu lakukan.
A. Upayakan Brand Mention
Brand mention adalah strategi pemasaran di mana merek disebutkan secara eksplisit atau tersirat dalam konteks tertentu. Ini bisa terjadi di media sosial, iklan, situs web, atau bahkan dalam percakapan sehari-hari. Brand mention dapat meningkatkan kesadaran merek, memperkuat citra merek, dan meningkatkan loyalitas pelanggan.
Salah satu cara brand mention dapat dilakukan adalah melalui influencer marketing. Ketika seorang influencer membicarakan atau mempromosikan merek tertentu di media sosial, itu adalah contoh brand mention. Influencer marketing telah menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir karena banyak konsumen mengandalkan saran dan rekomendasi dari orang yang mereka percayai untuk membuat keputusan pembelian.
Brand mention juga dapat terjadi secara organik di media sosial, ketika pengguna memposting tentang produk atau merek tertentu tanpa adanya insentif atau imbalan. Mereka dapat membagikan pengalaman positif mereka dengan produk atau merek tertentu, memberikan ulasan atau merekomendasikan produk tersebut kepada teman-teman mereka.
B. Dapatkan Backlink Dari “Seed Sites”
Seed sites adalah website yang dipercaya oleh Google karena memiliki rekam jejak bagus, seperti Wikipedia dan beberapa website dengan domain .GOV, .EDU, dan portal berita.
Mendapatkan backlink dari seed sites bisa membantu meningkatkan EAT website kamu, tetapi tentu tidak mudah untuk mendapatkannya. Strategi lainnya yang bisa kamu lakukan yaitu mengupayakan backlink dari website yang mendapatkan backlink dari seed sites. Meskipun tidak secara langsung, akan tetap memberikan dampak positif pada EAT kamu.
Untuk lebih memahami, kamu bisa melihat analogi dibawah ini:
- Seed sites → ke website kamu = terbaik
- Seed sites → website orang lain → website kamu = boleh juga
C. Dapatkan Review Positif
Review atau ulasan konsumen adalah hal yang juga cukup penting dalam upaya SEO Off Page.
Google Quality Rater menyatakan bahwa review positif merupakan bukti kuat bahwa bisnis mempunyai reputasi bagus, baik yang dilakukan pada Google Bisnisku, atau situs review lainnya seperti TripAdvisor, Yelp, Traveloka, Zomato, dan GoFood/Grabfood. Salah satu cara agar konsumen meninggalkan review positif yaitu dengan memberikan customer experience yang bagus. Misalnya, selalu cepat merespon konsumen di media sosial, ramah pada konsumen, dan semacamnya.
Selain itu, review positif bisa juga kamu dapatkan dari banyaknya penghargaan yang kamu menangkan. Misalnya, penghargaan jurnalistik, penghargaan blogger, lomba menulis artikel, dan semacamnya. Atau review positif ahli mengenai website kamu. Contohnya, blog kamu yang membahas topik gaming dan mendapat pujian dari IGN atau Gamespot di salah satu artikel mereka.
6. Perhatikan Local SEO
Local SEO atau Local Search Engine Optimization adalah strategi mengoptimalisasi website pada mesin pencarian menggunakan keyword atau kata kunci yang menggunakan istilah lokal atau dekat dengan lokasi bisnis kamu.
Local SEO merupakan metode untuk menampilkan bisnis kamu di pencarian lokal Google.
Strategi SEO ini mempermudah pelanggan menemukan bisnis kamu karena menampilkan nama bisnis lengkap dengan alamat dan kontaknya. Local SEO juga memungkinkan pengunjung memberikan rating pada pelayanan dan produk bisnis kamu.
Melalui hal tersebu, Google akan yakin untuk merekomendasikan bisnis kamu kepada banyak orang, tentunya kamu juga akan mendapat lebih banyak pengunjung. Untuk optimalisasi local SEO, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan.
- Lengkapi profile Google Bisniku kamu (lokasi bisnis, nomor telepon, jam operasional, serta foto).
- Riset keyword lokal agar kamu menggunakan kata kunci yang sering digunakan oleh warga sekitar.
- Dapatkan backlink dari website lokal (misalnya website klien, pemasok, atau dari rekan bisnis).
- Tambahkan biodata bisnis di berbagai platform (misalnya di media sosial atau marketplace).
Baca juga: Local SEO: Optimalisasi Pencarian Lokal untuk Meningkatkan Perkembangan Bisnis
7. Tingkatkan Engagement di Media Sosial
Menurut riset yang dilakukan oleh MOZ yang menyatakan, semakin tinggi engagement rate pada post pada media sosial, semakin tinggi pula ranking kamu di Google, karena ketika audiens menganggap konten tersebut menarik dan bermanfaat, engagement untuk konten tersebut akan tinggi. Engagement rate dapat berupa jumlah komentar atau like postingan yang banyak.
Aktivitas engagement tersebut akan tercatat di algoritma media sosial dan terus mendorong konten kamu dipromosikan ke pengguna lainnya. Misalnya, melalui feed.
Nah, hal tersebut tentu akan meningkatkan popularitas website kamu. Efeknya, kamu berpeluang mendapatkan backlink, brand mention, hingga review.
Untuk meningkatkan engagement di media sosial, ada beberapa startegi yang bisa kamu lakukan:
- Membuat postingan di jam yang tepat — post konten di jam saat audiens kamu sedang aktif-aktifnya. Menurut CoSchedule, waktu terbaik untuk post adalah sekitar jam 8 pagi dan jam 2 siang.
- Membuat konten yang berkualitas — konten kamu harus relevan dan bisa menjawab pertanyaan audiens dengan baik.
- Gunakan hashtag yang relevan — hal ini akan membantu post kamu ditemukan oleh target audiens.
Sudah Siap Melakukan SEO Off Page?
Itulah 4 tips yang dapat kamu lakukan ketika melakukan teknik SEO Off Page. Namun, sebelum melakukan teknik SEO On Page, pastikan kamu sudah melakukan SEO On Page secara optimal. Jika kamu ragu dengan kedua teknik tersebut, kamu bisa meninggalkan komentar di kolom komentar dibawah ini. Dan jika kamu kesulitan melakukannya sendiri, Whello menyediakan jasa SEO yang bisa membantu kamu mengimplementasikannya pada website kamu, hubungi kontak Whello sekarang atau lihat portofolio Whello terlebih dahulu.
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!