Tips Memaksimalkan Akun Instagram Untuk Promosi Online Bisnis Kamu

1 menit

Instagram merupakan salah satu jenis media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan promosi bisnis.

Instagram cocok digunakan untuk bisnis yang menargetkan calon klien di rentang usia yang relatif muda dan merupakan model bisnis B2C (business to customer).

Untuk memulai bisnis menggunakan Instagram, ada beberapa tips yang perlu kamu lakukan:

1. Menyiapkan Profil Instagram

Apakah sebelumnya kamu sudah mempunyai akun Instagram? Jika belum, maka kamu harus mendaftar terlebih dahulu.

Setelah memiliki akun Instagram, sekarang saatnya kamu mengatur profil instagram. Agar profil instagram kamu lebih maksimal dan menarik, perhatikan tips dibawah ini:

a. Gunakan profile picture yang sesuai dengan bisnis kamu.

Untuk profile picture, alangkah baiknya jika kamu menggunakan logo bisnis kamu.

Berikut contohnya dibawah ini:

b. Deskripsi Singkat tentang Bisnis Kamu

Bagian ini merupakan bagian dimana kamu memberikan deskripsi singkat tentang bisnis kamu, tujuannya agar calon klien mengerti dengan bisnis kamu.

Misalnya penjelasan mengenai produk dan jasa yang kamu tawarkan.

Tujuannya agar calon klien lebih mengenal tentang bisnis kamu, sehingga tertarik untuk me-follow atau menggunakan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Berikut contohnya seperti gambar dibawah ini:

c. Masukkan Rincian Kontak yang Bisa dihubungi

Hal selanjutnya yang harus ada pada profil instagram kamu yaitu kontak yang bisa dihubungi oleh calon klien ketika tertarik dengan bisnis kamu.

Misalnya alamat website, nomor telepon, nomor WhatsApp, atau id Line.

Berikut contohnya:

d. Buat Stories Highlight

Stories highlight merupakan fitur yang bisa digunakan untuk membagikan stories favorite kepada pengguna lain. Fitur ini juga digunakan sebagai penambahan profil pengguna.

Dengan fitur ini, kamu bisa membagikan berbagai aktivitas bisnis kamu seperti produk yang kamu tawarkan, event bisnis, testimonial, dan lain-lain.

Perhatikan salah satu penggunaan highlight dibawah ini:

e. Gunakan Hashtag

Hashtag berfungsi agar akun instagram kamu mudah ditemukan oleh calon klien. Hastag juga berisi deskripsi singkat mengenai bisnis kamu. Untuk membuat hashtag, cukup menggunakan karakter “ # “ dan diikuti dengan nama hashtag.

Misalnya bisnis kamu merupakan sebuah agensi digital marketing, maka hashtag yang bisa kamu gunakan seperti #jasadigitalmarketing atau #jasapembuatanwebsite.

2. Bagikan Konten Secara Maksimal

Ketika menggunakan instagram, tentunya kamu akan membagikan berbagai konten untuk mempromosikan bisnis kamu. Ketika membagikan konten, ada beberapa tips yang harus kamu lakukan:

a. Gunakan Instagram Stories

Instagram stories merupakan fitur yang digunakan untuk membagikan berbagai cerita yang bersifat sementara dan tidak dapat dilihat setelah 24 jam.

Dengan fitur ini, kamu dapat berbagi cerita mengenai produk atau jasa yang kamu tawarkan. Misalnya review mengenai suatu produk atau membagikan postingan feed agar diketahui banyak orang.

b. Manfaatkan Influencer

Influencer adalah seseorang yang memiliki jumlah follower yang banyak dan punya pengaruh besar bagi follower mereka. Biasanya influencers adalah selebritis, selebgram, atau youtuber.

Dalam sebuah artikel oleh Inversp mengatakan, 40% pelanggan akan melakukan pembelian setelah melihat produk yang digunakan oleh influencer di media sosial.

Perhatikan gambar dibawah ini:

Sumber: Inversp

Oleh karena itu, saat melakukan promosi, alangkah baiknya jika kamu meminta seorang influencer untuk mendapatkan banyak calon klien.

c. Gunakan Hashtag yang Tepat

Penggunaan hashtag pada sebuah postingan instagram mampu menaikkan jumlah likes dan follower kamu. Selain itu, postingan kamu juga akan mudah ditemukan oleh calon klien.

Namun, saat membuat hashtag, hal yang perlu kamu ingat yaitu membuat hashtag yang relevan dengan postingan kamu.

Misalnya kamu memposting sebuah baju hijab untuk dijual, maka kamu bisa menggunakan hastag seperti #bajuhijabpremium atau #bajuhijabmurah.

d. Gunakan Jenis Konten Gambar

Konten gambar merupakan jenis konten yang paling cocok untuk kamu gunakan ketika membagikan postingan di instagram.

Dengan memposting berbagai gambar mengenai produk yang kamu tawarkan, juga akan menimbulkan hubungan yang lebih “engagement” dengan calon klien. Hal ini dikarenakan kecenderungan pengguna instagram lebih suka melihat gambar dibandingkan jenis konten lainnya.

3. Ciptakan Strategi yang Lebih Engagement

Dengan hubungan yang lebih “engaging” atau lebih dekat dengan calon klien, akan mempermudah kamu mendapatkan banyak klien dan meningkatkan pendapatan bisnis kamu.

Untuk menciptakan hubungan yang lebih engaging, ada 4 strategi engagement yang harus kamu lakukan:

a. Libatkan Follower Kamu

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk meningkatkan hubungan yang lebih engaging yaitu dengan melibatkan follower kamu dalam sebuah postingan.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu memposting kembali hasil foto follower mengenai produk kamu di akun instagram kamu.

Misalnya seorang follower membeli produk kamu, kemudian memposting review mengenai produk yang ia beli. Maka kamu juga harus memprosting (re-post) postingan tersebut.

Untuk memposting hasil postingan klien, kamu bisa menggunakan aplikasi Repost.

b. Lakukan Postingan di Waktu yang Tepat

Ketika membuat sebuah postingan, kamu juga harus memperhatikan waktu yang tepat untuk melakukan postingan tersebut. Waktu dimana follower kamu lebih banyak menggunakan instagram.

Berikut waktu yang tepat untuk melakukan postingan di instagram:

c. Buat Postingan yang Mempunyai Nilai Estetika

Estetika adalah ilmu yang membahas keindahan, bagaimana ia bisa dibentuk, dan seseorang bisa merasakan keindahan tersebut.

Dengan nilai estetika yang menarik, akan membuat hubungan yang lebih engaging dengan para follower kamu, karena mereka dapat merasakan keindahan dan tertarik dengan keindahan tersebut.

Salah satu cara menciptakan nilai estetika dalam sebuah postingan instagram yaitu dengan konsisten menggunakan tema “warna” postingan.

Lihat contoh dibawah ini:

Pada contoh diatas kamu bisa melihat, konsisten menggunakan tema berwarna coklat. Selain mengandung nilai estetika (keindahan), juga membuat postingan lebih menarik dan lebih rapi.

d. Lakukan Giveaway

Giveaway merupakan salah satu event yang bisa kamu manfaatkan untuk menjalin hubungan yang lebih engaging dengan para follower kamu.

Banyak event yang bisa kamu lakukan, misalnya giveaway dengan mengadakan sebuah kuis dan mendapatkan hadiah yang menarik bagi para pemenang (follower). Atau giveaway dengan mengadakan lomba foto terbaik.

Nah, itulah 3 tips yang perlu kamu lakukan ketika menggunakan instagram sebagai media promosi untuk bisnis kamu. Apakah kamu seorang pebisnis yang juga menggunakan Instagram? Tips mana yang sudah kamu lakukan? Yuk sharing di kolom komentar di bawah.

0


Content Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *