Bulan Ramadan merupakan bulan yang berpotensi untuk mendapatkan keuntungan yang sangat baik bagi bisnis kamu. Jika produk atau jasa yang kamu tawarkan tidak berhubungan dengan kebutuhan selama puasa atau Idulfitri, sebenarnya tidak masalah.
Kamu masih bisa mengemasnya dengan tema-tema yang sesuai dengan bulan Ramadan. Tujuannya agar kamu bisa “engage” dengan lebih banyak calon klien.
Misalnya kamu menjual produk skin care wajah. Maka kamu bisa membuat promosi suatu produk untuk menangani bibir bermasalah (kering atau pecah-pecah) ketika berpuasa.
Namun, sebelum melakukan promosi secara online, kamu juga harus tahu waktu yang tepat untuk melakukan promosi online, serta tips sukses melakukan promosi di bulan Ramadan 2024 ini.
Daftar isi
Waktu Terbaik untuk Melakukan Promosi Online di Bulan Ramadan 2024
Berdasarkan data dari M&C Saatchi, kunjungan tertinggi orang-orang Indonesia ke konten online ada pada momen sahur (93%) dan momen berbuka puasa (84%).
- Pukul 04.00-05.00 WIB di waktu sahur.
- Pukul 17.00-18.30 WIB di waktu berbuka puasa.
Kamu bisa melihat pada gambar di bawah ini:
Sumber: M&C Saatchi.
Dengan memahami data ini, kamu bisa mengoptimalkan pembuatan konten yang relevan untuk kemudian diunggah pada jam-jam terbaik ini. Sehingga lebih banyak audiens yang terpapar konten promosimu dan penjualanmu pun akan ikut naik.
Tips Sukses Melakukan Promosi Online di bulan Ramadan 2024:
Nah, setelah mengetahui waktu terbaik untuk melakukan promosi online di bulan Ramadan, kamu juga harus membuat promosi online secara maksimal. Berikut 4 tips sukses melakukan promosi online di bulan Ramadan.
1. Mulai Sebulan sebelum Ramadan
Masyarakat Indonesia sudah mulai sering mencari konten yang berhubungan dengan Ramadan sebulan sebelum memasuki bulan Ramadan. Pencarian konten mengenai Ramadan akan berakhir sebulan setelah Idulfitri.
Oleh Karena itu, apabila kamu ingin mempromosikan sesuatu yang berhubungan dengan bulan Ramadan, maka lakukan sebulan sebelum bulan Ramadan hingga seminggu setelah Idulfitri pada jam yang sudah dijelaskan sebelumnya (04.00-05.00 WIB dan 17.00-20.00 WIB).
2. Buat Konten yang Berhubungan dengan Bulan Ramadan
Selain mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan promosi online di bulan Ramadan, kamu juga harus menentukan konten seperti apa yang akan kamu promosikan.
Perhatikan contoh iklan yang berhubungan dengan bulan Ramadan di bawah ini:
Pada contoh iklan di atas, kamu dapat melihat penjualan produk Sari Roti dengan adanya promo hadiah menarik yang hanya didapat selama bulan Ramadan.
3. Kombinasikan Konten Video
Kebanyakan orang Indonesia menonton video online melalui platform YouTube (konten video panjang) dan TikTok serta YouTube Shorts (konten video pendek).
Menurut perwakilan Google dalam video di Marketeers TV, sekitar 25 juta dari 120 juta pengguna YouTube menonton platform video ini melalui Smart TV. Ini bisa disimpulkan bahwa meskipun beberapa tahun terakhir konten video pendek sangat naik, namun konten video panjang juga masih menjanjikan.
Sehingga sangat disarankan untuk mengombinasikan konten video panjang dengan video pendek. Bahkan kalau bisa, pesannya jangan hanya satu. Akan lebih baik jika kontennya relevan dengan momen-momen bulan ramadan, seperti persiapan ramadan, bulan ramadan, mudik, dan lebaran. Karena relevansi konten sangat penting agar audiens mau engage dengan brand-mu.
4. Optimalkan Promosi di Perangkat Mobile
Saat melakukan promosi secara online, kamu harus melakukan promosi pada platform yang mudah diakses pada perangkat mobile. Misalnya promosi di berbagai platform media sosial (tergantung target pasar bisnis kamu).
Tetapi jika kamu menggunakan website sebagai media promosi, pastikan website kamu bisa diakses pada perangkat mobile.
Itulah waktu yang terbaik serta tips sukses melakukan promosi online di bulan Ramadan 2024. Selamat mencoba.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Manfaat Lakukan Tracking Metric Marketing
Maksimalkan hasil pemasaran kamu dengan tracking matriks marketing. Dapatkan analisis mendalam untuk strategi bisnis kamu!
Ketahui Apa Itu Promotion Assets Google Ads dan Manfaatnya
Temukan promotion assets terbaik untuk Google Ads kamu. Tingkatkan hasil kampanye dengan strategi yang tepat dan efisien!
Apa itu Sitelink di Google Ads, dan Cara Menggunakannya
Pelajari strategi terbaik untuk menggunakan sitelink dalam Google Ads. Optimalkan iklan kamu dan tingkatkan klik serta konversi dengan mudah!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!