Search Engine Optimization atau biasa disingkat SEO merupakan salah satu cara pemasaran online yang sedang populer dalam digital marketing. Penggunaan strategi yang tepat akan sangat membantu dalam mengenalkan bisnis kamu ke konsumen, tetapi jika penggunaannya salah, maka bisnis kamupun tidak akan dapat ditemukan dalam mesin pencari.
Strategi SEO ini digunakan untuk menampilkan website kamu di halaman pertama hasil pencarian keyword pilihan kamu. Semakin terkenal dan banyak yang menggunakan suatu keyword, maka kompetisi akan semakin tinggi. Saat kompetisi di nilai cukup tinggi, maka strategi SEO yang diperlukan juga semakin kompleks. Untuk kamu yang sedang menjalankan bisnis, pengetahuan tentang SEO ini sangatlah penting terutama untuk memasarkan produk kamu kepada konsumen.
Oleh karena itu, kamu juga perlu untuk mempelajari tips SEO sederhana ini, sehingga kamu bisa bersaing dalam memasarkan bisnis kamu melalui website di mesin pencari.
Daftar isi
Tips SEO Sederhana untuk Pemula
Di era digital ini, kehadiran SEO semakin penting dalam suatu bisnis. Sehingga tidak heran apabila para pebisnis juga berlomba-lomba untuk belajar tentang SEO. Untuk itu kamu membutuhkan tips SEO sederhana ini. Berikut ini tips SEO sederhana untuk pemula yang mudah diaplikasikan untuk optimalisasi website kamu.
1. Pengaturan Tools SEO
Pengaturan tools awal merupakan salah satu hal yang penting dilakukan dalam SEO. Dimana pengaturan ini akan berfungsi sebagai pondasi yang terdiri dari alat-alat seperti Google Analytics, Google Keyword Planner dan Google Webmaster Tools.
A. Google Analytics
Google Analytics memiliki fungsi utama untuk melacak dan menganalisis tentang bagaimana pengunjung berinteraksi dengan wesbite kamu. Karena bersifat gratis dan intuitif, hal ini menjadi pilihan wajib ketika melakukan SEO. Ketika menggunakan Google Analytics, kamu harus membuat akun dan menambahkannya ke website kamu. Selain itu, kamu juga harus mengetahui tentang fitur yang ditawarkan.
B. Google Keyword Planner
Google AdWord memiliki peranan penting dalam melakukan penelitian keyword. Alat ini memungkinkan kamu untuk bisa mengetahui apa yang pengguna cari, sehingga kamu dapat menentukan produk sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.
C. Google Webmaster Tools
Alat ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan hasil maksimal dari usaha SEO. Hal ini dikarenakan Google Webmaster Tools memungkinkan untuk melihat website melalui mata Google. Ada baiknya kamu untuk membaca panduan Webmaster Google terlebih dahulu.
2. Audit Website
Jika kamu sudah memiliki website, maka kamu juga perlu untuk melakukan audit saat memulai SEO. Hal ini dikarenakan setiap saat Google bisa menjadi lebih ketat dengan aturan dan penaltinya. Cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk memastikan website terhindar dari penalti adalah dengan melakukan audit secara rinci.
Alat yang bisa digunakan untuk mengaudit website yaitu Moz Site Audit Checklist. Website ini memiliki rincian yang sangat bagus untuk memeriksa segala sesuatu yang berasal dari konten dan aksesibilitas struktur website dan link internal.
Selain itu, kamu juga dapat menggunakan WooRank. Alat audit ini secara otomatis akan memeriksa dan menganalisa banyak item pada checkliz Moz. Melakukan audit website memerlukan waktu dan energi, tetapi hal ini sangat diperlukan agar tidak sampai terkena penalti.
3. Dengan atau Tanpa WWW
Salah satu bagian yang sangat penting dari SEO yaitu www yang ada di depan alamat website kamu. Jika tidak berhati-hati, kamu bisa membuat kesalahan fatal karena ini. Seringkali orang ragu apakah harus mengetikkan www.domain.com atau hanya domain.com untuk bisa masuk ke sebuah website. Hal ini memberikan pengetahuan untuk kamu tentang bagaimana search engine melihat website kamu.
Kamu harus bisa memilih satu dari dua pilihan itu. Karena jika kamu memilih keduanya, maka search engine akan melihat website kamu sebagai dua lokasi yang terpisah. Hal ini akan merusak peringkat dan kualitas link kamu.
4. Navigasi
Navigasi memiliki peranan penting dalam menavigasi secara cepat dan lancar untuk menjelajahi website serta menemukan hubungan yang jelas antara link dengan halaman. Untuk mencapai tujuan tersebut. Perlu dibangun navigasi universal.
Navigasi universal ini akan mengidentifikasi mengapa pengunjung datang ke website kamu, apa saja yang keluar dari halaman utama serta istilah pencarian yang digunakan di website kamu.
Kamu juga harus membagi produk dan halaman kunci ke dalam kategori dengan nama yang sesuai. Setelah itu, tempatkan kategori di navigasi universal. Jika kamu menggunakan drop down menu, harus dalam HTML agar search engine membacanya. Jika halaman produk kamu memiliki lebih dari 20 item, maka kamu harus menambahkan filter bagi pengunjung untuk mempersempit pencarian mereka.
5. Konten On-Page
Kamu juga perlu konten yang berkualitas bagi pengunjung. Selain keyword, tulisan yang berkualitas dan berguna juga sangat penting dalam menentukan keberhasilan SEO.
6. Meta Tags
Meta Tags merupakan kalimat deskriptif yang muncul saat kamu melakukan pencarian di website. Website akan meningkat tajam dengan meta tag. Hal yang perlu kamu ingat yaitu setiap meta deskripsi harus sekitar 160 karakter dan harus mencakup frase keyword alami.
7. Robot.txt
Robot.txt merupakan file teks yang kamu masukkan di website untuk memberitahu search engine tentang halaman mana mereka diizinkan untuk mengunjungi. Penggunaan kode ini tidak wajib, namun akan membantu jika ada halaman yang tidak kamu inginkan untuk dimasuki robot pencari. Pastikan file robot.txt ini ada di direktori utama website kamu dan terstruktur secara tepat.
8. Sitemap
Sitemap penting digunakan untuk memastikan bahwa website kamu diindeks oleh search engine. Dengan sitemap HTML, pengunjung akan dapat menavigasi website kamu dengan cepat.
9. Off-Page
Salah satu upaya off-page yang mudah untuk kamu lakukan yaitu melakukan pemasaran di media sosial. Facebook, Twitter, Pinterest dan Instagram bisa menjadi alat bantu dalam mendapatkan traffic apabila digunakan dengan benar. Apapun yang kamu lakukan, hindari teknik black hat SEO untuk upaya off-page.
Sudah Siap Melakukan Optimalisasi Untuk Website Kamu?
Itulah 9 tips SEO sederhana yang dapat membantu pemula dalam memahami dasar-dasar SEO dan meningkatkan peringkat website mereka di mesin pencari. Namun, jika kamu merasa kesulitan dalam mengimplementasikan tips-tips tersebut atau ingin meningkatkan strategi SEO kamu dengan lebih baik, Whello siap membantu kamu.
Sebagai agensi digital marketing yang berpengalaman, tim kami dapat membantu kamu dalam mengembangkan strategi SEO yang efektif dan menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis kamu. Jangan ragu untuk menghubungi kontak Whello untuk mendapatkan penawaran jasa SEO yang terbaik untuk bisnis kamu.
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!