Apakah bisnis kamu sudah menggunakan social media marketing? Jika sudah, lalu apa tujuan dari hadirnya bisnis kamu di media sosial? mendapatkan lebih banyak trafik? lebih banyak pelanggan? lebih banyak pengikut (follower)? atau lebih banyak like dan komentar?
Untuk mencapai hal tersebut, salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan membuat konten yang viral di media sosial. Konten yang viral biasanya ditandai dengan konten yang banyak dibicarakan dan dibagikan (shared) oleh banyak orang.
Untuk membuat konten yang viral di media sosial, ada 5 tips yang harus kamu ketahui:
Daftar isi
1. Buat Konten dengan Topik yang Sedang Trend
Membuat konten di media sosial dengan topik yang trending, membuka peluang yang sangat besar bagi kamu untuk membuat konten tersebut menjadi viral.
Tentunya hal ini dikarenakan para audiens (pembaca) selalu membutuhkan informasi yang sedang trending. Mereka akan terus mencari dan membicarakan konten yang kamu buat.
Namun, perlu kamu ingat, topik trending yang kamu gunakan juga harus relevan dengan bisnis kamu. Misalnya bisnis kamu bergerak di bidang fashion. Maka gunakan topik yang sedang trend dalam dunia fashion.
Untuk menemukan topik yang sedang trend, kamu bisa menggunakan tool google trends.
2. Buat Pembaca Berpikir
Dengan konten yang membuat pembaca berpikir, tidak menutup kemungkinan bagi mereka untuk membagikan konten kamu kepada teman-temannya, sehingga konten kamu akan dibicarakan oleh banyak orang.
Sehingga, saat membuat konten di media sosial, kamu harus membuat suatu gagasan yang membuat pembaca berpikir bagaimana pembaca bisa mengimplementasikan pengetahuan yang kamu berikan.
Perhatikan contoh paragraf dibawah ini:
“Blink Beauty Clinic merupakan salah satu klinik kecantikan yang telah berhasil membantu kliennya menghilangkan bekas luka bakar dalam 3 hari. Salah satu cara yang dilakukan yaitu menggunakan teknologi picosure laser”.
Berdasarkan contoh diatas, pembaca akan mulai berfikir, misalnya bagaimana bisa blink beauty clinic menghilangkan bekas luka bakar dalam 3 hari? Bukannya menghilangkan bekas luka bakar itu membutuhkan waktu yang lama?
Walaupun kamu telah mencoba menjelaskan teknologi picosure laser, tetapi mereka hanya peduli mengenai “menghilangkan luka bakar dalam 3 hari”.
3. Pastikan Konten Kamu Bermanfaat
Menciptakan konten yang bermanfaat adalah cara mudah untuk meningkatkan kemungkinan menjadi viral dan dibicarakan oleh banyak orang.
Konten yang bermanfaat yaitu konten yang mampu menjawab keluhan atau permasalahan kliennya. Untuk mengetahui permasalahan yang sedang dialami oleh para klien, kamu bisa melihat komentar-komentar setiap postingan yang kamu buat. Atau kamu bisa memanfaatkan fitur question jika kamu menggunakan Instagram untuk bisnis kamu.
4. Sesuaikan Konten dengan Platform Media Sosial Digunakan
Perlu kamu ketahui, masing-masing platform media sosial menggunakan jenis konten yang berbeda-beda. Jika kamu salah dalam pemilihan jenis konten untuk media sosial yang kamu gunakan, maka akan membuat pembaca malas untuk membaca konten kamu.
Selain itu, akan sulit konten kamu untuk menjadi viral atau dibicarakan oleh banyak orang. Sehingga ketika membuat konten, kamu harus memperhatikan jenis konten yang akan kamu buat.
Jika kamu menggunakan platform Facebook, maka kamu bisa menggunakan konten berupa teks, gambar, atau video. Dan saat menggunakan platform Instagram, kamu bisa menggunakan konten gambar atau video.
Namun, jika kamu menggunakan platform Twitter, konten yang cocok untuk kamu gunakan yaitu konten berjenis teks. Sedangkan ketika kamu menggunakan platform LinkedIn, kamu bisa menggunakan konten berjenis teks dan gambar.
5. Bagikan Konten di Waktu yang Tepat
Waktu sangat penting untuk membuat postingan menjadi viral. Kamu harus memposting konten pada waktu yang tepat (saat banyak orang yang sedang mengakses suatu media sosial).
Masing-masing media sosial, memiliki aturan waktu (jam) yang tepat dan tidak tepat untuk melakukan postingan, perhatikan gambar dibawah ini:
Sumber: Pinterest
Walaupun tidak semua konten yang kamu buat akan menjadi viral. Tetapi dengan menerapkan 5 tips diatas, kamu akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menjadi viral. Kamu juga bisa menggunakan Jasa Iklan Sosial Media terbaik dari Whello Indonesia yang bisa membantu kamu.
Whello memiliki para spesialis sosial media yang sudah tersertifikasi dan berpengalaman. Whello akan membantu membuat strategi yang dipersonalisasi untuk membantu Anda menjangkau target audiens dan mencapai tujuan bisnis Anda. Mulai dari membuat konten yang menarik hingga menjalankan kampanye iklan tertarget.
Selain itu, Whello juga telah membantu berbagai brand melakukan social media marketing, dan beberapa alasan lain mereka memilih Whello, diantaranya:
- Fokus pada hasil.
- Memiliki tim yang lengkap (Designer, Digital Marketing Consultant, dan lain-lain).
- Google Certified Partner.
- Gratis konsultasi.
Hubungi kontak Whello untuk berdiskusi dengan salah satu tim profesional Whello dan dapatkan informasi penting lainnya
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!