Apakah kamu sudah mempunyai akun instagram bisnis? Jika sudah, kamu bisa melihat fitur insight atau biasa dikenal dengan “Instagram Insight” melalui aplikasi instagram.
Daftar isi
Apa Itu Instagram Insight?
Instagram Insight adalah fitur Instagram yang memberikan berbagai informasi mengenai konten yang kamu posting, mengetahui berapa jumlah interaksi yang terjadi pada akun Instagram kamu, serta mengetahui data followers kamu (misalnya jenis kelamin, usia, atau lokasi geografi).
Ada 3 menu yang terdapat pada Instagram Insight antara lain:
A. Account Reach
Jumlah akun yang melihat konten postingan dari akun Instagram kamu.
B. Account Engaged
Jumlah akun yang melakukan interaksi pada postingan kamu, seperti like, comment, share, dan save postingan.
C. Total Follower
Pada menu ini kamu akan memperoleh data–data mengenai followers. Misalnya mengetahui jenis kelamin, usia, dan lokasi geografi mereka. Kamu juga dapat mengetahui kapan waktu (jam dan hari) dengan traffic tertinggi followers kamu mengakses akun Instagram.
Cara Menggunakan Instagram Insight
Untuk meningkatkan performa social media marketing melalui Instagram Insight, ada beberapa cara penggunaan instagram insight yang perlu kamu perhatikan:
A. Account Reach
Pada menu ini, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.
1. Jumlah Account Reached
Disini kamu bisa melihat jumlah akun yang melihat postingan kamu berdasarkan jangka waktu tertentu. Misalnya 7 hari, 14 hari, 30 hari, bulan sebelumnya, atau 90 hari sebelumnya. Setalah kamu mengatur tempo hari yang kamu inginkan, kamu akan bisa melihat angka jangkauan atau reach yang akun Instragram kamu dapatkan pada rentang waktu tersebut.
2. Reach Audiens
Pada reach audiens kini kamu dapat melihat jumlah audiens yang melihat postingan kamu berdasarkan Top Cities (kota followers), Top Country (negara followers), Top Age Range (berdasarkan umur followers), dan Gender (jenis kelamin followers) secara terperinci.
3. Follower dan Non Followers
Di bagian ini kamu akan dapat melihat pembagian data dari jumlah akun followers dan non-followers yang melihat postingan kamu.
4. Content Reach
Jumlah akun yang melihat reels, posts, stories, dan video yang kamu posting. Data yang disajikan juga ditampilkan berdasarkan akun yang menjadi followers dan non followers kamu juga lho.
5. Top Posts based on Reach
Top posts ini menampilkan postingan post berdasarkan jumlah reach terbanyak.
6. Top Stories based on Reach
Top stories ini menampilkan postingan story berdasarkan jumlah reach terbanyak.
7. Top Reels based on Reach
Begitu juga dengan Top reels ditampilkan berdasarkan jumlah reach terbanyak.
8. Impressions
Data yang menunjukkan berapa kali konten kamu ditampilkan dan dilihat oleh orang lain.
9. Profile Activity
Melalui menu ini, kamu dapat mengetahui berapa kali profil bisnis kamu dikunjungi oleh orang lain. Mulai dari visit profile Instagram, website taps, email taps, atau call button taps.
B. Account Engaged
Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan pada menu ini.
1. Jumlah Account Reached
Disini kamu bisa melihat jumlah akun yang melakukan interaksi pada postingan kamu berdasarkan jangka waktu tertentu. Misalnya 7 hari, 14 hari, 30 hari, bulan sebelumnya, atau 90 hari sebelumnya. Setelah mengatur rentang waktu yang ingin kamu lihat, akan muncul kalkulasi angka interaksi yang terjadi pada akun Instagram bisnis kamu.
2. Engaged Audience
Jumlah audiens yang melakukan interaksi pada postingan kamu juga ditampilkan berdasarkan Top Cities (kota followers), Top Country (negara followers), Top Age Range (berdasarkan umur followers), dan Gender (jenis kelamin followers) secara terperinci.
3. Followers and non Followers
Jumlah akun follower dan non-followers yang melakukan interaksi pada postingan kamu kamu juga dikalkulasikan.
4. Content Interactions
Data yang menunjukkan berapa kali pengguna melakukan interaksi pada konten yang kamu posting. Baik itu pada postingan posts, stories, reels, video, ataupun live video.
5. Post Interactions
Data yang menunjukkan jumlah interaksi pada postingan posts kamu, mulai dari jumlah like, comment, dan save postingan.
6. Top Posts based on likes
Top posts berdasarkan jumlah like terbanyak.
7. Story Interactions
Data yang menunjukkan jumlah interaksi yang terjadi pada postingan stories kamu.
8. Top Stories based on replies
Top stories berdasarkan jumlah replies terbanyak.
9. Reels Interactions
Data yang menunjukkan jumlah interaksi pada postingan reels kamu, mulai dari jumlah like, comment, dan save postingan.
10. Top Reels based on like
Top reels berdasarkan jumlah like terbanyak.
11. Video Interactions
Data yang menunjukkan jumlah interaksi pada postingan video kamu, baik itu like, comment, atau save.
12. Top Video based on interactions
Top video berdasarkan interaksi (like, comment, atau save).
13. Live Video Interactions
Data yang menunjukkan jumlah interaksi pada postingan video kamu, baik itu like, comment, share, atau request join to the live.
14. Top Live Video base on comment
Top live video berdasarkan comment terbanyak.
C. Total Followers
Pada menu ini, berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.
1. Jumlah Followers
Disini kamu bisa melihat jumlah followers akun bisnis kamu berdasarkan jangka waktu tertentu. Misalnya 7 hari, 14 hari, 30 hari, bulan sebelumnya, atau 90 hari sebelumnya. Setelah mengatur rentang waktu, akan muncul jumlah total follower.
2. Growth
Disini kamu bisa melihat jumlah akun yang follow dan unfollow akun Instagram kamu, serta melihat trafik jumlah followers.
3. Top Locations
Mengetahui geografi (lokasi) tempat followers kamu berada, mulai dari kota dan negara.
4. Age Range
Mengetahui rantang umur followers kamu, termasuk umur followers yang berjenis kelamin perempuan dan laki-laki.
5. Gender
Mengetahui persentase gender (jenis kelamin) followers kamu.
6. Most Active Times
Mengetahui kapan waktu followers kamu mengakses Instagram, di sini kamu dapat mengetahui jam dan harinya secara lengkap.
Gunakan Instagram Insight Sekarang!
Dengan memanfaatkan Instagram Insight secara efektif, kamu dapat mengetahui kebiasaan follower kamu, kinerja konten, dan tren yang relevan dengan bisnis kamu. Terus pantau dan analisis data dari Instagram Insight agar bisnis kamu terus berkembang dan berhasil di platform Instagram.
Namun, jika kamu kesulitan melakukannya, kamu bisa menggunakan Jasa iklan sosial media dari Whello Indonesia. Whello memiliki tim media sosial specialist yang telah teruji dalam melakukan riset, menyusun strategi, membuat konten, dan menganalisis performance metrics media sosial.
Isi form konsultasi dibawah atau klik tombol button WhatsApp yang ada di website untuk berdiskusi dengan salah satu tim profesional Whello.
Apa Itu Instagram Insight?
Instagram Insight adalah fitur Instagram yang memberikan berbagai informasi mengenai konten yang kamu posting, mengetahui berapa jumlah interaksi yang terjadi pada akun Instagram kamu, serta mengetahui data followers kamu (misalnya jenis kelamin, usia, atau lokasi geografi).
Apa Saja Menu Dalam Instagram Insight?
1. Account Reach 2. Account Engaged 3. Total Followers
Apa manfaat dari data insight instagram?
Kamu bisa mengetahui berbagai informasi mengenai konten yang kamu unggah, seperti jumlah interaksi, akun yang di jangkau, hingga followers kamu.
Boost omset bisnis online kamu dengan Social Media Marketing!
Maksimalkan omset bisnismu dan dapatkan keuntungan dengan strategi social media marketing yang tepat. Mulai konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!