Salah satu faktor keberhasilan optimalisasi SEO (Search Engine Optimization) sebuah website yaitu menargetkan kata kunci yang tepat untuk website maupun konten kamu.
Untuk menemukan kata kunci yang tepat tersebut, terlebih dahulu kamu perlu melakukan riset keyword. Menurut pakar SEO Neil Patel melakukan riset keyword itu penting, karena melalui langkah ini kamu bisa mengetahui kata atau frasa seperti apa yang sering dicari oleh para audiens.
Terlebih mengingat banyaknya jumlah pengguna internet saat ini yang telah mencapai 4 miliar user dan terus bertambah (sumber: Internet Live Stats).
Untuk membantu kamu melakukan riset keyword, ada 12 SEO tools gratis yang bisa kamu gunakan.
Daftar isi
12 Tools Gratis Untuk Riset Keyword
Dalam upaya untuk meningkatkan visibilitas situs web dan mencapai peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari, riset kata kunci adalah langkah penting yang tidak boleh diabaikan. Berikut adalah 12 alat gratis yang dapat kamu manfaatkan untuk memperkuat strategi riset kata kunci:
1. Ubersuggest
Ubersuggest adalah tools gratis yang disediakan oleh Neil Patel. Ubersuggest menawarkan fitur yang sangat lengkap. Mulai dari overview performa domain, laporan efektivitas SEO per halaman, rekomendasi keywords, ide-ide konten, dan data backlink.
Dan fitur yang berkaitan dengan riset keyword, ada dua fitur yang bisa kamu dapatkan, yakni keyword ideas dan content ideas.
- Keyword Ideas
Melalui keyword ideas, ubersuggest akan memberikan daftar rekomendasi kata kunci. Setiap rekomendasi keywords yang diberikan dilengkapi dengan data berupa volume, biaya cost per click (CPC) untuk iklan, kompetisi kata kunci di kategori paid search, serta kompetisi kata kunci secara SEO.
- Content Idea
Melalui tools ini, Ubersuggest akan menampilkan semua konten yang berkaitan dengan kata kunci yang kamu butuhkan.
Dari semua daftar konten, kamu juga bisa melihat estimasi jumlah pengunjung, backlink, dan social shares di Pinterest dan Facebook. Kamu juga bisa membuka konten-konten tersebut untuk mengetahui konten apa saja yang dibuat oleh kompetitor.
Cara Menggunakan UberSuggest:
A. Buka UberSuggest
B. Masukkan topik website kamu (kata kunci baru yang ingin kamu ketahui), nama negara yang ingin kamu targetkan, dan klik “Search”.
C. Disini kamu bisa melihat data volume pencarian, SEO difficult, paid difficult, dan cost per click yang bisa digunakan untuk iklan.
Kamu juga bisa melihat beberapa keyword ideas lengkap dengan tingkat popularitas (trend), volume pencarian, data CPC, PD, dan SD.
Content Ideas:
2. KWFinder
Hampir sama dengan Ubersuggest, KWFinder juga SEO tools gratis yang bisa kamu gunakan untuk menemukan keyword yang tepat untuk website atau blog kamu. Tools ini menampilkan informasi yang cukup lengkap.
Cara Menggunakan KWFinder
A. Buka KWFinder .
B. Masukkan topik website (kata kunci baru), negara, bahasa, dan klik “Find Keyword”.
C. Di sebelah kiri kamu bisa melihat beberapa saran kata kunci yang dilengkapi dengan tren pemakaian keyword dalam 12 bulan terakhir, volume pencarian, rate CPC dan PPC, serta tingkat kesulitan keyword secara SEO (KD).
D. Dan disebelah kanan kamu bisa melihat performa SERP kata kunci yang kamu masukkan (SEO Difficult dan Search Volume). Serta beberapa website yang menempati ranking teratas akan dianalisis dengan angka domain authority, page authority, citation flow, trust flows, backlink, social shares di Facebook, link profile strength, dan estimasi pengunjung per bulan.
3. Wordtracker
Tools selanjutnya yang bisa kamu gunakan yaitu wordtracker. Hanya dengan satu halaman saja, kamu bisa menemukan beberapa kata kunci yang sudah dilengkapi dengan volume pencarian, tingkat competition, dan mengetahui jumlah sebuah kata kunci muncul di tag judul dan tag backlink .
Cara menggunakan wordtracker
A. Buka wordtracker.
B. Masukkan kata kunci baru dan klik “Search”.
C. Wordtracker akan menampilkan beberapa kata kunci yang sesuai dengan kebutuhan kamu.
D. Kamu juga bisa menemukan saran kata kunci untuk beberapa mesin pencarian lain (selain Google). Misalnya Amazon, Youtube, dan eBay.
4. Moz
Moz menjadi salah satu SEO tools yang cukup populer dan telah digunakan banyak orang di dunia. Moz akan menampilkan beberapa kata kunci dan volume pencarian setiap bulannya (monthly volume).
Moz juga akan menampilkan SERP Analysis yang berisi beberapa konten yang berhubungan kata kunci yang kamu butuhkan. Tentu ini akan membantu kamu menemukan ide konten yang sesuai dengan kata kunci yang kamu butuhkan.
Cara menggunakan Moz
A. Buka Moz .
B. Masukkan kata kunci baru dan klik “ search keywords now”.
C. Moz akan menampilkan beberapa kata kunci beserta volume pencarian setiap bulannya.
D. Dan hasil SERP Analysis, dimana-masing website dilengkapi dengan Page Authority (PA) dan Domain Authority (DA).
5. Google Suggest
Cara terakhir yaitu menggunakan Google Suggest. Cara ini merupakan cara yang paling banyak digunakan dan paling mudah untuk dilakukan.
Cara menggunakan Google Suggest
A. Buka Google.
B. Memasukkan kata kunci pada kotak pencarian Google, maka Google akan menampilkan beberapa kata kunci yang sering digunakan oleh pengguna Google.
6. Google Trends
Jika Google Trends biasa dikenal dengan tools Google yang digunakan untuk mencari topik yang sedang tren, ternyata tools ini juga bisa digunakan untuk riset keyword. Kamu bisa menemukan berbagai keyword yang tepat untuk konten kamu.
Cara Menggunakan Google Trends
A. Buka Google Trends .
B. Masukkan kata kunci yang ingin kamu riset, dan jangan lupa untuk mengganti nama negara pada bagian kanan atas sesuai dengan lokasi yang ingin kamu targetkan.
C. Kamu bisa melihat pada bagian “Related Queries” mengenai beberapa keyword yang tepat untuk konten kamu.
7. SEMrush
SEMrush adalah tools yang kembangkan oleh perusahaan asal Massachusetts, AS. Tools ini juga memungkinkan kamu untuk menemukan keyword yang tepat untuk konten (website) kamu.
Pada akun gratis, kamu bisa mencari hingga 10 keyword setiap harinya. Tetapi kamu juga bisa upgrade menjadi akun premium mulai dari $99.95 (Rp1.444.477) setiap bulannya.
Cara Menggunakan SEMRush
A. Buka SEMRush.
B. Masukkan kata kunci (maksimal 100 kata kunci) dan ganti nama negara yang ingin kamu targetkan, kemudian klik tombol “Analyze” untuk melakukan riset.
C. Kamu akan menemukan berbagai informasi penting terkait kata kunci tersebut, seperti volume pencarian, Keyword Difficulty (KD), Cost Per Click (CPC), beberapa saran kata kunci yang related, 100 website terbaik yang berkaitan dengan kata kunci yang kamu gunakan, hingga pertanyaan terkait.
8. Answer The Public
Answer The Public memungkinkan kamu untuk menemukan berbagai saran kata kunci kata kunci yang tepat mengenai kata kunci yang kamu riset. Tools ini juga akan menampilkan beberapa ide konten untuk dijadikan konten selanjutnya.
Disini kamu juga akan menemukan berbagai pertanyaan mendasar terkait kata kunci yang kamu cari menggunakan unsur What, Who, When, Where, Why, When, Who, Which, Are, Will, Can, dan How. Selain itu, kamu juga bisa menemukan berbagai kata kunci terkait yang disusun berdasarkan alfabet.
Cara Menggunakan Answer The Public
A. Buka Answer The Public.
B. Masukkan kata kunci yang akan kamu riset, pilih negara dan bahasa yang akan kamu gunakan, serta klik tombol “Search” untuk melakukan riset.
C. Berikut beberapa saran kata kunci yang tepat untuk kamu gunakan.
Dan contoh beberapa pertanyaan mengenai keyword yang kamu riset, mungkin bisa dijadikan konten kamu selanjutnya.
9. Keyword Tools Determinator
Tools selanjutnya yang bisa kamu gunakan yaitu Keyword Tools Determinator, tools ini memungkinkan kamu untuk melakukan riset pada berbagai mesin pencari, seperti Amazon, Bing, eBay, Etsy, Google, Google Shopping, Walmart, and Youtube.
Untuk pengguna akun gratis, kamu hanya bisa melakukan riset sebanyak dua kali, namun kamu bisa menggunakan akun berbayar untuk bisa menggunakan kembali.
Cara Menggunakan Keyword Tools Determinator
A. Buka Keyword Tools Determinator.
B. Pilih mesin pencari keyword tools yang akan kamu gunakan, disini saya akan menggunakan “Google”.
C. Masukkan kata kunci yang akan kamu riset, pilih negara, bahasa, dan klik tombol “Search”.
D. Melalui tools ini, kamu bisa melihat beberapa keyword yang bisa digunakan, serta rank kata kunci tersebut pada mesin pencari.
10. Youtube Suggest
Sama halnya dengan Google, youtube juga memungkinkan kamu untuk menemukan kata kunci pada kolom pencarian. Youtube akan menampilkan beberapa kata kunci yang sering digunakan oleh pengguna Youtube. Cara ini bisa kamu gunakan untuk konten video kamu.
Cara Menggunakan Youtube Suggest
A. Buka Youtube.
B. Masukkan kata kunci pada kotak pencarian Youtube, kamu bisa melihat beberapa saran kata kunci yang banyak digunakan oleh banyak orang.
11. Soovle
Walaupun tidak menampilkan informasi volume search, Keyword Difficulty (KD), Cost Per Click (CPC), namun tool ini terlihat unik dan sederhana sehingga banyak digunakan untuk melakukan riset keyword.
Soovle dapat menemukan informasi terkait keyword yang kamu cari dari berbagai mesin pencari dan channel online seperti Google, Wikipedia, Amazon, Answers, Youtube, Bing, Yahoo, Ebay, Buy.com, dan Overstock.com.
Dan kamu tidak perlu mengklik halaman mesin pencari satu per satu untuk menemukan informasi kata kunci terkait.
Cara Menggunakan Soovle
A. Buka Soovle.
B. Masukkan kata kunci yang akan kamu riset, dan Soovle akan menampilkan beberapa saran kunci untuk masing-masing mesin pencari.
12. Ahrefs Keyword Generator
Ahrefs Keyword Generator juga banyak digunakan untuk menemukan kata kunci yang tepat untuk sebuah konten. Tools ini memungkinkan kamu melakukan riset pada berbagai mesin pencari, seperti Google, Bing, Youtube, dan Amazon.
Kamu bisa menggunakan akun gratis, tetapi untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap, kamu bisa upgrade menjadi akun premium (berbayar).
Cara Menggunakan Ahrefs Keyword Generator
1.Buka Ahrefs Keyword Generator.
2. Pilih mesin pencari yang akan kamu targetkan, masukkan kata kunci yang akan di riset, pilih negara, dan klik tombol “Find Keyword”.
3. Untuk penggunaan akun versi gratis akan menampilkan informasi mengenai Keyword Difficulty (KD), Search Volume, dan update pencarian kata kunci terkait.
Namun untuk versi premium, tools ini akan menampilkan informasi yang lebih lengkap, mulai dari Keyword Difficulty (KD), Search Volume, Jumlah clicks, CPC, CPS, RR, SF, Parent topic, SERP, serta update pencarian mengenai kata kunci.
Tools Mana Yang Akan Kamu Coba?
Nah itulah 12 cara menemukan keyword atau kata kunci secara gratis versi Whello. Namun, perlu diingat bahwa riset kata kunci hanyalah salah satu bagian dari strategi SEO yang lebih besar. Untuk mengoptimalkan potensi kata kunci dan merumuskan strategi SEO yang efektif, lebih baik mendapatkan bantuan dari para profesional. Selain menggunakan alat-alat tersebut, kamu juga dapat mempertimbangkan untuk memanfaatkan jasa SEO dari Whello.
Whello telah terbukti efektif dalam membantu klien dari berbagai industri dalam meningkatkan visibilitas online mereka. Dengan keahlian dan pengalaman yang luas, Whello dapat membantu kamu mengoptimalkan strategi keywords dan mencapai hasil yang diinginkan dalam waktu yang lebih efektif. Jangan ragu untuk bergabung dengan Whello dan temukan bagaimana mereka dapat membantu mewujudkan tujuan SEO secara maksimal!
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!