Menargetkan kata kunci (keyword) yang tepat pada artikel sangat penting untuk membantu website mudah ditemukan di mesin pencarian. Kata kunci juga sangat berpengaruh terhadap kualitas SEO. Dan hal ini juga penting kamu pahami walaupun kamu menggunakan Jasa SEO agar kamu tahu keyword yang kamu target sudah sesuai target market kamu.
Di saat membuat artikel, langkah pertama yang perlu kamu lakukan yaitu menentukan kata kunci yang sesuai dengan topik artikel. Untuk menemukan kata kunci yang tepat, ada beberapa tools yang dapat membantu kamu.
Berikut tools untuk menemukan kata kunci:
1. Google Keyword Planner
Google Keyword Planner merupakan salah satu tools yang dimiliki oleh Google untuk mencari kata kunci. Google Keyword Planner dapat memperlihatkan tingkat popularitas dari beberapa kata kunci yang sedang trend.
Cara kerja Google Keyword Planner:
a. Masukkan Kata Kunci Baru
Sebelum menemukan kata kunci yang tepat, masukkan beberapa ide kata kunci baru yang akan kamu pakai. Google Keyword Planner akan menampilkan jumlah rata-rata pencarian setiap bulan dari kata kunci tersebut. Kamu bisa mengatur jumlah pencarian berdasarkan waktu yang kamu inginkan, seperti : “last month” , “last 7 days” atau “last 12 months”
b. Analisa Hasil Penelusuran Kata Kunci
Berdasarkan jumlah rata-rata pencarian setiap bulannya, kamu bisa membandingkan antara satu kata kunci dengan kata kunci lainnya. Hal ini akan mempermudah kamu memilih kata kunci yang paling banyak dicari setiap bulannya.
Perhatikan contoh pencarian kata kunci di bawah ini:
Pada gambar diatas kamu dapat melihat perbandingan hasil riset dari kata kunci “belajar seo” dan “tips SEO”. Ternyata jumlah rata-rata pencarian diantara kedua kata kunci tersebut lebih banyak yang mencari “belajar seo” daripada “tips SEO”.
Oleh karena itu lebih disarankan menggunakan kata kunci “belajar SEO” daripada “tips SEO” karena lebih banyak pembaca yang mencarinya.
2. KWFinder
Hampir sama dengan Google Keyword Planner, KWFinder juga dapat digunakan untuk mencari kata kunci yang tepat. KWFinder juga akan menelusuri beberapa kata kunci berdasarkan jumlah rata-rata pencarian setiap bulan dari sebuah kata kunci.
KWFinder cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan kamu dalam menemukan kata kunci. Namun untuk versi yang free, fitur yang disediakan terbatas. Kamu perlu meng-upgrade akun ke premium untuk melihat fitur yang lebih lengkap.
Cara Kerja KWFinder:
a. Masukkan Kata Kunci Baru
Sebelum mendapatkan kata kunci yang tepat, kamu perlu menyediakan kata 1 kata kunci baru untuk artikel kamu.
b. Analisa Hasil Penelusuran Kata Kunci
KWFinder akan menampilkan jumlah rata-rata pencarian setiap bulan dari kata kunci yang kamu masukkan dan beberapa kata kunci lain yang saling berhubungan.
Perhatikan contoh hasil penelusuran kata kunci di bawah ini:
Pada gambar diatas kamu dapat melihat hasil riset dari kata kunci “tips seo” dan beberapa kata kunci lain. Tetapi jumlah rata-rata pencarian setiap bulannya, kata kunci “belajar seo” lebih banyak yang daripada “tips SEO”.
Oleh karena itu lebih disarankan menggunakan kata kunci “belajar SEO” daripada “tips SEO” karena lebih banyak pembaca yang mencarinya.
3. Google Suggest
Cara lain untuk menemukan kata kunci yang tepat yaitu dengan menggunakan Google Suggest. Cara ini paling mudah untuk dilakukan. Tinggal memasukkan kata kunci pada kotak pencarian Google.
Google akan menampilkan beberapa kata kunci yang sering digunakan oleh pengguna Google.
Perhatikan contoh dibawah ini:
Dari ketiga cara diatas, yang manakah yang menjadi favorit kamu untuk mencari kata kunci? Atau kamu punya cara lain yang biasa kamu lakukan untuk menemukan kata kunci?
Cara Riset untuk Bisnis Lokal
Apabila bisnismu berfokus pada daerah tertentu, ada baiknya menggunakan metodde local riset keyword.
Semoga bermanfaat!
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Cara Meningkatkan Domain Authority, Ini Langkah yang Harus Dilakukan
Domain authority merupakan salah satu faktor penting dalam SEO. Berikut beberapa cara meningkatkan domain authority yang bisa kamu lakukan.
Panduan Lengkap Memaksimalkan Internal Linking untuk Optimasi SEO
Tingkatkan kualitas SEO dan pengalaman pengguna pada website dengan mengoptimalkan penggunaan internal linking yang efektif. Ini panduannya!
Video Ads: Pengertian dan 7 Manfaatnya untuk Meningkatkan Branding
Sebagai content creator, kamu pasti sudah mengetahui istilah video ads. Yuk, simak penjelasan apa saja manfaatnya untuk tingkatkan branding!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!