Cara mengatasi Admin Bar WordPress Tidak Muncul

1 menit
Cara mengatasi Admin Bar Wordpress Tidak Muncul

Cara mengatasi Admin Bar WordPress Tidak Muncul. Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai admin bar wordpress yang tidak muncul setelah login pada halaman utama website. Kejadian ini memang tidak cukup sering terjadi, namun ada baiknya ini diatasi sedini mungkin. Ini merupakan pengalaman saya pribadi dimana ketika setelah login dan menuju halaman utama atau homepage admin bar tidak muncul. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini, namun ada beberapa juga tidak berfungsi. Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi admin bar wordpress tidak muncul setelah login.

1. Non-aktifkan Plugin

Buka dashboard website kamu dan buka menu plugin, coba untuk menonaktifkan satu persatu plugin yang aktif pada website kamu. Bisa jadi ada beberapa plugin yang membuat fungsi tidak sesuai yang menyebabkan admin bar wordpress hilang.

2. Cek File Footer.php

Penyebab yang sering terjadi adalah hilangnya kode pada bagian <?php wp_footer(); ?>. Fungsi ini biasanya ditemukan dalam file footer.php sebelum tag . Pastikan kode wp_footer tadi ada dan sesuai dengan penulisan atau pemanggilannya.

3. Aktifkan Tema WordPress Lain

Yang perlu kamu lakukan selain cara diatas adalah menonaktifkan tema wordpress. Kemudian aktifkan tema lain yang ada pada tema default wordpress, seperti twentynineteen.

4. Membuat Function

Tambahkan kode dibawah ini kedalam file function.php atau file kustom function kamu.

function admin_bar(){
if(is_user_logged_in()){
add_filter( 'show_admin_bar', '__return_true' , 1000 );
}
}
add_action('init', 'admin_bar' );

5. Bersihkan cache browser

Nah, untuk yang satu ini sangat saya rekomendasikan untuk kamu. Buka tab Incognito atau metode tab penyamaran pada Google Chrome lalu buka website kamu dan coba login. Jika ternyata pada tab incognito admin bar kamu muncul, sudah dipastikan yang menyebabkan admin bar wordpress pada website tidak muncul adalah cache. Bersihkan cache browser kamu minimal 3 sampai 6 jam sekali. Semakin sering semakin baik pula jika kamu sedang membangun sebuah website wordpress.

Begitu mudah bukan? Jika kamu menemukan cara lebih mudah dan mengalami kesulitan saat mengikuti langkah diatas, kamu dapat mengajukannya pada kolom komentar di akhir artikel ini. Semoga bermanfaat 🙂

2+


Web Developer

2 comments on “Cara mengatasi Admin Bar WordPress Tidak Muncul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *