5 Cara Menemukan Topik Terpopuler Untuk Artikel Website Kamu

1 menit

Topik merupakan salah satu bagian penting ketika ingin menulis artikel. Topik berisi poin pokok dari sebuah pembicaraan atau pokok permasalahan sesuatu yang akan menjadi landasan dalam penulisan sebuah artikel.

Topik dapat menjadi ciri “khas” suatu artikel. Topik juga akan membuat artikel kamu lebih terstruktur dan terarah. Topik yang kamu gunakan juga harus populer dan relevan dengan produk dan jasa yang kamu tawarkan.

Berikut 5 tips menentukan topik artikel di website kamu:

1. Bergabung Dengan Berbagai Forum dan Group Facebook

Topik dapat dikatakan populer ketika topik tersebut sering dibahas oleh banyak orang di suatu komunitas. Semakin banyak like atau komen dari suatu topik, maka topik tersebut semakin populer.

Untuk mencari forum yang relevan dengan artikel kamu, tinggal gunakan Google dengan kata kunci “forum [topik]”.

Sebagai contoh, ketika kita mengetikkan “forum [digital marketing]” di Google. Maka akan muncul beberapa pilihan forum digital marketing. Berikut salah satu contoh forum digital marketing yang saya temukan.

Berikut salah satu contoh forum digital marketing yang saya temukan.

Di forum tersebut ada yang menanyakan tentang “Google Search Console” Dan bisa kamu lihat juga kalau belum ada audience yang menjawabnya. Nah, “Google Search Console” ini bisa kamu jadikan topik untuk artikel yang akan kamu buat. Kemudian kamu bisa menjawabnya di forum tersebut dan juga menyertakan link artikel kamu didalamnya.

Dari cara tersebut, kamu sudah mendapatkan satu topik menarik yang bisa kamu buat.

Sedangkan untuk menemukan group di Facebook, kamu tinggal mengetikkan “group [topik]” di akun facebook kamu.

Kamu bisa pilih salah satu groups, kita ambil contoh “Digital Marketing Professionals” . Nah setelah join di group tersebut, kamu bisa melihat ada salah satu member yang bertanya tentang “guide to learn Digital Marketing” .

Dari group tersebut, kamu sudah mendapat ide topik lain untuk membuat artikel.

Lakukan hal tersebut ketika kamu buntu dalam menemukan topik yang relevan dengan bisnis kamu. Untuk mencari ide lain, kamu bisa mengganti yang ada di dalam tanda kurung dengan topik yang lainnya. Misalnya “group [internet marketing]” atau “group [bisnis kamu]”. Mudah bukan?

2. Cari Inspirasi Dari Blog Website Lain

Dengan membaca blog di website lain, maka kamu akan semakin mudah untuk menemukan topik yang populer.

Bacalah beberapa artikel website yang relevan dengan website kamu. Lakukan analisis dari beberapa sumber artikel tersebut. Buat daftar mengenai kelebihan dan kekurangan dari masing-masing artikel. Kemudian gabungkan poin-poin kelebihan tersebut menjadi sebuah artikel yang lebih lengkap.

3. Gunakan Quora

Quora merupakan situs tanya jawab terhadap topik tertentu dan melibatkan pengguna untuk ikut berkolaborasi dengan memberikan komentar mengenai suatu pertanyaan.

Semakin banyak yang bertanya mengenai suatu topik tertentu. Berarti topik tersebut sedang populer.

Berikut contoh penggunaan Quora:


Pada contoh diatas dapat dilihat beberapa pertanyaan mengenai “digital marketing”. Topik yang menjadi pertanyaan banyak audience, dapat kamu jadikan topik artikel kamu.

4. Gunakan Google Trends

Untuk menemukan topik yang sedang trend, Google Trends dapat dijadikan solusi yang tepat dalam hal ini. Google Trends adalah grafik statistik pencarian topik website yang sedang trend pada kurun waktu tertentu.

Topik yang ditampilkan Google trends ditampilkan menurut kota, wilayah atau bahasa terkait topik yang menjadi trend.

Berikut contoh penggunaan Google Trends:

Pada gambar diatas kamu dapat melihat grafik terhadap pencarian topik tertentu. Pada grafik tersebut bisa dilihat bahwa topik yang kamu cari semakin meningkat dari dari waktu ke waktu, bisa dikatakan topik tersebut topik yang populer.

5. Gunakan Pinterest

Pinterest merupakan salah satu media sosial yang dijadikan “gudang ide” yang dapat membantu kamu menemukan topik artikel. Pinterest menampilkan beberapa infografik yang menggambarkan topik tertentu.

Biasanya infografik yang ditampilkan berisi gambar, deskripsi, dan link yang mengarahkan pembaca ke pada artikel terkait.

Berikut contoh penggunaan Pinterest:

5 Tips diatas dapat dijadikan panduan untuk menemukan topik populer dan juga relevan dengan bisnis kamu. Apakah kamu mempunyai pengalaman lain mengenai cara menemukan topik populer dan relevan dengan bisnis kamu? Apa kesulitan yang kamu temukan? Mari kita berdiskusi.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *