Untuk mendapatkan peringkat pertama di mesin pencarian Google diperlukan berbagai strategi SEO yang bisa dilakukan. Selain membuat artikel yang berkualitas dan bermanfaat, banyak juga yang melakukan Backlink.
Backlink menjadi salah satu hal penting buat sebuah website, karena backlink dapat memberitahu Google bahwa konten pada sebuah website merupakan konten yang berkualitas dan relevan. Jika banyak situs yang memberikan tautan link, Google akan menampilkan website tersebut pada halaman pertama mesin pencari.
Bisa dikatakan, backlink memegang peranan penting dalam kesuksesan website atau blog kamu, baik dalam hal posisi website di mesin pencari maupun dalam meningkatkan trafik website.
Dibawah ini kita akan membahas beberapa hal mengenai Backlink.
Daftar isi
Apa Itu Backlink?
Backlink adalah link yang dipasang pada sebuah website atau blog yang mengarah ke website atau blog kamu. Misalnya, website A adalah website kamu, sedangkan website B adalah website orang lain. Kemudian website B memberikan tautan pada salah satu halaman pada website A.
Pada proses backlink terdapat pemberi dan penerima backlink. Kamu adalah pemberi backlink ketika meletakkan link pada website atau blog orang lain di website kamu. Sedangkan penerima backlink adalah website atau blog yang mendapatkan link dari pemberi backlink.
Semakin banyak link website lain yang mengarah ke website kamu, itu artinya website kamu semakin berkualitas.
Istilah Penting Dalam Backlink
Berikut 7 istilah-istilah yang erat kaitannya dengan backlink.
A. Anchor Text
Anchor text adalah teks yang digunakan untuk meletakkan link pada sebuah backlink. Buatlah anchor text yang sesuai dengan kata kunci (keyword) yang kamu targetkan. Misalnya kamu menargetkan website kamu dengan kata kunci “jual baju murah” maka gunakanlah kata-kata tersebut pada anchor text pada backlink website kamu.
B. Link Juice
Link juice adalah backlink yang berkualitas. Ketika website lain melakukan backlink pada website kamu, link juice dapat membantu meningkatkan peringkat website, serta meningkatkan otoritas domain.
C. No Follow Link
Ketika sebuah website memberikan link pada website lain, tetapi link tersebut memiliki tag “no follow link”, Google tidak akan mengindeks (crawling) link tersebut sebagai backlink.
D. Do Follow Link
Kebalikan dari no follow link, Google akan mengindex sebuah link pada sebuah website yang mengarah ke website lain. Dan link tersebut juga bisa dikatakan sebagai backlink.
E. Internal Link
Internal link adalah link yang terdapat pada sebuah halaman website yang mengarah ke halaman lain dalam website (domain) yang sama.
F. Linking Root Domain
Link yang mengacu pada jumlah backlink yang mengarah ke website kamu. Jika sebuah website telah dikaitkan dengan website kamu sebanyak sepuluh kali, maka link tersebut dianggap sebagai link dari satu root domain.
G. Low Quality Link
Low quality link adalah backlink yang tidak berkualitas, misalnya link dari situs spam atau situs yang memiliki nilai asusila (situs porno misalnya).
Manfaat Backlink Untuk Website
Ada 6 manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan adanya backlink yang mengarah ke website kamu.
1. Menjaga Reputasi Website
Ketika seorang user melakukan pencarian pada mesin pencari, mereka akan memasukkan kata kunci sesuai dengan kebutuhan mereka. Biasanya Google akan menampilkan hasil pencarian pada halaman-halaman website yang populer.
Nah bagaimana cara Google menilai sebuah website dikatakan populer atau tidak? Salah satunya caranya yaitu melihat backlink pada setiap website. Semakin banyak link yang mengarah pada suatu website, semakin baik pula reputasi website tersebut di penilaian Google.
2. Meningkatkan Kredibilitas Website
Selain meningkatkan reputasi, Google juga akan menilai backlink di website kamu berdasarkan relevansinya. Backlink yang relevan adalah backlink yang didapatkan dari website atau blog dari niche website yang relevan.
Misalnya sebuah perusahaan kuliner memiliki backlink relevan ketika mendapatkan backlink dari website atau blog yang memiliki niche website makanan atau minuman. Dengan begitu, website kuliner tersebut dianggap kredibel oleh Google.
Namun apa jadinya jika website fashion mendapatkan backlink dari website smartphone. Tentu Google akan mempertanyakan kredibilitas website tersebut.
3. Google Menemukan Website Melalui Backlink
Saat melakukan crawling, Google akan lebih memprioritaskan website yang memiliki banyak backlink untuk ditampilkan pada halaman pencarian. Semakin banyak backlink yang kamu dapatkan, semakin mudah pula Google menemukan halaman website kamu.
Namun, kamu juga perlu mempertimbangkan kualitas backlink. Jangan sembarangan mencari backlink. Karena backlink yang tidak berkualitas bisa merugikan website kamu, terutama pada kualitas SEO.
4. Meningkatkan Trafik Website
Backlink juga membantu meningkatkan jumlah trafik (pengunjung) yang datang ke website kamu. Terlebih jika website yang memberikan backlink tersebut sudah memiliki reputasi yang bagus di Google dan memiliki banyak trafik.
Trafik yang didapatkan dari website pemberi backlink juga akan mengarah ke website kamu.
5. Menciptakan Relationship
Manfaat selanjutnya yaitu menciptakan relationship (hubungan) dengan banyak pihak lain. Hal ini biasanya berawal dari mereka yang mulai bergabung dengan newsletter kamu atau melakukan beberapa aksi di website.
Bisa saja nantinya mereka menjadi partner bisnis atau bahkan calon konsumen kamu. Website atau bisnis kamu akan semakin dikenal oleh banyak orang kan?
6. Meningkatkan Brand Awareness
Salah satu hal yang sering dilupakan oleh pengguna jasa SEO adalah brand awareness. Dengan seringnya audience membaca website kita, hal itu akan meningkatkan brand awareness walaupun audience ini tidak langsung melakukan pembelian.
Backlink juga membantu meningkatkan brand awareness pada bisnis kamu. Brand awareness adalah kemampuan konsumen dalam mengenali atau mengingat sebuah merek (brand), seperti nama, gambar, logo atau slogan yang digunakan oleh sebuah brand.
Semakin banyak orang yang melakukan backlink terhadap website kamu, semakin banyak pula yang mengingat bisnis kamu.
Kriteria dan Contoh Backlink Berkualitas
Saat melakukan backlink, tentu kamu tidak sembarangan membuat tautan ke website lain. Karena Google tidak hanya menilai backlink dari kuantitas saja, tetapi juga mempertimbangkan kualitas agar tidak merugikan masing-masing website.
Ada 6 kriteria backlink yang berkualitas beserta contoh:
1. Terindeks Google
Kriteria yang paling penting yaitu website yang terindeks Google. Kamu harus membuat backlink pada website yang sudah terindeks Google, karena jika tidak backlink kamu akan menjadi suatu hal yang sia-sia.
Cara mudah untuk mengecek sebuah website sudah terindeks Google atau belum, cukup ketikan “site:namawebsite.com”. Jika Google menampilkan beberapa halaman website, itu artinya website tersebut sudah terindeks Google.
Contoh website yang tidak di indeks Google:
Contoh website yang sudah di indeks Google:
2. Trafik Website
Kamu juga perlu mempertimbangkan jumlah trafik yang dihasilkan oleh sebuah website sebelum melakukan backlink. Untuk mengetahui trafik sebuah website, ada beberapa tools yang bisa kamu gunakan, seperti Alexa.
3. Memiliki Otoritas yang Baik
Website yang ingin kamu gunakan untuk backlink juga harus memiliki otoritas yang bagus. Karena website yang memiliki otoritas yang bagus biasanya memiliki kredibilitas yang baik pula (dapat dipercaya banyak orang). Untuk mengetahui otoritas sebuah website, kamu bisa menggunakan Small SEO Tools.
4. Kualitas Outbound Link
Outbound link adalah link yang diberikan dari website kamu menuju website lainnya yang dianggap terpercaya dan memiliki otoritas yang baik. Outbound link juga hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan backlink.
5. Relevansi
Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, kamu harus mendapatkan backlink yang relevan agar bisa memperoleh dampak yang positif dari backlink. Untuk mengetahui sebuah website relevan dengan website kamu, kamu bisa melihat berdasarkan konten, produk atau jasa yang ditawarkan atau menghubungi kontak mereka untuk bertanya beberapa hal mengenai website mereka.
Strategi Mendapatkan Backlink Berkualitas
Pada artikel sebelumnya, kita sudah pernah membahas cara mendapatkan backlink berkualitas pada tips backlink berkualitas untuk SEO berkualitas, ada 7 strategi yang bisa kamu lakukan.
- Tempatkan backlink pada Website dengan nilai otoritas yang tinggi.
- Gunakan backlink dengan anchor text keyword yang kita targetkan.
- Menanam backlink dengan Konten yang Informatif.
- Pantau sumber backlink kompetitor.
- Cari sumber backlink dari letak geografis yang berbeda.
- Backlink Do follow dan No follow.
- Jangan pernah menggunakan backlink generator atau sejenisnya.
- Review atau bahas seseorang.
Baca juga: Cara Cek Backlink Website Kompetitor
Nah itulah beberapa hal mengenai backlink, kamu bisa menerapkan beberapa strategi diatas ketika melakukan backlink. Semoga bermanfaat.
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Mengenal Aged Domain? Apakah Termasuk Ranking Factor?
Optimalkan website dengan cepat menggunakan aged domain. Pelajari kelebihan, kekurangan hingga ciri-ciri aged domain yang bagus di sini!
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!