Sebagai pebisnis online, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah “Landing Page”. Landing page adalah salah satu strategi online marketing yang membantu sebuah bisnis untuk mengubah pengunjung menjadi konsumen atau leads.
Lalu bagaimana cara membuat landing page untuk bisnis? Bagaimana cara optimalisasinya? Di artikel ini kami akan membahas cara (tutorial) membuat landing page, serta tips untuk optimalisasi landing page.
Daftar isi
Apa Itu Landing Page?
Landing page adalah halaman website yang didesain dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan atau mengumpulkan leads dalam sebuah bisnis. Misalnya landing page untuk penawaran produk atau jasa, download aplikasi atau e-book, ataupun landing page untuk mengajak audiens mengisi sebuah halaman formulir member.
Melalui landing page, audiens akan lebih mudah memahami apa yang kamu tawarkan, membantu bisnis kamu mendapatkan konsumen yang lebih spesifik, dan mempermudah mereka melakukan suatu aksi (tindakan) yang sesuai dengan tujuan marketing kamu.
Landing page bisa dibuat pada website itu sendiri atau dibuat terpisah dari website. Berikut contoh landing page yang terdapat dalam sebuah website.
Lihat selengkapnya di Paket Jasa SEO Whello
Dan contoh landing page yang dibuat terpisah dari website itu sendiri.
Lihat selengkapnya di Viar Pekanbaru
Setelah melihat dua contoh diatas muncul pertanyaan, apa beda landing page dengan homepage dalam sebuah website? Bukannya homepage juga memberikan gambaran mengenai isi dari sebuah website? Baca penjelasannya pada bagian berikut.
Perbedaan Landing Page dan Homepage
Homepage (halaman depan) adalah halaman website yang dilihat pertama kali oleh audiens ketika mengetikkan nama domain website kamu di mesin pencarian (Google).
Sedangkan landing page adalah salah satu halaman yang terdapat pada sebuah website atau halaman website yang berdiri sendiri yang menjadi halaman pertama yang dituju pengunjung dari pihak ketiga (iklan PPC, media sosial, email marketing, dan lain-lain).
Homepage didesain untuk pengunjung agar bisa memahami bisnis kamu secara keseluruhan. Berbeda dengan landing page yang didesain untuk menghasilkan conversion.
Kamu juga melihat perbedaannya ada tabel berikut:
Homepage | Landing Page |
---|---|
Berfungsi untuk memberikan gambaran mengenai bisnis secara keseluruhan. | Berfungsi untuk mendapatkan trafik dari beberapa strategi bisnis yang lain, seperti iklan, email marketing, ads referral, dan lain-lain. |
Mengarah pada halaman utama website. | Mengarah pada salah satu halaman dalam sebuah website. |
Menyediakan link ke halaman-halaman penting lain dalam website. | Fokus pada satu topik tertentu, misalnya halaman untuk menawarkan jasa pembuatan website atau halaman untuk menawarkan jasa social media marketing. |
Memungkinkan calon konsumen untuk mempelajari semua produk atau jasa yang ditawarkan. | Mendorong calon konsumen untuk mengambil tindakan tertentu. Misalnya membeli produk. |
Tips Membuat Landing Page
Sebelum membuat landing page, kamu juga perlu memperhatikan beberapa tips untuk menghasilkan landing page yang optimal. Ada 7 tips membuat landing page.
- Tentukan tujuan landing page yang jelas.
- Buat rancangan landing page.
- Buat headline yang singkat, padat dan jelas.
- Buat kalimat pembuka yang menarik.
- Berikan deskripsi yang jelas pada setiap poin yang terdapat pada landing page.
- Buat CTA yang menarik.
- Masukan testimonial.
Mungkin sekarang kamu bingung, bagaimana cara membuat rancangan landing page, apa itu CTA? atau bagaimana cara membuat headline yang bagus? 7 tips diatas pernah kita bahas pada artikel sebelumnya mengenai 7 tips membuat landing page.
Cara Mudah Membuat Landing Page di WordPress
WordPress menyediakan plugin yang memungkinkan kamu untuk membuat, mengedit, dan melakukan kustomisasi tata letak halaman website tanpa coding. Tinggal menggunakan elemen-elemen yang diperlukan, misalnya baris, kolom, gambar, hingga posisi tulisan sesuai dengan kebutuhan desain.
Bukan hanya itu, plugin ini juga bisa digunakan secara gratis. Nama plugin nya yaitu Beaver Builder. Ikuti tutorial berikut untuk melakukannya.
1. Install Plugin Beaver Builder
Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk membuat landing page yaitu menginstall plugin beaver builder, ikuti langkah-langkah berikut.
A. Login ke dashboard WordPress website kamu.
B. Pilih menu “Plugin” dan klik “Add New”.
C. Masukkan “Beaver Builder” pada kolom pencarian, dan klik tombol “Install Now” untuk menginstall plugin.
D. Klik tombol “Activate” untuk mengaktifkan plugin.
E. Pilih menu “Setting” pada dashboard WordPress dan klik “Beaver Builder”.
2. Buat Desain Landing Page
Setelah melakukan menginstall plugin, selanjutnya kamu perlu membuat desain landing page yang sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu.
A. Buat page baru untuk landing page kamu.
B. Pilih template yang akan kamu gunakan.
C. Klik tab Beaver Builder pada bagian atas post editor.
D. Gunakan fitur yang disediakan oleh Beaver Builder, plugin ini menyediakan 3 menu utama:
1. Modules
Menu yang digunakan untuk menambahkan beberapa elemen pada landing page kamu, seperti Audio, Heading, Video, Text Editor, Button, dan lain-lain.
2. Rows
Menu yang digunakan untuk mengatur kolom.
3. Template
Beaver Builder juga menyediakan beberapa template yang bisa kamu gunakan, ada yang tersedia secara gratis ada juga yang berbayar.
Tinggal gunakan salah satu fitur yang kamu butuhkan, baik pada menu modules, rows, atau template.
3. Tambahkan CTA
CTA (Call to Action) adalah tombol yang berisi instruksi untuk mengajak pengunjung website melakukan aksi tertentu, misalnya lakukan pembelian, atau memberikan pilihan jawaban seperti “ya dan tidak”.
Kombinasi CTA dan landing page menghasilkan conversion rate yang tinggi, tetapi kamu juga perlu membuat CTA yang menarik, perhatikan tips berikut:
- Gunakan kalimat perintah.
- Buat kalimat sederhana, jelas, dan mudah dimengerti.
- Perhatikan ukuran dan warna tombol CTA.
- Sesuaikan dengan tujuan landing page dan jumlah konten yang buat sebelum diberi CTA.
Nah itulah salah satu cara membuat landing page yang cepat dan mudah, jika kamu seorang pebisnis dan berencana untuk membuat landing page, jangan lupa untuk memperhatikan 7 tips membuat landing page sebelum membuatnya.
Jika kamu butuh bantuan membuat landing page, Whello menyediakan jasa pembuatan landing page yang bisa membantu kamu membuat landing page sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis kamu. Tinggal hubungi kontak Whello dan lakukan konsultasi secara gratis terlebih dahulu!
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Dapatkan keuntungan maksimal dengan Copywriting yang tepat!
Promosikan produk dan jasamu dengan teknik copywriting yang tepat untuk menarik lebih banyak pelanggan potensial. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!