Bagi kamu seorang pebisnis online atau online marketer, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah Content Marketing, yaitu strategi pemasaran online yang dilakukan melalui sebuah konten. Baik itu konten pada website, media sosial, maupun blog bisnis.

Konten menjadi bagian penting dalam online marketing, karena melalui konten kita bisa menyampaikan berbagai informasi atau pesan mengenai bisnis kita kepada banyak orang.

Dan coba bayangkan, jika kamu hanya membuat akun bisnis di media sosial tanpa mengupdate konten secara teratur. Tentu tidak akan membuahkan hasil apa-apa dan membuat konsumen tidak percaya dengan bisnis kamu bukan?

Maka dari itu, tidak heran jika ada ungkapan “Content is King” yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti “Konten adalah Raja”.

Apa Itu Content Marketing?

Dikutip dari Content Marketing Institute, content marketing adalah strategi marketing yang melibatkan pembuatan dan distribusi konten yang relevan, penting, dan konsisten untuk menarik perhatian audiens dengan tujuan untuk mengkonversikan mereka menjadi konsumen.

Lyfe Marketing juga menyatakan, content marketing membantu meningkatkan conversion rate sebuah website sebanyak 6 kali lebih banyak dibandingkan website yang tidak menggunakan strategi content marketing.

pengaruh content marketing terhdap website

Source: Lyfe Marketing

Bukan hanya itu, 78% customer mengetahui sebuah bisnis melalui artikel dibandingkan iklan dan 70% customer lebih percaya dengan sebuah bisnis yang menyediakan berbagai jenis konten.

pentingnya-content-marketing

Sumber: Lyfe Marketing

Mengapa Content Marketing itu Penting?

Hingga saat ini, sudah banyak perusahaan besar yang menggunakan content marketing sebagai strategi promosi untuk bisnis mereka. Seperti Hubspot, RipCurl, Buffer, Rolex, Channel, dan masih banyak yang lain.

Berikut 6 alasan kenapa content marketing penting untuk bisnis kamu.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness adalah kemampuan konsumen dalam mengenali atau mengingat sebuah merek (brand), misalnya melalui nama, gambar, logo atau slogan yang digunakan oleh brand tertentu.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan brand awareness, salah satunya yaitu melalui content marketing. Karena dengan buat membuat konten yang relevan dengan bisnis kamu dan memberikan manfaat kepada banyak orang artinya kamu memberikan topik kepada mereka untuk dibicarakan.

Misalnya Whello membuat konten blog tips digital marketing. Ketika ada teman kamu yang bertanya bagaimana cara melakukan digital marketing untuk bisnisnya, kamu bisa membagikan link blog Whello tersebut.

Tentu saja untuk belajar digital marketing tidak hanya menggunakan satu artikel saja, mereka akan terus datang dan membaca artikel menarik lainnya. Semakin sering mereka berkunjung dan membaca blog Whello tersebut, maka mereka akan semakin mudah untuk mengingat atau mengenal Whello.

2. Mendapatkan Kepercayaan Konsumen

Sebagai pemilik bisnis, kamu perlu membangun kepercayaan konsumen terhadap bisnis kamu, Salah satu caranya yaitu dengan memanfaatkan content marketing.

Hal ini dikarenakan sebelum menentukan pilihan dalam membeli sebuah produk, kebanyakan orang melakukan riset terlebih dahulu. Melalui content marketing, mereka akan menemukan konten-konten berkualitas yang kamu buat ketika memasukkan nama bisnis kamu di mesin pencarian.

Bukan hanya itu, dengan membuat konten-konten yang berkualitas, konsumen akan beranggapan bahwa kamu memang ahli dalam bisnis yang kamu jalankan.

3. Meningkatkan Trafik Website

Membuat konten yang menarik dan memberikan manfaat bagi banyak orang akan membuat mereka sering berkunjung ke website kamu. Karena di website tersebut, mereka bisa memperoleh informasi lengkap mengenai produk atau jasa yang kamu tawarkan.

4. Memperbaiki Kualitas SEO

Konten juga menjadi salah satu elemen penting dalam optimalisasi SEO (Search Engine Optimization). Dengan membuat konten yang berkualitas, artinya kamu mengajak banyak orang untuk datang ke website.

Dengan begitu, Google akan menilai website kamu sebagai website yang memberikan manfaat bagi banyak orang dan dapat dipercaya. Website kamu akan berada di posisi yang bagus pada mesin pencarian Google.

5. Membantu Mengkonversikan Pelanggan

Content marketing akan membantu banyak orang agar percaya dengan bisnis kamu, melalui rasa percaya tersebut juga akan mengkonversikan mereka membeli (menggunakan) produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Elemen Penting dalam Content Marketing

Saat melakukan content marketing, ada 2 elemen penting yang perlu ada di dalamnya.

A. Relevan, Penting, dan Konsisten

Relevan, penting, dan konsisten merupakan 3 syarat utama yang harus ada pada konten yang kamu buat.

Relevan disini maksudnya konten yang kamu buat sesuai dengan bisnis yang kamu jalankan, misalnya bisnis kamu bergerak di bidang fashion, maka kamu perlu membuat konten yang berkaitan dengan fashion. Hal ini juga membantu meningkatkan kredibilitas audiens terhadap bisnis kamu.

Relevan saja tidak cukup, kamu juga perlu mempertimbangkan apakah konten tersebut penting (memberikan manfaat) bagi audiens. Dengan begitu, audiens akan sering berkunjung ke website bisnis kamu.

Syarat yang terakhir adalah konsisten, ketika melakukan content marketing, kamu tidak bisa mengandalkan satu konten saja untuk menarik perhatian audiens. Sehingga kamu harus konsisten dalam mengupdate konten.

B. Mampu Mengkonversikan Audiens

Saat membuat konten, hal lain yang perlu kamu ingat bahwa konten yang kamu buat bukan hanya untuk menghibur audiens. Ada tujuan yang harus kamu capai, yaitu mengkonversikan audiens (pembaca) menjadi pelanggan.

Jadi setelah membaca konten, konten tersebut seharusnya juga mampu membuat audiens tertarik untuk membeli produk atau layanan yang kamu jual.

Bentuk-Bentuk Content Marketing

Bentuk content marketing cukup beragam, berikut beberapa bentuk content marketing yang biasa digunakan.

1. Blog

Blog adalah platform yang berisi beberapa artikel. Melalui blog, kamu bisa menuangkan ide dan informasi secara lengkap. Kamu bisa membuat blog pada website bisnis atau melalui platform blogger.

Baca juga: Cara Membuat Blog dengan Blogger

Berikut salah satu contoh blog pada sebuah website bisnis:

contoh-content-marketing

2. Video

Video menjadi salah satu konten yang menarik untuk mempromosikan bisnis kamu. Video akan membuat audiens menghabiskan waktu yang lebih lama di website, serta menjadi solusi bagi audiens yang malas untuk membaca konten.

Berikut salah satu contoh video yang mempromosikan sebuah bisnis.

Source: Vista Hamidah

3. Email

Email termasuk salah satu bentuk content marketing, karena diperlukan beberapa konten ketika melakukan email marketing. Baik pada email promosi, email pengingat, shopping cart, dan newsletter.

Berikut salah satu contoh konten untuk email marketing.

contoh email untuk content marketing

4. Media Sosial

Setiap jenis media sosial tentu membutuhkan konten, baik konten untuk Instagram, Facebook, Twitter, dan jenis media sosial lainnya. Itulah kenapa media sosial dikatakan salah satu bentuk content marketing.

Berikut salah satu konten bisnis yang diunggah pada media sosial Instagram.

contoh content pada media sosial

5. Ebook

Dan yang terakhir ada ebook, yaitu bentuk content marketing yang menjadi solusi ketika kamu membutuhkan medium yang lebih panjang dari artikel blog.

Ketika membuat ebook, kamu bisa membuat syarat pengunduhan, dimana audiens perlu memasukkan email terlebih dahulu.

Hal ini juga membantu kamu mendapatkan leads melalui ebook yang kemudian bisa kamu konversikan menjadi konsumen di masa yang akan datang.

Kamu bisa melihat contohnya pada gambar dibawah:

contoh penggunaan ebook untuk content marketing

Demikian penjelasan mengenai content marketing, content marketing menjadi strategi marketing masa kini yang perlu diterapkan oleh berbagai sektor bisnis. Strategi ini tidak hanya memiliki efektivitas yang tinggi untuk menarik konsumen, tetapi juga dapat bertahan untuk jangka waktu yang panjang.

Jika kamu ragu untuk melakukannya sendiri, Jasa Copywriting Whello siap membantu kamu melakukan content marketing yang dibutuhkan oleh bisnis kamu. Whello akan membantu membuat konten yang bisa mengkonversi audiens menjadi konsumen serta bernilai tinggi di mata Google. Tunggu apa lagi? Hubungi kontak Whello sekarang!

Semoga bermanfaat.

Ready to Grow?