Pada tahun 2019, Instagram merilis fitur baru mereka yang bernama “Instagram Shopping”. Banyak pebisnis yang mengatakan bahwa fitur ini membantu meningkatkan penjualan produk mereka. Informasi produk kamu jadi lebih mudah dilihat oleh calon konsumen.
Facebook juga mengatakan, 87% pengguna Instagram cenderung melakukan pembelian dan mengunjungi website setelah melihat produk melalui fitur Instagram Shopping.
Nah, bagi kamu seorang pebisnis online, menggunakan Instagram Shopping menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan penjualan produk yang kamu tawarkan.
Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa hal mengenai Instagram Shopping, mulai dari apa itu instagram shopping, fitur Instagram Shopping, keunggulan Instagram Shopping, tips sukses melakukan Instagram Shopping, dan hal lainnya.
Daftar isi
Apa Itu Instagram Shopping?
Instagram Shopping adalah fitur Instagram untuk membuat katalog produk bisnis yang memungkinkan pelanggan kamu membeli produk secara langsung melalui postingan feed, stories, atau catalog di profil Instagram.
Jika kamu menggunakan fitur Instagram shopping, akan ada beberapa perubahan pada akun Instagram kamu, salah satunya tersedia tombol View Shop seperti gambar dibawah.
Kemudian juga ada ikon tas yang berisi nama produk, dan jika ikon tersebut di klik, maka pengguna dapat melihat harga produk. Lihat contohnya pada gambar berikut ini.
5 Kelebihan Menggunakan Instagram Shopping
Berikut 5 kelebihan Instagram Shopping yang dapat membantu meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis kamu.
1. Menjangkau Audiens yang Lebih Luas
Mengingat banyaknya pengguna instagram saat ini, Instagram menjadi salah satu platform media sosial yang banyak digunakan oleh banyak masyarakat Indonesia.
Selain untuk bersosialisasi, Instagram juga menjadi tempat untuk mencari dan menemukan sebuah brand. Banyak juga yang berbelanja menggunakan Instagram.
Melalui Instagram Shopping, kamu bisa menjangkau lebih banyak audiens hingga secara global. Menurut data Facebook, 130 pengguna mengklik sebuah postingan melalui Instagram Shopping untuk mempelajari lebih banyak tentang sebuah produk.
2. Meningkatkan Traffic Website
Instagram Shopping memungkinkan kamu untuk menampilkan tombol yang mengarah ke website kamu setelah pengguna melihat detail produk pada postingan. Terlebih pengguna lebih mempercayai bisnis yang memiliki website dibandingkan bisnis yang tidak memiliki website.
Sebuah review pengguna Instagram Shopping juga mengatakan traffic website mereka menjadi meningkat hingga 98% setelah menggunakan fitur ini (source: Facebook).
3. Mempermudah Konsumen Untuk Berbelanja
Instagram Shopping memungkinkan sebuah bisnis untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik dan lebih praktis. Pebisnis dapat memasukkan produk ke dalam foto, video, atau Instagram Story.
Konsumen dapat mengetahui produk atau melakukan transaksi tanpa harus keluar dari aplikasi Instagram.
Fitur Collections yang disediakan juga dapat membagikan katalog ke dalam beberapa kategori sehingga memudahkan konsumen untuk mengetahui produk yang ditawarkan. Dan fitur Product Launches juga meningkatkan ketertarikan calon pembeli terhadap produk yang akan segera diluncurkan.
Fitur Save pada Instagram Shopping membantu pengguna yang ingin membeli produk tersebut tetapi tidak di waktu yang tepat untuk menyimpan unggahan produk tersebut kemudian kembali membuka unggahan tersebut saat mereka siap untuk melakukan pembelian.
4. Promosi Lebih Mudah dan Beragam
Melalui Instagram Shopping, kamu dapat melakukan promosi dengan berbagai cara dan format, mulai dari foto, video, hingga live di Instagram Story. Kamu bisa mempromosikan produk kamu melalui fitur Shopping Ads ataupun bekerja sama dengan influencer melalui fitur Shopping for Creators.
Dengan fitur Shopping for Creators, tiap unggahan influencer akan memiliki label ‘Paid partnership with (nama brand)’ sehingga orang-orang yang melihatnya langsung tahu bahwa produk yang ditampilkan pada foto atau video merupakan produk kamu.
5. Terkoneksi dengan Konsumen
Selain mempermudah konsumen untuk berbelanja, fitur ini juga mempermudah mereka untuk berkomunikasi dengan kamu. Mereka bisa mengirimkan DM (Direct Message) atau meninggalkan pesan pada postingan.
Fitur Instagram Shopping
Setelah mengetahui apa itu instagram Shopping beserta kelebihannya, sekarang kita juga akan mengenal fitur-fitur yang terdapat pada Instagram Shopping itu sendiri.
A. Instagram Shopping Tag
Fitur ini berfungsi untuk memberikan tag (label) produk yang ada pada produk yang kamu posting dan tersedia dalam katalog produk.
Konsumen dapat melihat nama produk, harga, dan detail produk setelah mengklik tag produk yang kamu pilih.
Contoh detail produk
B. Katalog Produk
Sesuai dengan namanya, produk kamu akan ditampilkan pada katalog produk yang bisa dilihat oleh konsumen. Kamu bebas menambahkan produk yang ingin kamu jual serta membuat beberapa kategori produk.
Dan di tampilan katalog, konsumen bisa melihat foto produk, nama, dan harga produk. Klik salah satu produk untuk melihat informasi yang lebih detail.
Untuk melihat katalog, kamu bisa mengklik ikon Catalog pada profile akun.
Contoh catalog
C. Product Launches
Fitur ini memungkinkan untuk membuat pengumuman untuk launching produk terbaru. Kamu bisa menghitung mundur sehingga pelanggan dapat bersiap untuk langsung berbelanja online.
Pelanggan kamu juga dapat mengaturnya sebagai pengingat untuk memberikan notifikasi ketika produk sudah dirilis.
D. Instagram Shopping Ads
Instagram Shopping Ads merupakan fitur untuk mengiklankan postingan Instagram Shopping.
Fitur ini dapat digunakan untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Dan sama seperti fitur Instagram Ads, kamu dapat menentukan audiens yang sesuai dengan target pasar kamu.
E. Shopping From Creators
Apabila kamu bekerja sama dengan influencer atau content creator, mereka juga bisa men-tag produk kamu pada postingan mereka melalui fitur ini. Pada postingan, akan muncul tulisan “Paid Partnership with (nama brand)”.
Sehingga orang yang melihat langsung tahu bahwa produk yang ditampilkan pada foto tersebut merupakan produk kamu. Apabila di klik, konsumen bisa langsung mengetahui detail produk dan harganya serta melakukan transaksi.
F. Live Shopping
Fitur ini dapat digunakan untuk menjual produk kamu melalui Instagram Live. Jadi, kamu bisa mengajak orang untuk membeli produk secara langsung.
Konsumen kamu dapat langsung membeli produk dari sesi Instagram Live tersebut.
Tips Sukses Menggunakan Instagram Shopping
Saat menggunakan Instagram Shopping, kamu juga perlu memperhatikan tips dibawah ini.
1. Gunakan Konten yang Berkualitas
Saat menggunakan Instagram Shopping, tentu kamu membutuhkan beberapa konten visual, seperti foto atau video. Gunakan foto yang memiliki kualitas yang bagus untuk membuat postingan kamu semakin menarik dan membuat konsumen semakin yakin untuk menggunakan produk yang kamu tawarkan.
2. Gunakan Hashtag yang tepat
Hashtag Instagram dibuat untuk mengelompokkan posting dalam kategori tertentu. Ini bisa kamu manfaatkan sebagai strategi untuk membuat konten mudah ditemukan.
Ciptakan hashtag khusus untuk produk yang akan dipromosikan. Nantinya, pencarian dengan hashtag tertentu akan menampilkan semua postingan kamu di halaman pencarian dan jelajah (explore).
Melalui hashtag, audiens juga akan lebih mudah mengikuti update konten kamu. Jadi, secara tak langsung, konten kamu telah dipromosikan secara gratis.
3. Bagikan di Instagram Stories
Setelah membuat postingan yang telah dilengkapi oleh tag produk, jangan lupa untuk membagikan postingan tersebut di Instagram Stories, tujuannya agar produk kamu bisa diketahui oleh lebih banyak orang.
4. Pakai Instagram Shopping Ads
Jika kamu memiliki anggaran untuk mempromosikan produk, Instagram Shopping Ads menjadi strategi marketing yang bisa kamu lakukan selanjutnya.
Dengan iklan yang ditampilkan, audiens yang mengetuk iklan akan diarahkan ke halaman deskripsi item di Instagram. Kemudian, dapat membeli produk kamu langsung ponsel mereka.
Untuk menyiapkan Iklan Belanja Instagram, buka Pengelola Iklan Facebook kamu dan ikuti langkah-langkah berikut:
- Klik + Buat dan pilih tujuan: jangkauan, kesadaran merek, klik tautan, keterlibatan pos, atau konversi.
- Pilih audiens yang ingin kamu targetkan.
- Pilih Edit penempatan dan Feed Instagram sebagai tempat menjalankan iklan.
- Selama penyesuaian set iklan, pilih Gunakan Posting yang Ada.
- Pilih konten belanja yang ingin kamu jalankan sebagai iklan.
- Lengkapi informasi untuk iklan kamu.
Pastikan juga foto untuk iklan berkualitas tinggi, berisi hashtag, dan tag produk yang tepat. Dengan begitu, pelanggan akan lebih mudah mendapatkan informasi dan mengunjungi website toko online kamu.
Tertarik Menggunakan Instagram Shopping?
Dengan memanfaatkan fitur Instagram Shopping, kamu dapat meningkatkan penjualan produk atau jasa yang kamu tawarkan secara signifikan dengan memanfaatkan platform ini sebagai tempat untuk berjualan.
Namun, jika kamu membutuhkan bantuan lebih lanjut dalam mengoptimalkan strategi pemasaran kamu melalui media sosial, Whello Indonesia menawarkan Jasa iklan media sosial yang dapat membantu kamu mengelola dan mengoptimalkan kampanye iklan, sehingga kamu dapat mencapai hasil yang lebih maksimal dalam meningkatkan penjualan.
Berdiskusi dengan salah satu tim profesional Whello dengan cara mengisi form konsultasi dibawah atau klik tombol button WhatsApp yang ada di website.
Boost omset bisnis online kamu dengan Social Media Marketing!
Maksimalkan omset bisnismu dan dapatkan keuntungan dengan strategi social media marketing yang tepat. Mulai konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!