Jika pada artikel sebelumnya kita sudah membahas beberapa hal mengenai Instagram Shopping, mulai dari apa itu Instagram Shopping, kelebihan, fitur, dan tips sukses menggunakan Instagram Shopping.
Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara menggunakan Instagram Shopping untuk mempromosikan produk kamu. Ada 7 langkah yang harus kamu lakukan untuk bisa menggunakan Instagram Shopping.
Daftar isi
Langkah 1: Konfirmasi Kelayakan
Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu mengkonfirmasi kelayakan bahwa bisnis kamu layak untuk diperjual belikan.
Diketahui dari Instagram Business, ada 4 kriteria yang harus dipenuhi.
- Bisnis kamu berlokasi di pasar yang didukung.
- Bisnis kamu memiliki produk yang memenuhi syarat.
- Bisnis kamu memenuhi perjanjian dan kebijakan yang telah ditentukan oleh pihak Facebook.
- Bisnis kamu memiliki website yang digunakan untuk berjualan.
Langkah 2: Beralih Ke Akun Bisnis atau Creator
Jika bisnis kamu memenuhi 4 kriteria diatas, ubah akun Instagram kamu menjadi akun bisnis (Instagram for Business).
Seperti namanya, instagram bisnis ditujukan untuk orang-orang yang menggunakan Instagram untuk mengembangkan bisnisnya, baik untuk mempromosikan produk atau untuk berkomunikasi dengan calon konsumen.
Ikuti langkah-langkah berikut untuk beralih ke akun bisnis.
A. Klik menu “Setting” pada akun Instagram kamu.
B. Pilih “Account”.
C. Pada bagian bawah, klik “Switch to Professional Account” dan pilih kategori bisnis kamu.
Baca juga: Perbedaan Akun Instagram Biasa Dengan Akun Instagram Bisnis
Langkah 3: Hubungkan Ke Halaman Facebook
Untuk membuat Instagram Shopping, dibutuhkan halaman Facebook (Facebook Page) bisnis kamu.
A. Buka profile Instagram kamu.
B. Pilih “Edit Profile”.
C. Pilih “Page” dan Facebook Page yang akan dihubungkan.
C. Jika belum punya, pilih “ Create a New Facebook Page”.
Langkah 4: Unggah Katalog Produk
Untuk mengisi katalog produk kamu, bisa dilakukan melalui dua cara:
A. Melalui Facebook Business Manager.
B. Melalui partner platform e-commerce yang telah bersertifikasi, seperti Shopify atau BigCommerce.
Langkah 5: Minta Review Akun Kamu
Jika sudah selesai mengupload katalog, minta persetujuan Instagram untuk membuka toko.
A. Buka menu “Setting”.
B. Pilih “Sign up for Shopping”.
C. Ikuti beberapa langkah berikutnya.
D. Jika diterima, maka kamu akan mendapat notifikasi seperti dibawah ini.
Sumber gambar: Oberlo
Langkah 6: Nyalakan Instagram Shopping
Jika permintaanmu sudah diterima, mulai atur toko kamu.
A. Buka “Setting”.
B. Pilih “Business” dan klik “Shopping”.
Sumber gambar: Oberlo
C. Pilih “Product Catalogue”
D. dan pilih “Done”.
Langkah 7: Tambahkan Tag (Label) Produk
Langkah terakhir yaitu menambahkan tag (label) di produk yang akan kamu upload. Caranya bisa dilihat pada contoh dibawah ini.
Sumber gambar: Oberlo
Nah itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk menggunakan Instagram Shopping. Jika kamu kesulitan, Whello menyediakan Jasa Social Media yang bisa membantu kamu. Hubungi kontak Whello sekarang.
Semoga bermanfaat.
Boost omset bisnis online kamu dengan Social Media Marketing!
Maksimalkan omset bisnismu dan dapatkan keuntungan dengan strategi social media marketing yang tepat. Mulai konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Customer Retention: Definisi, Manfaat, dan Strategi
Pelajari cara mempertahankan dan meningkatkan hubungan jangka panjang dengan memahami definisi, manfaat, dan strategi Customer Retention!
Pentingnya Programmatic Ads Untuk UMKM dan Cara Kerjanya
Optimalkan eksposur bisnis UMKM dengan Programmatic Ads. Pelajari cara kerjanya untuk mengoptimalkan pengeluaran iklan secara efisien.
Cara Menggunakan Meta Ads Automation Untuk Para Pengiklan
Optimalkan strategi iklan kamu dengan menggunakan Meta Ads Automation. Pelajari caranya untuk hasil yang lebih efektif dalam artikel ini.
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!