Instagram menjadi salah satu media sosial yang populer dan banyak digunakan. Menurut Data Reportal menunjukkan Instagram menjadi media sosial kelima yang banyak digunakan di Indonesia.
Dan pada Oktober 2021, Instagram telah digunakan sebanyak 91.012.200 users (source: Napoleon Cat).
Instagram bukan hanya digunakan untuk kebutuhan pribadi, tetapi banyak para pebisnis yang menggunakan Instagram untuk kebutuhan bisnis mereka, baik untuk meningkatkan personal branding, meningkatkan brand awareness, promosi produk, memungkinkan konsumen melakukan komunikasi hingga melakukan transaksi.
Namun, promosi bisnis melalui Instagram bukan hanya mengenai posting konten saja. Kamu juga perlu mengetahui Algoritma Google yang terus diperbaharui. Tujuannya agar promosi yang kamu lakukan sesuai dengan algoritma Instagram terbaru untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.
Berikut merupakan pembahasan selengkapnya terkait apa itu algoritma Instagram, cara kerja, serta tips memaksimalkan postingan berdasarkan algoritma Instagram.
Daftar isi
Mengenal Algoritma Instagram
Algoritma Instagram merupakan rumus Instagram untuk menentukan postingan mana yang hendak ditampilkan pada halaman feed pengguna ketika membuka halaman home (beranda).
Algoritma Instagram akan terus berkembang seiring berjalannya waktu layaknya platform media sosial lainnya. Tentunya Instagram terus berusaha menampilkan tatanan feed terbaik bagi setiap penggunanya.
Ada beberapa hal yang mempengaruhi sebuah postingan feed yang ditampilkan, diantaranya hubungan (relationship), ketertarikan (interest), ketetapan waktu (timeliness), dan lainnya. Temukan penjelasan yang lebih lengkap dibawah ini.
Cara Kerja Algoritma Instagram
Menurut Later Blog, ada 6 hal yang menjadi kunci utama perhitungan algoritma Instagram.
A. Ketertarikan (Interest)
Jika sebelumnya seorang pengguna sering melakukan like, comment, atau save sebuah postingan tertentu, maka algoritma Instagram akan menampilkan jenis atau tema yang sama kepada pengguna tersebut pada beranda (feed)mereka.
Misalnya kamu sering memberikan like, comment, atau melakukan pencarian tentang tutorial food, maka saat membuka feed, beberapa postingan dengan tema tersebut akan muncul di beranda kamu.
B. Hubungan (Relationship)
Algoritma Instagram juga memprioritaskan postingan dari orang-orang terdekat kamu, seperti teman, keluarga, atau kerabat lainnya.
Konten yang disukai, pengiriman Direct Message (DM) kepada seseorang, atau penelusuran akan dihitung sebagai relationship. Sehingga penyajian konten dari orang terdekat akan muncul di beranda Instagram karena Instagram bisa melihat bagaimana hubungan seseorang dengan orang lain.
C. Ketepatan Waktu (Timeless)
Seberapa lama sebuah postingan diunggah ternyata juga dihitung dalam algoritma Instagram. Instagram akan mengawasi kapan seseorang menggunggah dan mencari postingan terbaru yang menarik.
Dengan waktu posting yang baik dan tepat, kita bisa menambah potensi jangkauan feed agar lebih banyak dilihat pengguna lain. Salah satu waktu yang tepat yaitu saat jam istirahat atau ketika orang lain aktif menggunakan perangkat untuk mengakses media sosial.
Baca juga: Waktu Terbaik Untuk Membuat Postingan Di Media Sosial
D. Frekuensi (Frequency)
Intensitas penggunaan Instagram mempengaruhi perhitungan algoritma Instagram. Dari kebiasaan tersebut Instagram mengatur postingan terbaik secara kronologis sesuai kunjungan yang terakhir dilakukan seseorang.
Jika jarang membuka Instagram, maka feed akan disajikan berdasarkan apa yang pernah disukai seseorang dan tidak secara kronolis.
E. Mengikuti (Following)
Semakin banyak mengikuti Instagram orang lain, maka feed akan lebih banyak ditampilkan. Hal tersebut menyebabkan beberapa postingan akan hilang dan terlewatkan.
Pengikut yang tidak menyukai feed seseorang bisa mempengaruhi perhitungan algoritma. Akan lebih baik jika kamu menghapus pengikut yang sudah tidak aktif agar algoritma tetap mendapatkan potensi terbaiknya.
F. Pemakaian (Usage)
Banyaknya waktu yang dihabiskan untuk mengakses Instagram juga berpengaruh pada ketersediaan konten yang semakin sedikit. Sehingga algoritma Instagram akan menunjukkan konten berdasarkan informasi dari interaksi sebelumnya.
Jika jarang menggunakan Instagram, maka Instagram akan menampilkan beberapa postingan sesuai algoritma untuk kebutuhan satu hari saja.
7 Tips Memaksimalkan Postingan Sesuai Algoritma Instagram
Untuk memaksimalkan postingan kamu yang sesuai dengan algoritma Instagram, ada 7 tips yang perlu kamu perhatikan.
1. Membuat Postingan Secara Konsisten
Membuat postingan Instagram secara konsisten tidak hanya membantu kamu lebih mudah dijangkau oleh pengguna lain dan memungkinkan mereka untuk berinteraksi dengan postingan kamu. Hal ini juga akan memudahkan akun kamu untuk beradaptasi dengan algoritma Instagram.
Membuat kalender postingan yang baik dapat memudahkan kamu menentukan waktu yang tepat melakukan postingan. Tentunya sesuai dengan data insight yang tersedia di akun kamu.
2. Analisa Akun Bisnis Kamu
Jika akun Instagram kamu sudah beralih ke akun bisnis atau kreator, kamu akan mendapatkan fitur Insight (Instagram Insight). Dimana fitur ini memberikan berbagai informasi mengenai konten yang kamu posting, mengetahui berapa jumlah interaksi yang terjadi pada akun Instagram kamu, serta mengetahui data followers kamu (misalnya jenis kelamin, usia, atau lokasi geografi).
Mengetahui informasi tersebut juga akan mempermudah kamu dalam mengetahui lebih dalam tentang konten audiens kamu. Misalnya mengetahui kapan mereka online, mengetahui dari mana lokasi mereka berasal, hingga usia dan jenis kelamin mereka.
Setiap akun instagram memiliki waktu terbaik untuk membuat postingan. Sehingga sangat penting untuk mempelajari kebiasaan audiens.
Baca juga: Cara Menggunakan Instagram Insight
3. Membangun Hubungan yang Berkualitas dengan Followers
Memiliki hubungan yang baik dengan para followers dapat membuat akun bisnis kamu dikenal oleh lebih banyak orang. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan seperti menggunakan fitur Q&A untuk mengajukan pertanyaan kepada followers.
Selain itu, kamu juga perlu memberikan respons yang baik kepada followers, baik melalui Direct Message (DM) maupun kolom komentar. Berikan respon yang cepat dan menggunakan bahasa yang baik.
4. Gunakan Hastag yang Tepat
Instagram menggunakan hashtag untuk mengelompokkan jenis konten atau topik pada platform mereka. Menggunakan hashtag yang tepat pada setiap postingan akan membuat postingan kamu dilihat oleh banyak orang. Semakin populer sebuah hashtag, maka semakin banyak orang yang mencari dan menggunakan hashtag tersebut.
Namun, saat membuat hashtag, hal yang perlu kamu ingat yaitu membuat hashtag yang relevan dengan postingan kamu.
Misalnya kamu memposting sebuah baju hijab untuk dijual, maka kamu bisa menggunakan hastag seperti #bajuhijabpremium atau #bajuhijabmurah.
5. Berkolaborasi Dengan Influencer
Jika kamu ingin memperluas jangkauan akun Instagram bisnis kamu, cobalah untuk berkolaborasi dengan influencer di Instagram.
Influencer adalah seseorang yang memiliki jumlah follower yang banyak dan punya pengaruh besar bagi follower mereka. Biasanya influencers adalah selebritis, selebgram, atau youtuber.
Dalam sebuah artikel Inversp mengatakan, 40% pelanggan akan melakukan pembelian setelah melihat produk yang digunakan oleh influencer di media sosial.
6. Berikan Reward Pada Followers
Menghasilkan lebih banyak traffic dan interaksi melalui Instagram bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya yaitu dengan memberikan reward kepada followers.
Misalnya dengan memberikan kupon potongan harga atau dalam bentuk User Generate Content (UGC).
Saat ini, ada banyak sekali akun besar di Instagram yang melakukan posting ulang konten dari audiens mereka. Selain untuk menghasilkan konten baru dengan lebih cepat, ini juga akan memberikan kepuasan tersendiri kepada followers karena konten mereka di repost pada akun bisnis kamu.
7. Posting Konten yang Bermanfaat
Selain postingan mengenai produk, kamu juga bisa membuat postingan yang memberikan manfaat bagi banyak orang. Misalnya bisnis kamu bergerak di bidang Fashion, maka kamu bisa membuat postingan mengenai cara menyimpan baju dengan baik di lemari atau tips membeli baju yang memiliki kualitas yang baik.
Demikian beberapa hal mengenai algoritma Instagram dan tips membuat postingan yang sesuai dengan algoritma tersebut. Bagaimana selama ini? Apakah kamu sudah menggunakan Instagram sesuai dengan algoritma Instagram?
Jika kamu kesulitan melakukannya sendiri, Whello bisa membantu kamu. Whello memiliki Jasa Social Media Management. Whello memiliki tim social media khusus yang siap memberikan strategi terbaik untuk bisnis kamu.
Selain bekerja berdasarkan algoritma Instagram, Whello juga melakukan riset audiens, menentukan gaya bahasa yang tepat, konten yang tepat, yang tujuannya agar akun sosial media kamu mempresentasikan bisnis kamu.
Tunggu apa lagi? Hubungi kontak Whello sekarang yuk, kamu bisa melakukan konsultasi secara gratis. Atau lihat portofolio Whello terlebih dahulu.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya.
Boost omset bisnis online kamu dengan Social Media Marketing!
Maksimalkan omset bisnismu dan dapatkan keuntungan dengan strategi social media marketing yang tepat. Mulai konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!