Paling tidak toko online tersebut masih bisa mendapatkan pangsa pasarnya. Kalaupun tidak bisa bersaing secara maksimal, paling tidak bisa memanfaatkan remah-remah yang tidak diambil oleh toko besar.
Daftar isi
Apa Itu Ecommerce SEO?
Ecommerce SEO merupakan salah satu cara untuk melakukan optimasi pada toko online. Konsep yang dilakukan hampir sama dengan melakukan optimasi mesin pencari pada beberapa website.
Cara ini dilakukan untuk memudahkan website muncul pada pencarian halaman pertama Google. Dengan menggunakan kata kunci tertentu, halaman itu akan muncul di bagian atas sehingga memungkinkan kamu untuk mendapatkan lebih banyak traffic website.
Apabila traffic yang didapatkan sudah cukup banyak, sehingga akan ada peningkatan lead. Selanjutnya jika bisa dimanfaatkan dengan baik biasanya juga bisa meningkatkan closing atau penjualan.
Bagaimana Melakukannya?
Ada beberapa cara atau langkah yang bisa dilakukan untuk menerapkan konsep ecommerce SEO. Simak selengkapnya di bawah ini.
1. Riset Kompetitor
Cara pertama yang bisa dilakukan untuk melakukan optimasi adalah dengan melakukan riset kompetitor. Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa website seperti Ahrefs.
Dengan menggunakan website ini maka bisa diketahui apa saja kata kunci dari e-commerce tertentu. Paling tidak masukkan 10 website jual-beli yang keluar pada pencarian paling atas.
Dengan memasukkan website tersebut maka bisa diketahui kira-kira kata kunci apa yang sudah di optimasi oleh website. Dari sana kamu bisa mengetahui strategi apa yang harus dilakukan untuk bersaing.
2. Analisis Kata Kunci
Setelah mendapatkan daftar kata kunci yang sudah dioptimasi oleh e-commerce besar. Tahap selanjutnya adalah dengan melakukan analisis kata kunci mana saja yang kira-kira bisa dimasuki.
Setiap kata kunci akan memiliki tingkat persaingan yang berbeda-beda mulai dari tingkat persaingan tinggi hingga tingkat persaingan yang cukup rendah. Selain itu volume pencarian setiap periode tertentu juga berbeda-beda.
Pastikan untuk memilih kata kunci yang volume pencariannya cukup besar dan tingkat persaingannya juga tidak terlalu tinggi. Tetapi kriteria ini memang cukup sulit dan tidak selalu ada untuk kata kunci tertentu.
3. Membuat Konten Terbaik
Salah satu pendukung terbesar ketika akan melakukan optimasi SEO adalah memperbaiki konten-konten yang ada di dalamnya. Konten di dalam website harus dibuat semenarik mungkin.
Konten yang menarik ini biasanya terdiri dari beberapa konten pilar yang akan menjadi landing page. Selanjutnya akan didukung dengan konten lain yang merupakan turunan dari konten utama.
Cara ini dilakukan untuk bisa memasang kata kunci tertentu pada website. Jadi apabila dilakukan proses pencarian biasanya akan muncul website yang kamu miliki berbarengan dengan para e-commerce besar.
4. Memanfaatkan Backlink
Apabila memiliki saluran yang cukup baik bisa memanfaatkan adanya backlink. Tetapi cara ini harus dilakukan berhati-hati agar tidak menyebabkan website justru mengalami penalti dari Google.
5. Memanfaatkan Google Maps
Terakhir yang tidak kalah penting adalah dengan membuat Google My Business. Setelah melakukan itu biasanya akan ada alamat yang muncul secara langsung pada Google Maps beserta ulasan dan juga rating.
Apabila bisa memanfaatkan hal ini dengan sangat baik rating bisa mengalami kenaikan sehingga apabila dicari dengan kata kunci tertentu mudah muncul. Jadi optimasi juga halaman pada Google Maps ini.
Manfaat Melakukan Ecommerce SEO
Terdapat beberapa manfaat dari melakukan teknik SEO yang dikhususkan untuk e-commerce. Berikut beberapa manfaat selengkapnya.
1. Kokoh di Search Engine
Salah satu manfaat yang dimiliki oleh SEO khusus untuk toko online yaitu semakin kokoh di mesin pencari. Apabila user melakukan pencarian dengan kata kunci atau keyboard tertentu, website yang kamu miliki langsung berada di bagian paling atas.
Secara konsep optimasi ini hampir sama dengan optimasi pada website standar. Hanya saja optimasi ini memang dilakukan untuk keperluan penjualan atau promosi agar user bisa melakukan transaksi di sana.
Normalnya website bisa dikatakan kuat apabila mereka melakukan optimasi lebih dari 10 kata kunci. Biasanya kata kunci tersebut akan saling berhubungan satu dengan yang lain.
2. Meningkatkan Lead
Mau bagaimanapun salah satu tujuan untuk melakukan optimasi adalah meningkatkan lead. Apabila suatu website mampu memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak dalam satu hari peluang untuk mendapatkan konversi akan besar.
Intinya traffic ini harus benar-benar ditingkatkan dengan baik karena potensinya sangat tinggi. Karena bisa meningkatkan adanya penjualan tentu konten yang ada di dalam website juga harus benar-benar diperbaiki.
Biasanya seseorang harus melakukan optimasi CRO. Dengan begitu user yang ada di dalam website bisa mempelajari produk knowledge dan akhirnya memutuskan untuk beli saat ini atau untuk beli di kemudian hari.
3. Mendorong Konversi yang Besar
Setelah masuk ke dalam website biasanya ada 2 hal yang akan dilakukan oleh para user. Pertama mereka akan langsung keluar apabila website tersebut berisi informasi yang tidak sesuai dengan kebutuhan mereka.
Kedua mereka akan melihat terlebih dahulu informasi yang ada di sana. Apabila informasi yang ada di sana yang sesuai dengan keinginan mereka besar kemungkinan mereka akan mencari tahu lebih banyak.
Itulah kenapa dalam membuat desain website khususnya berjenis ecommerce harus diperhatikan antarmuka dan juga konten. Paling tidak calon pembeli sudah diarahkan dengan menambahkan tombol ataupun tulisan call to action.
4. Memiliki Kredibilitas
Apabila website terus berada di di bagian atas pencarian dari Google, bahkan bisa sejajar dengan para raksasa e-commerce. Mau tidak mau kredibilitas yang dimiliki oleh toko online yang kamu miliki akan meningkat.
Kredibilitas ini sangat penting untuk menentukan apakah serviks atau lead yang nantinya masuk ke dalam website melakukan konversi atau tidak. Semakin terpercaya website yang dimiliki maka transaksi bisa dilakukan dengan lebih mudah.
Itulah kenapa kredibilitas sangat penting dalam membuat toko online jenis apapun. Karena transaksi secara online masih dianggap berbahaya oleh sebagian besar masyarakat. Jadi mereka membutuhkan trust (tingkat kepercayaan) yang tinggi.
5. Hemat Budget
Agar bisa muncul pada halaman pertama Google biasanya cara yang dilakukan ada dua. Pertama adalah dengan cara premium yaitu membayar iklan yang nantinya akan memunculkan website kamu di bagian atas.
Sayangnya apabila melakukan cara ini pengeluaran yang harus dilakukan lebih besar dibandingkan dengan cara yang organik. Meski demikian hasilnya bisa didapatkan secara instan.
Apabila melakukan optimasi SEO pada e-commerce, kemungkinan besar caranya tidak akan berbayar. Tetapi kamu memang dituntut untuk lebih bersabar ketika melakukannya.
Memanfaatkan ecommerce SEO sangat penting dalam meningkatkan konversi atau penjualan dari toko online. Tanpa adanya konversi ini maka toko online hanya akan menjadi website biasa yang tidak akan melakukan proses transaksi.
Sudah Siap Bersaing dengan E-Commerce Marketplace Lain?
Itulah kenapa optimasi SEO pada toko online seperti e-commerce harus benar-benar dilakukan secara maksimal. Dengan begitu traffic atau lead yang masuk ke dalam toko tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik sehingga closing bisa terus dilakukan. Terkait website E-commerce, Jika kamu memerlukan jasa pembuatan website e-commerce yang aman, terjangkau, dan berkualitas tinggi, segera dapatkan di Whello.
Selain membuat website e-commerce, kamu juga bisa lebih unggul dengan cara meningkatkan SEO website. Dengan strategi SEO yang tepat, website e-commerce kamu dapat menarik lebih banyak pengunjung yang relevan dan meningkatkan peringkatnya di search engine, seperti Google.
Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengoptimalkan website e-commerce agar dapat bersaing secara efektif saat ini. Untuk memaksimalkan potensi bisnis kamu, jangan ragu untuk menggunakan jasa SEO yang berkualitas dari Whello.
Alternatif lain jika ingin menggunakan Jasa SEO untuk mengoptimalkan website e-commerce kamu adalah dengan menggunakan jasa dari Optimaise. Agensi SEO asal Malang ini sudah berpengalaman menangani dan meningkatkan trafik organik.
Dengan pengalaman dan keahlian yang terbukti, Whello dapat membantu kamu mencapai tujuan SEO kamu dan menghasilkan hasil yang signifikan. Jangan biarkan website kamu tersisihkan, yuk bergabung dengan Whello dan rasakan hasilnya!
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!