Apakah kamu pernah mendengar istilah clickbait? Hal ini cenderung mengarah kepada hal yang negatif. Kali ini kita akan membahas mengenai clickbait dalam berbagai aspek. Penggunaan clickbait biasanya banyak digunakan dalam penulisan judul berita untuk menarik perhatian pembaca. Tetapi, ternyata setelah dibuka atau diklik berita tersebut isinya tidak sesuai dengan judul yang tertera.
Clickbait merupakan teknik pembuatan judul konten yang dibuat menarik untuk memancing pembaca untuk mengklik atau membuka konten tersebut. Misalnya dalam judul video, artikel, berita, dan sebagainya. Hal ini semata-mata dilakukan untuk menarik perhatian pembaca, bukan untuk memanipulasi informasi.
Hal-hal yang dapat menunjukkan ciri dari penggunaan clickbait yaitu judul yang mengundang penasaran, kata-kata yang melibatkan emosi pembaca, dan bisa saja dengan menambahkan gambar atau foto yang mudah diingat. Tetapi tahukah kamu, clickbait tidak selamanya bermakna negatif, kamu bisa menggunakannya sebagai strategi marketing. Asalkan tidak melanggar hukum dan norma yang ada, maka kamu bisa memanfaatkannya untuk menarik pelanggan membeli produk kamu.
Simak beberapa penjelasan dibawah ini mengenai clickbait.
Daftar isi
Pengertian Clickbait
Clickbait adalah salah satu teknik yang bisa digunakan untuk meningkatkan jumlah klik pada sebuah konten. Biasanya pembuatan judul yang mengandung unsur clickbait akan membuat pembaca mengklik konten tersebut. Tetapi, kamu perlu mengetahui dampak clickbait yang bisa membuat pembaca kesal.
Jika kamu membuat konten clickbait tanpa memperhatikan isi konten, sama saja kamu tidak memperhatikan kualitas konten kamu dengan baik. Sehingga penting bagi kamu untuk membuat judul clickbait dengan isi berita yang memikat.
Jangan hanya membuat judul yang menarik tetapi isi konten tidak masuk akal (tidak relate). Bijaksanalah dalam membuat konten, sesuaikan isi dengan judul yang kamu buat. Dalam artian, kamu bisa membuat judul yang clickbait, tetapi buat isi berita yang relevan.
Hal ini tidak hanya bisa menambah klik pada konten kamu, tetapi kamu bisa mendapatkan pembaca yang setia membaca artikel atau konten kamu. Jadi, bijaksanalah dalam menggunakan teknik clickbait dalam copywriting.
Ingat, jangan asal membuat judul, namun perhatikan juga isi tulisannya. Jangan memanipulasi berita hanya karena kamu membutuhkan klik saja. Berikan juga kepuasan bagi pengunjung yang mengklik konten tersebut dengan isi konten yang berkualitas.
Kelebihan Clickbait
Terdapat berbagai kelebihan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan judul artikel clickbait, diantaranya.
1. Meningkatkan Pageviews
Kelebihan pertama yang bisa kamu dapatkan adalah meningkatkan pageviews pada konten kamu. Orang-orang akan tertarik untuk membaca atau menonton konten kamu dengan menggunakan judul clickbait.
Semakin banyak orang yang melihat konten kamu, maka mesin pencarian google akan menemui konten tersebut sebagai informasi yang bermanfaat. Hal ini akan memberikan keuntungan bagi kamu karena konten tersebut bisa berada pada pencarian teratas di mesin pencarian google.
2. Potensial Social Share Tinggi
Contoh artikel clickbait yang banyak ditemukan saat ini adalah mengumpulkan judul yang bombastis. Judul yang mengandung emosi dan menarik akan membuat orang tertarik untuk membagikan konten tersebut.
Hal ini akan membantu kamu mengenalkan produk dengan cepat. Asalkan, kamu tidak hanya membuat judul yang bombastis, tanpa memperhatikan kualitas konten kamu. Jika kedua hal tersebut seimbang, maka tidak akan sulit untuk mengenalkan produk atau jasa yang ingin ditawarkan.
3. Meningkatkan Click Through Rate (CTR)
Clickbait dapat memberikan keuntungan bagi kamu dengan meningkatkan CTR. kamu perlu tahu, apabila CTR konten kamu meningkat, maka hal itu akan berdampak baik bagi keberadaan konten tersebut karena dianggap penting dan bermanfaat.
Hal ini akan membantu kamu mendapatkan posisi atas dalam mesin pencarian google. Jadi, kamu bisa menggunakan teknik ini untuk meningkatkan pembaca. Tetapi, tetaplah bijaksana dengan membuat isi konten yang berkualitas.
Kekurangan Clickbait
Selain memiliki kelebihan, kamu harus tahu bahwa clickbait memiliki kekurangan. Hal ini penting supaya kamu bisa lebih berhati-hati saat menggunakan teknik clickbait supaya tidak berakibat fatal bagi konten kamu.
Terdapat beberapa contoh kasus clickbait yang memberikan dampak buruk bagi perkembangan website kamu. Misalnya, penggunaan clickbait yang tidak bijaksana akan merusak brand image kamu. Dalam artian, judul yang dibuat dengan isi yang ditampilkan tidak sesuai.
Hal ini dapat berdampak buruk bagi perkembangan brand image kamu. Orang-orang tidak akan percaya pada tulisan kamu. Jadi, pastikan kamu bijaksana dalam membuat konten clickbait agar tidak merugikan brand image kamu sendiri.
Selain itu, kekurangan yang lain yang bisa kamu dapatkan adalah meningkatnya bounce rate. Hal ini akan berdampak buruk bagi perkembangan konten kamu. Jika konten kamu mendapatkan penilaian bounce rate yang tinggi, maka google tidak akan merekomendasikannya.
Jika hal ini terjadi, maka konten kamu akan mendapatkan penilaian yang buruk di mesin pencarian google. Bahkan, posisi konten kamu akan berada di bawah. Jadi, berhati-hatilah dalam menggunakan teknik ini.
Cara Menggunakan Clickbait dengan Bijaksana
Penting untuk mengetahui batasan saat membuat konten dengan judul clickbait. Jangan sampai kamu membuat judul yang berdampak buruk bagi orang lain. Dalam artian, konten yang kamu buat mendorong opini buruk tentang seseorang.
Pastikan kamu membuat judul yang bombastis yang memiliki kualitas konten yang memikat. Sehingga, pembaca tidak akan kecewa karena sudah mengklik konten kamu. Bijaksanalah dalam menggunakan clickbait dalam membuat konten.
Demikianlah, pembahasan mengenai clickbait yang menjadi hal yang penting untuk diketahui. Pastikan kamu tidak hanya membuat judul yang clickbait, tetapi buatlah konten yang berkualitas dan bermanfaat.
Yuk susun strategi marketingmu secara optimal!
Strategi marketing yang optimal akan dapat meningkatkan awareness bisnis dalam meningkatkan penjualan. Yuk konsultasikan kebutuhan bisnis dan susun strategi marketing yang tepat bersama kami!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!