Dalam mengukur kinerja dan efisiensi kerja dari sebuah bisnis digital marketing tertentu, para pelaku bisnis penting untuk menggunakan KPI/Key Performance Indicator marketing. Di pihak digital marketing agency Bali maupun agen lain, umumnya terdapat 10 KPI yang perlu kamu perhatikan dan gunakan agar nantinya dapat membantu mengukur kesuksesan digital marketing yang dijalankan. Penasaran apa saja 10 KPI yang ditawarkan tersebut, yuk simak ulasan lebih lengkapnya di artikel berikut ini.
Daftar isi
Apa yang dimaksud dengan KPI marketing?
Pada umumnya, KPI marketing dikenal sebagai suatu indikator terukur yang sangat berkaitan erat dengan tujuan bisnis secara lebih spesifik dari suatu kampanye pemasaran. Adanya matrik ini bisa memperlihatkan secara jelas dan terperinci mengenai bagaimana kondisi kemajuan perkembangan bisnis dan dapat membantu mengukur efektivitas pemasaran di akhir kampanye dengan cara menganalisis strategi pemasaran yang kamu jalankan secara lebih efektif dan efisien. Adanya KPI marketing ini nantinya bisa membantu meningkatkan traffic media sosial bisnis, meningkatkan pelanggan prospek/leads serta meningkatkan penjualan bisnis.
Terkait penerapannya, KPI marketing ini sendiri sering dilakukan dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bahkan bulanan. Pada dasarnya, setiap perusahaan yang ingin untuk meningkatkan performa karyawan/tenaga kerjanya, maka perlu untuk menerapkan KPI marketing ini. Dengan performa dan kinerja karyawan yang meningkat, maka hal ini nantinya akan sangat membantu memudahkan pencapaian visi dan target sebuah perusahaan.
Berbagai kegunaan KPI marketing pada bisnis digital marketing
Setelah mengetahui mengenai apa itu KPI marketing, kamu tentunya penasaran mengenai apa saja kegunaan utama dari KPI marketing ini, bukan? Umumnya, KPI marketing ini memiliki kegunaan yang sangat banyak di antaranya sebagai berikut:
1. Sebagai penyemangat kerja
Perlu kamu ketahui, bahwa setiap perusahaan atau individu yang melakukan penilaian dengan menerapkan KPI marketing perlu mendistribusikan ke semua karyawan tanpa terkecuali. Sebab semua orang menginginkan perubahan, baik itu dari segi pendapatan yang diperoleh, kinerja dan lain–lain. Sehingga dengan adanya KPI marketing ini, maka bisa menjadi penyemangat kerja bagi banyak orang.
2. Mengukur performa bisnis digital marketing sukses
Kegunaan lain dari KPI marketing selanjutnya yakni dapat mengukur performa bisnis digital marketing. Dalam hal ini, kamu nantinya bisa mengetahui dengan mudah sejauh mana kondisi bisnis yang kamu jalankan di pasaran apakah mengalami perkembangan atau penurunan. Apabila ditemukan kondisi penurunan, maka bisa segera dicari tahu apa penyebab dan bagaimana upaya dalam mengatasi masalah tersebut.
3. Menjadikan bisnis agar dapat berjalan lebih efektif
Memanfaatkan KPI marketing juga akan sangat membantu dalam membuat bisnis berjalan lebih efektif. Terlebih lagi, suatu bisnis dalam perjalanannya diperlukan pemegang kendali/tanggung jawab. Baik itu untuk masalah produksi, karyawan dan lain sebagainya. Dengan KPI marketing ini, maka dapat memudahkan pemegang tanggung jawab memantau setiap bagian kecil di perusahaan yang dipimpinnya.
Macam-macam indikator KPI marketing dalam bisnis marketing
Mengingat KPI marketing ini sangat penting untuk membantu memudahkan bagi para pebisnis digital marketing membuat kampanye pemasaran terbaik dan menilai hasil pemasaran, maka dari itu kamu perlu mengetahui apa saja indikator dari KPI marketing yang biasa ditawarkan oleh digital marketing agency Bali. Beberapa indikator dalam KPI marketing yang perlu diukur dan dianalisis yakni sebagai berikut:
1. Sales Revenue dan Volume
Indikator sales revenue dan volume ini penting digunakan lantaran dapat menjadi acuan bagaimana efektivitas program pemasaran yang akan kamu jalankan. Dengan indikator ini, maka kamu akan bisa terbantu untuk melihat dan mengevaluasi performa karyawan dan tim secara menyeluruh.
2. Sales Target & Growth
Merupakan indikator untuk mengukur seberapa tinggi tingkat penjualan dan tujuan penjualan yang ingin dicapai. Mengetahui indikator ini penting dilakukan untuk memudahkan dalam penentuan jenis kampanye pemasaran yang sukses dan memberi tahu mengenai strategi bisnis terbaik apa yang akan dijalankan nanti.
3. Customer Lifetime Value (CLV)
Yakni indikator yang menjelaskan tentang nilai/jumlah banyaknya pendapatan yang bisa diterapkan oleh sebuah bisnis selama rata–rata umur konsumen menjadi pelanggan. Tujuan indikator ini yakni untuk membandingkan campaign & channel pemasaran yang berbeda dalam mengidentifikasi aktivitas digital marketing yang menguntungkan.
4. Cost Per Lead (CPL)
Merupakan biaya yang harus dikeluarkan untuk memperoleh pelanggan prospek. Kegunaan indikator ini yakni akan sangat membantu perusahaan ketika menerapkan strategi pemasaran digital tertentu seperti misalnya di media sosial maupun di Google Ads.
5. Customer Retention
Suatu strategi manajemen pelanggan yang dapat mempertahankan pelanggan yang diperoleh agar tetap setia dengan brand lewat pemakaian produk kamu secara terus menerus. Adanya indikator ini nantinya akan memudahkan kamu untuk melacak apakah kampanye pemasaran yang dilakukan sudah efektif dalam mempertahankan pelanggan atau justru sebaliknya.
6. Return on Investment (ROI)
Merupakan pengukuran tingkat kembalinya laba atas investasi sesuai dengan hasil pendapatan dan lifetime value pelanggan. Penting untuk mengukur indikator ROI ini untuk memudahkan dalam penilaian kinerja serta pendapatan bulanan dan tahunan bisnis yang kamu peroleh dari pemasaran tertentu.
7. Customer Acquisition Cost (CAC)
Yakni representasi dari biaya, tahapan dan langkah strategis dalam kampanye digital marketing dan outbond marketing. CAC ini menjadi tolak ukur dalam hitungan biaya yang perusahaan keluarkan untuk dapat meyakinkan calon pelanggan untuk engage dengan brand kamu dan membeli produk/layanan yang ditawarkan.
8. KPI Marketing Leads
Dalam hal ini, kamu tidak boleh melupakan pelanggan atau leads yang menjadi indikator penting dalam KPI marketing. Karena semakin banyaknya leads yang kamu peroleh, maka nantinya akan semakin banyak peluang penjualan yang kamu miliki. Sehingga hal ini akan memberikan peluang pertumbuhan penjualan terbaik dan membantu kamu dalam menentukan kampanye pemasaran terbaik.
9. KPI Marketing Conversion
Yakni merupakan besaran persentase pengunjung yang mengakses situs website bisnis kamu demi memenuhi tujuan mereka selama terkoneksi dengan bisnis dari jumlah total pengunjung. Indikator ini umumnya lebih berfokus pada efektivitas upaya pemasaran dan periklanan kamu lewat iklan promosi, landing page, media sosial marketing dan lain sebagainya.
10. KPI Marketing Engagement Rate
Merupakan matrik yang mengukur seberapa jauh interaksi antara audiens dengan konten digital yang kamu bangun, baik itu di media sosial maupun di sebuah situs website bisnis digital marketing. Terkait keterlibatan yang dimaksud dalam hal ini yakni metrik sosial seperti halnya jumlah like, comment, share, jumlah klik dan lain sebagainya.
Setelah mengetahui beberapa indikator KPI marketing di atas, bagi kamu yang ingin mencapai 10 KPI marketing tersebut bisa menggunakan Whello sebagai Digital Marketing Agency Bali dalam membantu bisnis digital marketing yang kamu bangun. Cukup mengunjungi website Whello , kamu bisa melihat sendiri berbagai layanan yang ditawarkan dengan banyak keuntungan di dalamnya.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!