Di dalam dunia marketing, SEO (Search Engine Optimization) merupakan salah satu ilmu terpenting yang wajib untuk kamu pelajari. SEO adalah upaya optimalisasi website untuk meningkatkan visibilitas di Google, Microsoft Bing, dan seach engine lainnya secara organik saat pengguna mencari produk, jasa, atau informasi yang kamu kuasai.
Ada beberapa target penggunaan SEO yang akan kamu dapatkan untuk mendapatkan peringkat website yang lebih baik. Seperti meningkatkan trafik website, branding, dan tingkat penjualan.
Dengan mengetahui target menggunakan SEO, kamu dapat membuat website diketahui oleh banyak pengguna internet. Apa saja target tersebut? Simak di sini!
Daftar isi
Apa Target dari Menggunakan SEO?
Ketika menggunakan jasa SEO, kamu bisa meningkatkan traffic organik website kamu. Tentunya, kenaikan traffic ini bisa terwujud dengan adanya penentuan target dari para SEO engineer. Berikut beberapa target SEO yang bisa kamu tentukan:
A. Menghasilkan Traffic
Dalam menentukan target menggunakan SEO, kamu perlu memahami bahwa SEO merupakan tindakan dalam menyesuaikan algoritma robot yang dimiliki oleh mesin pencari. Tujuannya agar kamu dapat meningkatkan traffic website kamu.
Traffic sendiri adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menunjukkan seberapa banyak orang mengunjungi sebuah website. Untuk dapat mencapai target ini, seorang perancang SEO dapat melakukan beberapa upaya.
Misalnya konten yang ada di sebuah website haruslah memiliki kualitas baik. Melalui konten yang berkualitas, seseorang bisa merasakan manfaat dan cenderung membagikan konten kepada pengguna internet lainnya.
B. Membuat Brand Lebih Banyak Orang Ketahui
Hal kedua yang dapat menjadi target SEO adalah meningkatkan brand awareness. Brand awareness adalah seberapa banyak orang mengetahui merk atau website kamu.
Dalam prinsipnya, meningkatkan brand awareness pada website sama seperti pada iklan tradisional, yaitu dengan memastikan bahwa website berada di hasil pencarian teratas secara terus-menerus. Alhasil, orang menjadi semakin lebih percaya pada brand kamu.
Untuk dapat mencapai target ini, kamu bisa menggunakan kata kunci yang mendatangkan target audiens secara spesifik dan sesuai dengan brand.
C. Edukasi Mengenai Produk yang Dijual
Saat website kamu mencapai halaman pertama, hal ini jadi menjadi kesempatan agar pengunjung situs kamu selalu mendapatkan informasi yang paling relevan dan lengkap mengenai produk atau jasa yang kamu jual melalui website.
Menurut algoritma mesin pencari, website yang muncul di halaman pertama cenderung memiliki informasi yang lebih kaya dan lengkap dibandingkan dengan website serupa yang ada. Jadi, teruslah melakukan optimasi agar kamu dapat terus memberikan manfaat yang maksimal kepada pengunjung kamu.
D. Mengatur Reputasi Sebuah Brand
Siapa sangka jika menggunakan SEO dapat mengubah persepsi publik terhadap brand maupun reputasi perusahaan kamu. Kata kunci pencarian yang menggambarkan brand bisa jadi solusi utama untuk membentuk persepsi tersebut.
Namun, untuk membentuk sebuah persepsi, kamu tidak bisa berfokus pada satu kata kunci saja. Maka dari itu, kamu harus mengoptimalkan banyak kata kunci sehingga orang dapat selalu mengaitkan website kamu dengan kata kunci yang positif.
Selain untuk meningkatkan reputasi, biasanya target menggunakan SEO ini banyak dilakukan untuk memperbaiki reputasi yang mungkin sebelumnya tidak baik.
Maka dari itu, untuk mengoptimalkan strategi ini kamu dapat meriset kata kunci menggunakan keyword research tool untuk dapat menggunakan kata kunci yang sedang populer dan digunakan banyak orang. Selain menggunakan kata kunci yang baik, target ini dapat kamu capai dengan memanfaatkan konten maupun promosi.
Baca juga: 12 Tools Gratis Untuk Riset Keyword
E. Membangun Otoritas di Search Engine
Ketika website kamu muncul di halaman pertama mesin pencari, ini menandakan bahwa website kamu memiliki otoritas yang solid. Dengan begitu, website kamu akan menjadi lebih dikenal dan dianggap sebagai sumber informasi yang andal dan terkemuka dibandingkan dengan situs serupa lainnya. Ini semua karena posisi website kamu di halaman pertama hasil pencarian.
F. Membuat Opini Publik yang Baik Terhadap Brand atau Produk
Dalam SEO, isi konten kamu bisa membentuk citra brand atau produk yang positif. Apa yang kamu tulis dalam konten sangat penting karena itulah yang akan menjadi sasaran SEO. Ketika kamu membagikan konten yang menarik dan bermanfaat, maka audiens akan melihat situs kamu sebagai tempat yang andal dengan informasi yang berguna.
Disaat seperti ini kemudian opini publik mulai terbentuk, dan ini akan berdampak pada citra bisnis kamu di mata audiens. Dengan demikian, SEO bukan hanya tentang meningkatkan visibilitas di mesin pencari, tetapi juga tentang mempengaruhi cara orang melihat bisnis kamu.
SEO berperan sebagai alat yang kuat dalam membentuk persepsi publik, memastikan bahwa informasi positif dengan mudah diakses di situs web kamu. Selain itu, SEO juga membantu dalam mengurangi informasi negatif, membantu kamu membangun dan menjaga citra merek yang positif di mata konsumen dan masyarakat luas.
G. Meningkatkan Penjualan
Selain membuat brand kamu lebih banyak orang kenal, SEO yang baik juga dapat membantu meningkatkan penjualan yang baik. Jika kamu terjun dalam dunia jasa, target SEO ini juga bisa kamu terapkan untuk meningkatkan pemakaian jasa.
Pada dasarnya, orang akan mencari sesuatu yang mereka inginkan di mesin pencari, termasuk produk idaman mereka. Maka dari itu, kata kunci yang baik akan membuat calon pelanggan langsung menuju halaman website kamu. Namun, ini tidak semata-mata dapat meningkatkan penjualan.
Pasalnya, jika calon pembeli tidak lanjut melakukan pembelian, maka upaya yang kamu lakukan untuk mengoptimalkan SEO akan sia-sia. Maka dari itu, kamu harus membuat desain website kamu agar mudah digunakan, terutama ketika berkaitan dengan pengunjung website untuk membeli produk kamu.
Cara Mengetahui KPI dari SEO
Jika berbicara mengenai capaian, tentu kamu juga harus tahu indikator untuk mengetahui apakah kamu sudah meraih target menggunakan SEO sudah sesuai keinginan atau belum. Maka dari itu, ini adalah beberapa KPI (key performance indicator) yang harus kamu perhatikan:
1. Jumlah Traffic Organik
Traffic adalah jumlah pengunjung website yang datang melalui hasil pencarian mesin pencari. KPI ini merupakan indikator utama dalam SEO karena semakin tinggi jumlah lalu lintas organik, semakin besar kemungkinan bahwa situs website kamu memiliki peringkat yang baik di mesin pencari. Untuk mengukur KPI ini, kamu dapat menggunakan alat analisis web seperti Google Analytics.
2. Tingkat Bounce Rate
Bounce rate adalah persentase pengunjung yang meninggalkan website kamu setelah hanya melihat satu halaman. Tingkat bounce rate yang tinggi dapat menunjukkan bahwa pengunjung tidak menemukan konten yang relevan atau berkualitas tinggi di website kamu.
Oleh karena itu, KPI ini dapat memberikan wawasan bagaimana kamu dapat meningkatkan kualitas konten dan pengalaman pengguna di website kamu.
3. Konversi
Konversi adalah tindakan pengunjung website kamu yang diharapkan untuk dilakukan, seperti membeli produk atau mendaftar ke newsletter kamu. Konversi dapat memberikan wawasan tentang seberapa efektif kampanye SEO kamu dalam mendorong tindakan tertentu dari pengunjung. Untuk mengukur KPI ini, kamu dapat menggunakan alat analisis konversi seperti Google Analytics atau Crazy Egg.
4. Peringkat Kata Kunci
Peringkat kata kunci adalah posisi situs web kamu di halaman hasil pencarian untuk kata kunci tertentu. Semakin tinggi peringkat kata kunci, semakin besar kemungkinan bahwa pengunjung akan menemukan situs web kamu melalui hasil pencarian.
Oleh karena itu, KPI SEO ini dapat memberikan wawasan tentang seberapa efektif kampanye SEO kamu dalam meningkatkan peringkat kata kunci yang relevan untuk website kamu.
5. Backlink
Backlink adalah tautan dari lain yang mengarah ke website kamu. KPI ini dapat menunjukkan seberapa banyak situs web lain yang menganggap konten kamu relevan dan berkualitas tinggi.
Semakin banyak backlink yang dimiliki website kamu, semakin besar kemungkinan bahwa mesin pencari akan mempertimbangkan website kamu sebagai otoritas di bidang tersebut.
Untuk mengukur KPI ini, kamu dapat menggunakan alat analisis backlink seperti Ahrefs atau UberSuggest.
6. Waktu Muat Halaman
Waktu muat halaman (loading website) adalah waktu yang dibutuhkan website untuk memuat sepenuhnya di browser pengunjung. Semakin cepat waktu muat halaman, semakin baik pengalaman pengguna di website kamu dan semakin besar kemungkinan bahwa website kamu akan memiliki peringkat yang baik di mesin pencari.
Oleh karena itu, KPI ini dapat memberikan wawasan tentang seberapa efektif kampanye SEO kamu dalam meningkatkan waktu muat halaman website kamu.
7. Sosial Media Engagement
Sosial media engagement adalah seberapa banyak pengguna yang terlibat dengan konten kamu di platform sosial media seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.
Semakin tinggi tingkat engagement sosial media, semakin besar kemungkinan bahwa konten kamu dianggap relevan dan berkualitas tinggi oleh pengguna.
Oleh karena itu, KPI ini dapat memberikan wawasan tentang seberapa efektif kampanye SEO kamu dalam meningkatkan eksposur konten kamu di media sosial.
8. ROI (Return on Investment)
ROI adalah rasio antara laba dan biaya dari suatu kampanye atau strategi bisnis. Dalam hal SEO, ROI dapat memberikan gambaran tentang seberapa efektif kampanye SEO kamu dalam menghasilkan pendapatan dari lalu lintas organik dan konversi. Untuk mengukur KPI ini, kamu dapat menggunakan alat analisis keuangan seperti Google Analytics atau Excel.
Sudah Menentukan Target Menggunakan SEO?
Melalui adanya target ini, kamu dapat merancang website yang lebih SEO friendly. Tidak hanya itu, kamu juga dapat selalu mengamati perkembangan target menggunakan SEO dengan mengamati beberapa variabel KPI secara berkala.
Apa saja jenis-jenis dari SEO?
Secara umum, SEO memiliki empat jenis praktik, yakni on page SEO, off page SEO, local SEO, dan technical SEO.
Bagaimana cara melacak backlink dengan mudah?
Agar dapat mengoptimalkan target menggunakan SEO dari segi backlink. Maka, kamu dapat menggunakan website Ahrefs.com untuk mengecek seberapa banyak website lain menyematkan link menuju website kamu.
Apakah bisa mengoptimalkan SEO untuk mesin pencari selain Google?
Tidak ada yang mengharuskan kamu untuk selalu bergantung pada algoritma Google dalam upaya SEO. Hanya saja, karena Google merupakan mesin pencari paling sering orang gunakan, maka effort yang kamu tuangkan untuk SEO akan lebih membuahkan hasil jika berpusat pada algoritma Google.
Bagaimana cara melakukan riset kata kunci?
Agar dapat menentukan kata kunci yang optimal, kamu dapat menggunakan keywords research tools yang berbayar maupun gratis. Beberapa yang bisa kamu gunakan adalah Moz, Semrush, dan Google Keyword Planner.
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Mengenal Aged Domain? Apakah Termasuk Ranking Factor?
Optimalkan website dengan cepat menggunakan aged domain. Pelajari kelebihan, kekurangan hingga ciri-ciri aged domain yang bagus di sini!
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!