Tak hanya tentang keyword saja, search engine optimization (SEO) merupakan upaya optimasi website dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan rich snippet. Melalui penargetan ini, website akan memiliki potensi terindeks mesin pencari sesuai dengan relevansi isi konten.
Mungkin kamu sering melihat istilah ini pada pencarian Google. Namun, seringkali orang belum menyadari atau memahami tentang snippet SEO. Ayo, kenali lebih dalam lagi tentang snippet dan peran pentingnya dalam optimasi struktur SEO. Simak artikel berikut ini sampai habis!
Daftar isi
Apa itu Rich Snippet?
Rich snippet adalah potongan informasi singkat tentang konten website yang memiliki value dan ditampilkan pada hasil pencarian SERP. Informasi ini berguna untuk membantu audiens mengenal suatu produk atau konten. Value dalam cuplikan informasi ini dapat berupa rating, review, author, tanggal, dan lain sebagainya.
Adapun tools snippet ini merupakan hal yang sangat berguna bagi para pebisnis online, terlebih bagi penyedia jasa SEO dan para penulis konten. Selain itu, tool ini juga merupakan fitur yang berfungsi meningkatkan efektivitas terkait visibilitas dan branding produk kepada para audiens secara luas.
Atas dasar tersebut, Google tidak akan dengan gampang memberikan fitur rangkuman konten ini. Butuh kualifikasi khusus agar website bisa teroptimasi dengan tools ini.
Algoritma Google akan menginspeksi setiap website saat proses indexing untuk kemudian menentukan cuplikan konten mana yang paling relevan dengan kata kunci pencarian. Kemudian, kamu perlu menyisipkan skema markup agar algoritma Google menyajikan rincian konten yang bisa menarik perhatian audiens.
Keuntungan Memasang Rich Snippet
Berikut adalah beberapa keuntungan dari tools cuplikan informasi yang wajib kamu ketahui:
1. Membuat Tampilan Web Menarik
Fitur rangkuman konten ini akan memberi banyak sekali keuntungan bagi pemilik website dan juga audiens. Tools ini memiliki fitur yang bisa membuat konten website atau produk mempunyai tampilan yang lebih menarik pada kolom pencarian.
Kemudian, rangkuman tersebut bisa menarik perhatian audiens dengan formatnya yang terarah lewat sebuah informasi singkat yang berisi inti konten.
Misalnya, cuplikan konten seputar ulasan produk akan menampilkan rating dengan bintang terbaik dari tiap penyedia produk. Selain itu, untuk audiens yang melakukan pencarian terkait prosedur, tools ini akan menampilkan kumpulan konten terbaik dengan urutan yang relevan dan kualitas konten yang menarik.
2. Menargetkan Konsumen yang Tepat
Keuntungan lain dari rich snippet adalah dapat menjadi alat yang bisa menarik perhatian audiens dengan lebih efektif berdasarkan peningkatan struktur CTR dari website itu sendiri.
Dengan kata lain, kampanye marketing yang kamu lakukan akan membuahkan hasil yang jauh lebih baik bagi brand dan mampu mendatangkan konsumen baru.
3. Meningkatkan CTR dan Ranking
Banyaknya audiens yang membuka tautan dari sebuah halaman hasil pencarian akan sangat berguna untuk meningkatkan click through rate (CTR) dari website itu sendiri. Semakin banyak audiens yang berkunjung ke website kamu, peluang peringkat situs web di SERP naik akan semakin besar.
4. Memberi Informasi Rinci
Tools ini juga dapat memberikan informasi secara rinci hanya dalam waktu singkat. Bahkan, data ini juga bermanfaat sebagai alat optimasi untuk meningkatkan angka trafik website secara organik. Audiens akan merasa lebih tertarik membuka sebuah link yang memiliki cuplikan review informatif daripada jenis konten biasa.
Cara Mendapatkan Rich Snippet
Setelah mengetahui definisinya, kali ini kita akan membahas tentang cara agar konten mendapatkan kategori sebagai konten terbaik melalui rich snippet. Langsung saja, simak uraian lengkapnya di bawah ini:
1. Tentukan Markup
Langkah awal agar konten website kamu bisa memperoleh snippet, yakni dengan memilih spesifikasi skema markup. Supaya mendapatkan review yang diharapkan, maka kamu harus membuat structured data menggunakan skema yang benar. Skema tersebut adalah microdata, RDFa, dan juga JSON-LD.
2. Pilih Niche Konten
Cuplikan konten juga bisa tampil sesuai dengan niche atau tema konten yang dimiliki oleh sebuah situs web. Terdapat penyesuaian serta regulasi dari bentuk review atau cuplikan itu sendiri. Jadi, kamu perlu mengatur niche konten pada fitur “Business & Organizations” supaya cuplikan konten yang tampil jadi sesuai dengan isi konten.
3. Lengkapi Struktur Website
Agar rich snippet dapat tampil secara optimal, maka kamu wajib memenuhi segala kebutuhan struktur website supaya bisa sesuai dengan isi kontennya. Dalam hal ini, pastikan data yang kamu berikan pada konten tersebut relevan dengan isi utamanya. Sehingga, ketika proses indexing website dapat mempunyai visibilitas yang tinggi.
4. Tampilkan Skema Kode Markup
Supaya mendapatkan cuplikan konten yang sesuai dengan kebutuhan, pastikanlah untuk menampilkan skema kode markup website secara benar. Dalam tahap ini, kamu harus menampilkan informasi nama brand, logo, serta URL dengan tampilan yang baik agar struktur data pada website kamu bisa terus berkembang.
5. Trial untuk Struktur Data
Sebelum memperoleh fitur cuplikan konten, kamu harus melakukan sebuah uji coba terkait struktur data terlebih dahulu. Selain itu, pastikan skema markup yang kamu buat tertulis dengan tepat. Kemudian, untuk mengetahui apakah skema markup telah sesuai, kamu bisa memakai tools JSON-LD Generator dari Comlabs.
6. Perhatikan Format Penulisan
Format penulisan rich snippet bisa menggunakan Microdata, Microformat, atau RDFa. Hal tersebut bertujuan agar konten bisa terbaca dan tampil optimal pada mesin pencari. Umumnya, standar protokol untuk pembacaan struktur data website adalah format schema.org.
7. Pantau Secara Rutin
Setelah menerapkan langkah optimasi di atas, kamu harus memantau kinerja tool ini pada website secara rutin dan berkala. Google tidak mempunyai waktu yang spesifik untuk menampilkan struktur tampilan snippet. Hal ini tergantung dari publikasi konten dan seberapa lama proses indexing serta crawling Google sendiri.
Sudah Paham Apa itu Rich Snippet?
Intinya, rich snippet adalah sebuah tools optimasi konten dengan cara menampilkan cuplikan isi konten secara keseluruhan. Selain itu, tools in juga sangat bermanfaat untuk mempermudah audiens ketika hendak mengetahui gambaran suatu konten. Maka dari itu, penting bagi sebuah website menggunakan tools ini untuk optimasi.
Apa itu Google Rich Snippet?
Rich snippet adalah rangkaian informasi singkat yang berisi konten website dan ditampilkan pada hasil pencarian search engine. Umumnya, tampilan pencarian tersebut berfungsi untuk membantu para audiens dalam mengerti suatu produk atau konten agar dapat tersaji dan tampil optimal.
Bagaimana cara untuk optimasi rich snippet?
Agar hasil cuplikan konten bisa tampil optimal, hal penting yang perlu kamu lakukan, yakni dengan menampilkan markup code. Setidaknya, informasi nama organisasi, brand, logo, dan URL wajib bisa terisi secara benar agar bisa konten tampil optimal.
Apa manfaat rich snippet?
Untuk optimasi konten SEO agar bisa tampil optimal di urutan teratas pencarian.
Ciri-ciri rich snippet?
Ciri-cirinya adalah konten dengan rangkuman atau gambaran isi konten yang terdapat pada halaman pencarian.
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!