Campaign Google Ads mungkin tidak asing lagi bagi kamu yang berkecimpung di dunia digital marketing. Strategi ini berguna untuk menjangkau audiens secara luas sehingga mendorong penjualan, leads, dan trafik ke situs kamu.
Selain itu, Google juga menyediakan fitur ekstensi agar dapat meningkatkan performa campaign iklan kamu. Lalu, apa itu ekstensi Google Ads? Simak ulasan selengkapnya!
Pengertian Ekstensi Iklan
Ad extensions atau ekstensi iklan adalah fitur dari Google Ads yang sangat efektif untuk meningkatkan performa iklan. Google menampilkan ekstensi iklan kamu secara otomatis, tergantung pada konteks penelusuran yang sesuai dengan sinyal pengguna seperti maksud, lokasi, atau perangkat.
Dalam implementasinya, kamu dapat membuat informasi secara lebih detail tentang bisnis dan jasa produk yang ditawarkan sehingga fitur ini memberikan nilai tambah bagi pengguna.
Mengutip laman Neil Patel, rata-rata Google menemukan bahwa ada peningkatan Click Through Rate (CTR) sebesar 10-15 persen saat menerapkan ekstensi iklan. Dengan demikian, ekstensi iklan menjadi komponen yang harus ada dalam campaign iklan kamu.
Manfaat Ekstensi Iklan
Setidaknya ada lima manfaat ekstensi iklan yang bisa kamu gunakan dalam campaign Google Ads, yaitu:
1. Informasi Tambahan
Ekstensi iklan memungkinkan kamu menawarkan informasi tambahan yang mungkin terlewatkan untuk disampaikan dalam pesan iklan kamu.
Berbagai ekstensi yang tersedia memungkinkan kamu untuk memisahkan informasi yang sesuai, seperti salah satu contohnya call extensions yang berfungsi untuk mengarahkan panggilan ke bisnis kamu.
2. Meningkatkan Visibilitas
Menambahkan ekstensi iklan tentu dapat meningkatkan visibilitas pencarian di Search Engine Result Page (SERP) yang berpengaruh pada tingginya angka CTR dan berdampak positif pada Quality Score Google.
Jika terdapat peningkatan pada CTR, maka ekstensi iklan juga bisa membantu menurunkan Cost Per Click (CPC), yang pada gilirannya kamu mendapatkan lebih banyak manfaat dari pengeluaran iklan berbayar.
3. Membuat Iklan Semakin Autentik
Dengan menambahkan detail bisnis seperti nomor telepon atau lokasi bisnis yang disebutkan dalam iklan kamu, pengguna tidak memiliki keraguan tentang keaslian dari bisnis tersebut.
Detail informasi bisnis membuat mereka semakin yakin dan menaruh kepercayaan pada kamu.
Jenis Ekstensi pada Campaign Google Ads
Supaya mendapat hasil terbaik, kamu harus memastikan menggunakan ekstensi iklan yang tepat untuk bisnis yang dijalankan. Berikut adalah 11 jenis ekstensi campaign Google Ads yang populer digunakan.
1. Sitelink Extension
Pertama, Sitelink Extension adalah tautan tambahan pada iklan yang dapat mengarahkan pelanggan ke halaman tertentu dari website kamu. Ini merupakan jenis ekstensi yang paling banyak dipakai oleh para pengiklan.
Menurut laporan WordStream, terdapat peningkatan CTR sebesar 8 persen dengan menggunakan Sitelink Extension. Penyebabnya karena pengguna lebih mudah untuk menemukan apa yang mereka cari dengan jawaban lebih cepat yang ditampilkan oleh jenis ekstensi iklan tersebut.
Pemakaian Sitelink Extension sering digunakan pada halaman ‘Hubungi Kami’, halaman produk penjualan, dan halaman testimonial.
2. Location Extension
Jenis ekstensi ini dapat membantu pelanggan untuk menemukan lokasi dari bisnis kamu. Sangat ideal untuk bisnis yang mengandalkan kunjungan langsung untuk transaksi.
Menyertakan alamat lokasi dalam campaign iklan berbayar adalah cara yang bagus untuk menunjukkan keabsahan bisnis kamu. Orang akan lebih cenderung mempercayai perusahaan jika kamu terbuka tentang siapa dan di mana kamu beroperasi.
Tidak mengherankan, orang lebih menyukai bisnis yang mempunyai lokasi fisik, yang akan membuat mereka lebih mungkin untuk membeli produk dari kamu.
3. Call Extension
Call Extension memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk bisa menghubungi bisnis kamu secara langsung. Dengan menambahkan ekstensi ini pada campaign Google Ads, artinya kamu memberi kemudahan pelanggan untuk terhubung dengan bisnis kamu sekaligus mendorong lalu lintas kunjungan yang lebih berkualitas.
Dalam praktiknya, Call Extension paling ampuh ketika dibuka pada perangkat seluler yang mana pengguna dapat dengan mudah mengklik nomor dan langsung menghubungi kamu dari halaman mesin pencari.
4. Callout Extension
Extension ini sangat serbaguna karena memungkinkan kamu untuk menambahkan teks deskripsi pada campaign iklan. Teks deskripsi ini bisa kamu manfaatkan untuk mempromosikan selling point terkait produk atau layanan bisnis kamu sehingga menjadi lebih informatif dan mendetail.
Callout Extension dapat membantu pengiklan untuk memahami siapa target pasarnya dan bagaimana cara menarik perhatian pelanggan. Semakin banyak nilai dan informasi yang kamu tampilkan kepada audiens, tidak menutup kemungkinan iklan mendapat klik dari pengguna yang diarahkan ke situs bisnis kamu.
5. Image Extension
Image Extension memungkinkan kamu menggunakan gambar visual yang relevan untuk melengkapi iklan teks sehingga membantu meningkatkan performa iklan atau campaign Google Ads.
Dengan menambahkan gambar tentu akan membuat iklan kamu lebih atraktif. Namun sayangnya, tidak semua pengiklan memenuhi syarat untuk jenis ekstensi yang satu ini.
Setidaknya pengiklan harus memenuhi persyaratan tertentu seperti halnya akun Google Ads minimal telah berusia 90 hari, punya riwayat kepatuhan terhadap kebijakan Google, dan mempunyai campaign aktif yang telah berjalan selama satu bulan.
6. Price Extension
Ekstensi ini berfokus pada produk dan penawaran karena memungkinkan kamu untuk mencantumkan item tertentu dengan harga serta deskripsinya. Kamu dapat menetapkan ekspektasi biaya diawal, menciptakan transparansi, dan membantu membangun kepercayaan dengan pengguna.
Ketika mereka mengklik harga tertentu pada iklan kamu, mereka akan langsung diarahkan menuju halaman produk di situs kamu sehingga tidak menutup kemungkinan terjadinya transaksi pembelian.
7. Affiliate Location Extension
Kamu dapat menggunakan Affiliate Location Extension jika kamu adalah retail yang menjual produk melalui pengecer pihak ketiga. Saat pengguna melihat iklan, ekstensi jenis ini akan menampilkan lokasi jaringan ritel yang paling dekat dengan mereka yang menjual produk kamu.
Studi dari Google menunjukkan bahwa 76 persen konsumen yang melakukan pencarian lokal di ponsel akan mengunjungi toko fisik dalam 24 jam ke depan. Hal itulah mengapa penting untuk memastikan pelanggan mendapatkan informasi yang tepat (termasuk lokasi) saat mereka mencari produk kamu.
Tertarik Menggunakan Ekstensi untuk Campaign Google Ads?
Ekstensi Google Ads menjadi fitur yang memudahkan pengiklan untuk memasarkan produk bisnis mereka. Fitur ini juga menawarkan informasi tambahan serta sudah terbukti bisa meningkatkan visibilitas sehingga berpengaruh pada CTR bahkan konversi iklan kamu.
Google Ads telah menjadi platform iklan berbayar yang kini menjadi primadona bagi para pebisnis online. Salah satu keuntungan menggunakan Google Ads adalah dapat menyesuaikan anggaran iklan sesuai dengan jumlah dana yang kamu sediakan.
Meski terdengar mudah, tidak semua orang bisa mengelolanya dengan cermat. Maka tak heran sering kali kita mendengar iklan boncos dalam waktu yang sangat singkat.
Oleh sebab itu, Whello sebagai jasa iklan Google hadir untuk membantu kebutuhan campaign bisnis kamu secara efisien dan tepat sasaran Segera Whatsapp kami di 082284783855 untuk mengetahui lebih lanjut!
Apa itu campaign Google Ads?
Kumpulan grup iklan yang berbagi anggaran, target lokasi, dan pengaturan lainnya.
Berapa jenis campaign Google Ads?
Terdapat 5 jenis campaign Google Ads yang mencakup Search Ads, Display, Google Shopping, Google Video, dan Google Play.
Berapa biaya yang dikeluarkan untuk campaign Google Ads?
Biaya tergantung dengan budget yang dikeluarkan oleh pengiklan dan pengaturan anggaran ketika melakukan kampanye Google Ads.
Apa perbedaan Google Ads dan Google Adsense?
Google Ads diperuntukan untuk beriklan sedangkan Google Adsense untuk menayangkan iklan.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Cara Meningkatkan Domain Authority, Ini Langkah yang Harus Dilakukan
Domain authority merupakan salah satu faktor penting dalam SEO. Berikut beberapa cara meningkatkan domain authority yang bisa kamu lakukan.
Panduan Lengkap Memaksimalkan Internal Linking untuk Optimasi SEO
Tingkatkan kualitas SEO dan pengalaman pengguna pada website dengan mengoptimalkan penggunaan internal linking yang efektif. Ini panduannya!
Video Ads: Pengertian dan 7 Manfaatnya untuk Meningkatkan Branding
Sebagai content creator, kamu pasti sudah mengetahui istilah video ads. Yuk, simak penjelasan apa saja manfaatnya untuk tingkatkan branding!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!