Bisnis online adalah segala aktivitas bisnis yang dilakukan secara online atau melalui internet. Bisnis online dapat dilakukan oleh berbagai bisnis, mulai dari bisnis besar, UMKM, bisnis rumahan, bahkan bisnis perorangan.
Namun, hal ini membuat persaingan bisnis semakin sulit. Dibutuhkan strategi online marketing yang tepat untuk memenangkan persaingan.
Baca juga: Online Marketing: Panduan Untuk Pemula
Salah satu strategi online marketing yang tepat dan efektif untuk sebuah bisnis yaitu melakukan promosi bisnis melalui Website. Website adalah salah satu media yang dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis secara online. Banyak pebisnis online yang telah menggunakan website dan merasakan manfaatnya.
Pada artikel ini, kita akan membahas kenapa website penting untuk sebuah bisnis online.
Daftar isi
Alasan kenapa website penting untuk bisnis online?
Berikut 13 alasan penting website untuk bisnis online kamu.
1.Dapat Menampilkan Informasi Secara Detail
Website merupakan media promosi (penjualan) online yang mampu menampilkan informasi yang lebih lengkap dibanding media lainnya. Bagaimana bisa calon konsumen kamu tertarik dengan bisnis kamu jika mereka tidak mengenal bisnis kamu?
Maka dari itu, sangat penting untuk menampilkan informasi secara detail mengenai produk atau jasa yang kamu tawarkan.
Melalui website, kamu bisa menampilkan berbagai informasi seperti profil perusahaan, deskripsi produk/jasa, cara pemesanan, tutorial penggunaan produk, review konsumen, atau alamat lengkap perusahaan yang sudah dilengkapi dengan maps.
2. Meningkatkan Kepercayaan (Kredibilitas)
Kredibilitas (kepercayaan) adalah salah satu kunci suksesnya sebuah bisnis online. Tanpa adanya kepercayaan dari konsumen, maka bisnis tersebut akan sulit berkembang.
Website menjadi salah satu media yang dapat meningkatkan kredibilitas (kepercayaan) konsumen terhadap bisnis kamu. Misalnya melalui informasi yang lebih lengkap, atau melalui review para pelanggan yang kamu tampilkan.
3. Mendorong Konsumen Untuk Melakukan Pembelian
Profitwork mengatakan 93% calon pelanggan melakukan pencarian terlebih dahulu melalui mesin pencari, sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian.
Lihat data statistiknya pada gambar dibawah:
Sumber: Profitwork
Penelitian diatas membuktikan bahwa, website dapat menjadi salah satu cara untuk mendorong pengunjung website untuk melakukan pembelian.
4. Membangun Brand Awareness
Brand awareness adalah kemampuan konsumen dalam mengenal atau mengingat sebuah merek (brand), misalnya karakteristik produk, manfaat produk, maupun kelebihan/kekurangan produk.
Brand awareness yang baik menciptakan kepercayaan konsumen terhadap bisnis kamu, serta mendorong mereka loyal dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan.
Website dapat digunakan membangun brand awareness bisnis online kamu. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, misalnya dengan melakukan optimalisasi SEO untuk mesin pencarian atau membuat menu blog yang berisi beberapa konten menarik dan memberikan manfaat bagi pengunjung website.
Baca juga: Cara Membangun Brand Awareness Melalui SEO
5. Tidak Ada Batasan Lokasi dan Akses
Seperti yang sudah kita ketahui, internet dapat menjangkau berbagai lokasi dan semua zona waktu di seluruh penjuru dunia. Itu artinya, website kamu juga dapat diakses dimanapun, kapanpun dan oleh siapapun (calon konsumen).
Semakin banyak orang yang mengakses website kamu, semakin besar pula kesempatan kamu untuk mendapatkan lebih banyak konsumen.
6. Menjalin Hubungan yang Lebih Dekat Dengan Konsumen
Menjalin hubungan yang lebih dekat dengan calon konsumen merupakan hal penting yang perlu kamu lakukan. Jika hubungan kamu sudah lebih dekat, biasanya apapun yang kamu tawarkan membuat mereka lebih mudah tertarik dengan penawaran kamu. Hal ini juga biasa disebut dengan “relationship marketing”.
Website juga dapat mempermudah kamu menjalin hubungan yang lebih dekat dengan konsumen. Misalnya dengan memasang fitur live chat untuk mempermudah konsumen menghubungi kamu kapanpun dan dimanapun mereka berada.
7. Mencapai Target Pasar yang Lebih Luas
Untuk mendapatkan lebih banyak calon konsumen, kamu harus mampu mencapai target pasar yang lebih luas. Target pasar adalah suatu kelompok konsumen yang menjadi sasaran perusahaan untuk membeli (menggunakan) produk atau jasa yang ditawarkan.
Mengingat website yang dapat diakses oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun, membantu kamu mendapatkan target pasar yang lebih luas.
8. Meningkatkan Omset Penjualan
Jika kamu merupakan seorang pebisnis online, pasti kamu ingin bisnis online kamu dapat berkembang pesat dan memberikan banyak keuntungan secara finansial. Untuk mencapai hal tersebut, website juga bisa digunakan untuk bisa meningkatkan pendapatan penjualan.
Kamu bisa memanfaatkan fasilitas periklanan yang nantinya mengarah ke website kamu. Misalnya dengan memanfaatkan Google Ads. Google Ads adalah platform periklanan yang disediakan oleh Google.
Melalui Google Ads, kamu dapat mengatur target audiens sendiri, misalnya berdasarkan umur, lokasi, atau bahasa yang biasa digunakan. Jika kamu melakukannya secara optimal dan bersungguh-sungguh, hal ini akan membantu meningkatkan omset bisnis kamu.
Baca juga: Belajar Google Ads untuk Berbagai Bisnis
9. Lebih Mudah Untuk Mencoba Ide Baru
Website juga bisa dijadikan sebagai media untuk mencoba ide-ide yang baru agar bisnis kamu menjadi lebih berkembang. Berbagai ide-ide baru bisa kamu realisasikan sementara di website hingga mendapatkan respon dari pengunjung website (calon konsumen).
Respon-respon inilah yang dapat dijadikan strategi untuk membuat bisnis kamu menjadi lebih baik.
10. Menjalankan Bisnis dengan Cara Kamu Sendiri
Ketika kamu menjual produk atau jasa kamu di toko orang lain, tentu kamu harus mengikuti peraturan atau ketentuan yang sudah ditetapkan oleh toko tersebut. Misalnya kamu menjual produk kamu di sebuah Tokopedia, maka kamu harus mengikuti syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak Tokopedia.
Dan terkadang, ada hal atau ketentuan yang mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu. Berbeda jika kamu memiliki website sendiri, semua ketentuan yang berlaku di bisnis kamu, berjalan sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu.
11. Media Untuk Customer Support
Untuk customer support, kamu tidak perlu mencari orang (karyawan) untuk menjadi customer support. Cukup buat Frequently Asked Questions (FAQ) agar konsumen yang menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan bisnis kamu, dapat diarahkan ke halaman FAQ tersebut.
Selain itu, fitur ini juga memudahkan konsumen karena mereka hanya perlu membuka halaman customer support di website kamu dan memilih layanan bantuan mana yang mereka inginkan.
Berikut contoh FAQ dalam sebuah website:
12. Media untuk Menerbitkan Press Release
Dikutip dari salah satu blog Wikipedia yang mengatakan, Press release (siaran pers) adalah sebuah tulisan ataupun rekaman yang ditujukan langsung pada media dengan tujuan untuk mengumumkan sesuatu yang memiliki nilai berita agar terpublikasi di media massa.
Website merupakan salah satu media untuk menampilkan press release yang berisi berita kegiatan perusahaan, update produk, event perusahaan, ataupun artikel-artikel yang berkaitan dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan.
Bisnis kamu juga akan selalu terlihat aktif di mata banyak orang.
13. Miliki Email dengan Domain Kamu Sendiri
Dengan memiliki sebuah website, kamu juga dapat memiliki email yang menggunakan domain website. Sehingga alamat email kamu tidak lagi menggunakan nama domain gratis.
Selain terlihat profesional, dengan menggunakan email domain perusahaan, kredibilitas kamu juga meningkat di mata konsumen.
Fitur ini juga memudahkan konsumen memilih sumber informasi yang benar jika terjadi kasus penipuan karena perusahaan kamu telah memiliki email domain yang sesuai dengan nama bisnis.
Siap Membuat Website untuk Kesuksesan Bisnis Online Kamu?
Setelah mengetahui 13 alasan kenapa website penting untuk sebuah bisnis online. Jika kamu seorang pebisnis online? Apakah kamu sudah memiliki website? Jika kamu membutuhkan jasa pembuatan website untuk membantu kamu membuat website, Whello bisa membantu kamu.
Website kamu akan sesuai dengan brand bisnis kamu, mulai dari pemilihan hosting, domain, desain, hingga konten yang Search Engine Optimization (SEO) friendly agar website kamu mudah ditemukan pada mesin pencarian, seperti Google.
Kamu juga bisa melihat portofolio Whello terlebih dahulu atau langsung saja berdiskusi secara gratis dengan salah satu team Whello dengan cara menghubungi kontak Whello.
Terimakasih dan semoga bermanfaat.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Mengenal Aged Domain? Apakah Termasuk Ranking Factor?
Optimalkan website dengan cepat menggunakan aged domain. Pelajari kelebihan, kekurangan hingga ciri-ciri aged domain yang bagus di sini!
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!