Untuk menjangkau lebih banyak konsumen, kamu tidak bisa mengandalkan satu media saja untuk melakukan marketing (promosi). Karena di era online seperti saat ini, bisnis kamu dituntut untuk tampil di berbagai media online.
Salah satu media online yang banyak digunakan untuk mempromosikan bisnis yaitu menggunakan tools Google Ads yang disediakan oleh Google. Google Ads membantu kamu mendapatkan online presence melalui paid advertising (iklan berbayar) pada mesin pencari.
Lantas bagaimana cara membuat Google Ads? Berapa biayanya? Pada artikel ini kita akan belajar beberapa hal mengenai Google Ads.
Apa Itu Google Ads?
Google Ads adalah media iklan Google yang memungkinkan kamu untuk untuk menampilkan iklan berbayar pada mesin pencarian Google. Melalui media iklan ini kamu bisa menampilkan iklan menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis yang kamu miliki.
Berikut contoh iklan yang menggunakan Google Ads:
Dan perlu kamu ketahui, semenjak 24 Juli 2018, Google mengubah nama platform iklan mereka dari Google AdWords menjadi Google Ads, termasuk memperbarui logo:
Berapa Harga Google Ads?
Biaya untuk iklan Google tergantung kata kunci (keyword) yang kamu gunakan. Besarnya nilai kata kunci tergantung pada permintaan.
Jika banyak permintaan untuk sebuah kata kunci, maka biaya untuk menggunakannya pun menjadi lebih mahal, begitu juga sebaliknya. Sehingga kamu bisa mengatur estimasi biaya yang akan kamu keluarkan berdasarkan kata kunci yang akan kamu gunakan.
Ada tiga tipe pembayaran yang bisa kamu gunakan.
1. Biaya per 1000 Impresi (Pay per Thousand Impression)
Kamu akan membayar setiap ada 1000 orang yang melihat iklan kamu. Hanya di lihat, bukan di klik.
2. Biaya per Klik (Pay per Click)
Kamu akan membayar setiap ada orang yang meng-klik iklan kamu. Dan jika mereka hanya melihat iklan kamu, maka kamu tidak akan dikenakan biaya.
3. Biaya per Konversi (Pay per Conversion)
Kamu akan membayar ketika goal (tujuan iklan) kamu sudah tercapai. Baik untuk tujuan iklan pendaftaran anggota baru, penjualan, atau untuk tujuan iklan yang lain.
Bagaimana Cara Kerja Google Ads?
Menurut Digital Vidya, ada 4 cara kerja Google Ads. Kamu bisa melihat pada gambar berikut.
Sumber: Digital Vidya
A. Google Search (Penelusuran Google)
Audiens melakukan pencarian pada mesin pencari.
B. Complete Ads List (List Iklan)
Adwords akan menemukan semua keyword yang sesuai dengan pencarian (permintaan) audiens.
C. Auction (Lelang)
Google akan menampilkan memilih iklan berdasarkan skor kualitas, ekstensi, dan format iklan.
D. Results (Hasil)
Google akan menampilkan iklan yang sesuai dengan hasil auction (iklan terbaik).
Apa Manfaat membuat Google Ads?
Berikut beberapa manfaat Google Ads untuk bisnis kamu:
A. Mencapai Target Konsumen
Target Google Ads bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis kamu. Kamu bisa membuat target audiens berdasarkan lokasi, umur, hingga device yang digunakan. Sehingga kamu bisa fokus pada target konsumen yang tepat. Semakin tertarget iklan yang kamu buat, maka semakin mudah untuk kamu mendapatkan konsumen yang lebih banyak.
B. Menumbuhkan Brand Awareness di mesin Pencarian
Untuk mendapatkan posisi website yang baik di mesin pencarian, kamu bisa melakukan SEM (Search Engine Marketing) atau SEO (Search Engine Optimization). Tetapi SEO membutuhkan waktu yang lama untuk membuat website kamu kamu berada di posisi yang baik pada hasil pencarian, tergantung strategi SEO yang kamu gunakan.
Berbeda dengan SEM (seperti Google Ads), kamu bisa menempatkan website kamu berada di halaman pertama pada hasil pencarian. Sehingga bisnis kamu bisa menumbuhkan brand awareness yang baik, serta menarik perhatian banyak orang.
C. Bisa Melakukan Remarketing
Selain iklan berbayar, Google juga memungkinkan kamu untuk melakukan remarketing. Dimana Google akan menampilkan kembali iklan kepada orang yang pernah membuka iklan kamu sebelumnya.
Tujuan dari melakukan remarketing ini adalah untuk mendesak konsumen yang telah melihat iklan kita untuk segera melakukan tindakan pembelian (konversi). Sehingga jumlah penjualan produk atau jasa kamu dapat terus meningkat secara signifikan.
D. Biaya Minim
Melalui Google Ads kamu bisa mengatur biaya yang akan kamu keluarkan, dan kamu hanya perlu menyesuaikan dengan kata kunci yang akan kamu gunakan.
Terlebih Google Ads juga menyediakan tipe pembayaran Pay Per Click, sehingga kamu hanya akan membayar biaya iklan jika target audiens meng-klik iklan kamu.
Bagaimana Cara Membuat Google Ads?
Untuk membuat Google Ads, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:
1. Buka Google Ads .
2. Klik tombol “Get Started”.
3. Masukkan atau buat akun Google.
4. Pilih Goals (tujuan iklan).
5. Masukkan kata kunci yang akan digunakan.
Kamu bisa memasukkan kata kunci yang akan kamu gunakan. Google juga menyediakan beberapa kata kunci yang sesuai dengan bisnis kamu.
Setelah memilih kata kunci, klik tombol “Next”.
6. Pilih Jangkauan Lokasi Iklan.
Disini kamu akan memasukkan jangkauan iklan kamu ditampilkan. Kamu bisa memasukkan nama negara, provinsi, kota, ataupun kode pos. Klik tombol “Next” untuk melanjutkan.
7. Tentukan Budget yang akan digunakan.
8. Buat Deskripsi Iklan
Deskripsi iklan terdiri dari nama campaign (nama iklan), tujuan iklan, nama website, nama bisnis, ad text, nomor telepon, lokasi, keyword theme, dan budget yang telah kamu tentukan sebelumnya.
9. Pilih metode pembayaran dan lakukan konfirmasi.
Metode pembayaran yang disediakan Google cukup beragam, kamu bisa membayar menggunakan kartu kredit atau transfer bank.

10. Berhasil membuat iklan Google.
Bagaimana Cara Meningkatkan Conversion Google Ads?
Setelah membuat Google Ads, apakah tugas kamu sudah selesai? Tentu belum, kamu juga perlu meningkatkan conversion Google Ads untuk mendapatkan hasil iklan yang lebih optimal.
Ada 6 langkah yang perlu kamu lakukan:
- Lakukan optimasi landing page.
- Riset keyword yang tepat (relevan) untuk bisnis kamu.
- Optimalisasi Conversion Funnel.
- Kenali kompetitor.
- Lakukan remarketing.
- Pasang Google Ads Conversion Tracking.
Untuk mempelajari lebih detail mengenai 6 langkah di atas, kamu bisa membaca artikel sebelumnya mengenai cara meningkatkan conversion Google Ads.
Nah itulah beberapa hal mengenai Google Ads, jika kamu seorang pebisnis, mungkin Google Ads menjadi salah satu pilihan tepat untuk mempromosikan bisnis kamu.
Jika kamu ragu untuk melakukannya sendiri, Jasa Google Ads Whello siap membantu kamu melakukan iklan google yang dibutuhkan oleh bisnis kamu. Whello akan membantu membuat iklan google yang bisa mengkonversi audiens menjadi konsumen. Tunggu apa lagi? Hubungi kontak Whello sekarang!
Semoga bermanfaat.